BALITA DAN ANAK
24 Maret 2020

9 Tips Mengatasi Anak Susah Tidur saat Sakit

Sup ayam bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi anak susah tidur ketika sakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Sedih melihat Si Kecil sakit tentu saja hal yang lumrah bagi Moms dan ibu lainnya. Biasanya, mereka akan sedikit lebih rewel, susah makan, terus minta digendong, dan tidak terkecuali susah tidur dengan nyaman.

Menurut National Health Service, penting untuk Moms mengikuti apa yang membuat Si Kecil nyaman. Dengan begitu, Si Kecil pun bisa beristirahat dengan lebih baik. Mengingat tidur mungkin adalah obat terbaik untuk Si Kecil jika memang dia merasa kurang enak badan.

Dikutip dari situs kesehatan WebMD, membantu Si Kecil untuk istirahat saat sakit adalah salah satu cara agar dia lebih nyaman. Bahkan ketika mereka sedang tidak sakit, Si Kecil perlu banyak tidur atau setidaknya 10 jam semalam untuk anak-anak usia sekolah.

Ketika pilek atau penyakit lainnya menyerang, mereka mungkin membutuhkan lebih banyak lagi. Moms harus tahu bahwa ketika Si Kecil merasa sakit, tubuhnya membutuhkan tidur yang banyak untuk menyembuhkan dan melawan infeksi yang dideritanya.

Jadi penting bagi Moms sebagai orang tua untuk mengingatkan bahwa istirahat akan membantunya merasa lebih cepat untuk baik atau sembuh.

Selain itu, mungkin dia akan mengalami susah tidur atau sering terbangun karena beberapa hal membuatnya tidak nyaman. Biasanya ini dikarenakan ketidaknyamanan karena kepala yang sakit, perut yang nyeri, atau nafas yang sesak, dan penyebab lainnya.

Dinah Conti, MD, FAAP, Dokter Anak di UnityPoint Health Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat, mengatakan bahwa jika anak Moms berusia tiga bulan atau lebih, cobalah membuatnya nyaman ketika sakit.

Ketika dia tidur, maka biarkan dia tetap tidur meskipun sering kali merasa gelisah atau susah tidur.

“Anak Anda akan merasa lebih baik begitu penyakitnya hilang. Sampai saat itu, Anda dapat menghabiskan sebagian besar siang dan malam menggendong anak Anda, menghibur anak Anda, mengawasinya tidur, meskipun terlihat gelisah," katanya.

Baca Juga: Anak Susah Tidur Siang? Ini 6 Cara Mengatasinya

Tips Mengatasi Anak Susah Tidur saat Sakit

Berikut adalah beberapa metode yang telah dicoba dan diuji untuk menenangkan anak-anak yang sakit dan membantu mereka menangani gejala susah tidur terutama saat malam hari.

1. Mandi Air Hangat sebelum Tidur

mandi air hangat

Foto: wtpsports.com

Terkadang kunci untuk menenangkan anak yang sakit adalah dengan membuat mereka merasa dicintai dan dirawat. Menjalankan ritual mandi air hangat dengan beberapa tetes minyak lavender adalah hal santai yang sangat mudah dilakukan sebelum tidur.

Uap dari bak mandi juga akan membantu meringankan hidungnya yang tersumbat dan menimbulkan gejala susah tidur.

2. Menggunakan Pelembab di Kamar Tidur

humidifier

Foto: bustle.com

Humidifier atau pelembab udara seharusnya menjadi sahabat Moms ketika ada anggota keluarga di rumah yang terserang gejala batuk dan pilek. Uap air dari alat ini akan meningkatkan kelembapan udara sehingga berada dalam kisaran yang ideal.

Selain mengatur kelembapan udara, humidifier juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi yang ditimbulkan akibat udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Alat ini dapat membantu memecah lendir dan menenangkan saluran pernafasan yang tersumbat sehingga tidak lagi merasa susah tidur.

Beberapa tetes minyak kayu putih dalam humidifier juga akan membantu mengatasi batuk croup dan menenangkan tidur Si Kecil.

