NEWBORN
8 Oktober 2019

9 Peralatan MPASI yang Wajib Moms Miliki

High chair akan melatih Si Kecil untuk makan dengan tertib
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda siap mencicipi makanan padat pertamanya atau MPASI (makanan pendamping ASI). Di saat itulah, Moms sudah harus melakukan berbagai persiapan.

Selain menyiapkan berbagai resep dan bahan, Moms juga tidak boleh lupa menyiapkan peralatannya. Cukup banyak lho peralatan MPASI yang perlu Moms siapkan.

Dikutip dari Babycentre.co.uk, ada beberapa peralatan MPASI yang wajib Moms miliki. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

Alat Untuk Membuat dan Menyimpan MPASI

gettyimages 479977827 57c5cfe25f9b5855e5d2c81d

Foto: Verywelfamily.com

  • Panci dengan penutup yang akan Moms butuhkan untuk memasak MPASI.
  • Blender genggam yang bagus untuk membuat bubur MPASI.
  • Sendok dan saringan untuk menyaring MPASI. Saat Si Kecil mulai terbiasa dengan MPASI pertamanya, mulailah untuk membuat bubur MPASI dari sayuran matang dan buah-buahan yang disaring.

Alat Untuk Keperluan Makan Si Kecil

gettyimages 75939355 588d2a133df78caebc090464

Foto: Verywellfamily.com

1. High Chair

Kursi ini akan menjadi tempat Si Kecil bereksperimen dengan makanan dan rasa baru. Fungsi utamanya tentu menyediakan tempat yang nyaman dan aman bagi Si Kecil selama menikmati makanannya.

Si Kecil siap untuk menggunakannya saat sudah bisa duduk tanpa bantuan dan mampu menyangga kepala serta lehernya dengan tegak, biasanya sekitar 4-6 bulan.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

2. Kain Liur/Celemek

toddler sippy cup 1296x728 header

Foto: My1styears.com

Saat pertama kali makan MPASI, Si Kecil cenderung berantakan dan kotor oleh makanan, terutama bagi Moms yang menggunakan teknik Baby Led Weaning (BLW).

Oleh karena itu, kain liur atau celemek akan sangat membantu melindungi baju Si Kecil dari noda. Kain liur yang panjang dengan lapisan anti air akan membuatnya tetap bersih sekaligus kering.

Sementara celemek yang dilengkapi dengan penangkap remah akan sangat berguna untuk mengumpulkan makanan yang tercecer.

3. Sendok Makan Bayi

Untuk pemula, gunakan sendok bayi yang lembut dengan kepala silicon yang membantu Si Kecil terbiasa dengan rasa perkakas makan di mulutnya. Cari sendok degan pegangan panjang untuk kontrol yang lebih baik saat Moms sedang menyuapi.

Meskipun Si Kecil belum cukup mahir dalam menggunakan sendok, ini bisa menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan alat makan awal sehingga nantinya mereka bisa menggunakannya secara mandiri.

Baca Juga: 3 Jenis MPASI Ini Paling Ideal Untuk Bayi

4. Cangkir Bayi

bib blue 1000x1000 1

Foto: Healthline.com

Cangkir bayi akan membantu Si Kecil belajar cara menyesap. Minum cairan dari cangkir dengan tutup berlubang berarti Si Kecil perlu menyedot, seperti yang dilakukannya saat minum dari dot atau botol bayi.

Mungkin Si Kecil akan merasa lebih mudah memegang cangkir dengan dua pegangan. Cangkir juga baik untuk gigi Si Kecil, karena ia tidak perlu menghisap cairan melalui giginya.

5. Mangkuk Plastik

Mangkuk yang mudah pecah tentunya tidak cocok digunakan oleh bayi. Maka dari itu, carilah mangkuk plastik atau silicon BPA yang bisa bertahan meskipun berkali-kali dibuang Si Kecil (meskipun saat tidak sengaja terjatuh).

Jika Si Kecil sangat aktif selama waktu makan, Moms bisa mempertimbangkan mangkuk yang bisa dilekatkan pada high chair atau kursi maka Si Kecil.

6. Kain Perlak

Moms bisa menggunakan kain perlak atau koran untuk menampung tumpahan makanan yang jatuh ke permukaan lantai.

Ini akan sangat membantu Moms lebih mudah membersihkan MPASI yang tercecer.

Nah, itulah Moms beberapa peralatan MPASI yang wajib Moms miliki. Kira-kira sudah siap atau belum Moms peralatannya sebelum mulai memperkenalkan MPASI pada Si Kecil?

(RGW)

Artikel Terkait