3. Letakkan Kepala dengan Posisi Lebih Tinggi

Posisi Bantal lebih tinggi

Foto: onlinebabystore.com.au

Tinggikan kepala Si Kecil saat di kasur atau topang posisi tidurnya dengan menggunakan bantal. Untuk sakit telinga, sakit sinus dan batuk, posisi tidur yang tinggi (kepala di atas) akan membantu mengeringkan lendir dan meredakan susah tidur karena ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, ketika Moms santai di siang hari, biarkan Si Kecil berbaring di pangkuan Moms sembari membaca buku, mendengarkan musik yang tenang atau bermain permainan yang sederhana.

Baca Juga: 5 Terapi untuk Mengatasi Balita Susah Tidur di Malam Hari

4. Minum Air Lemon Madu

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dari Wajah 3 Lemon and Honey.jpg

Ketika dokter mengatakan penyebab batuk dan susah tidur yang dialami Si Kecil adalah 'banyak lendir' di tenggorokannya, maka ada alasan untuk tetap meneguk air lebih banyak.

Minum cairan hangat membantu menipiskan lendir dan membuat tubuh lebih mudah mengeluarkannya.

Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok makan jus lemon dalam secangkir air panas, lalu dinginkan dengan beberapa sendok makan air dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil yang sakit.

Khasiat madu dan lemon bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Penelitian para ahli menyebutkan kedua bahan ini adalah bahan-bahan sakti untuk membantu menenangkan tubuh dan melawan penyakit.

5. Biarkan Mereka Tetap di Dekat Moms

tidur.jpg

Foto: momsanity.com

Siapa yang tidak ingin berada di dekat ibu masing-masing ketika merasa sakit? Jangankan Si Kecil, Moms juga pasti seringkali merasakan hal serupa.

Untuk membantu Si Kecil yang sakit dan merasa susah tidur, Moms bisa menambahkan tempat tidur darurat di kamar agar dia dapat terus dekat dengan Moms dan merasa lebih aman. Si Kecil juga akan cenderung lebih bisa tidur sepanjang malam.

6. Beri Pijatan Lembut

pijatan lembut

Foto: healthystuffu.com

Sedikit menenangkan nya dapat membuat Si Kecil yang sakit kembali tidur di tengah malam. Moms bisa menggosok perutnya secara lembut, menepuk punggung, dan pijat area dahinya. Ini bisa menenangkan anak yang tertekan untuk kembali tidur.

7. Terapi Botol Air Panas

air panas

Foto: theodmgroup.com

Jika Si Kecil mengalami meriang, satu botol air panas yang dibungkus kain lembut dapat membantu meringankan ketidaknyamanan. Meletakan botol air panas pada perut yang sakit dan terkadang bisa membuat susah tidur, juga merupakan trik yang bagus.

8. Mengoleskan Mentol pada Kaki Si Kecil

oleskan.jpg

Foto: who.com.au/

Penggunaan minyak mentol adalah sesuatu yang turun-temurun atau sudah dilakukan sejak lama. Rupanya mengoleskan mentol pada telapak kaki dapat menghentikan batuk Si Kecil yang terjadi sepanjang malam dan membuatnya susah tidur.

9. Sup Ayam untuk Makan Malam

sup ayam pulihkan kesehatan saat batuk n flu hero banner magz (1510x849)

Sup ayam dipercaya banyak membantu menyembuhkan flu ringan. Flu ringan juga terkadang menjadi salah satu pemicu susah tidur.

Dikutip dari situs web ABC News, Dr. Stephen Rennard, seorang ahli paru di University of Nebraska Medical Center di Omaha, menemukan bukti bahwa sup ayam mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah efek samping pilek.

Jadi siapkan resep-resep sup ayam terenak dan beritahu Si Kecil bahwa itu 'terbukti secara ilmiah'. Makanan ini mungkin cukup untuk membantu mereka tertidur di malam hari dan berharap mereka bangun dengan perasaan yang lebih baik.

Baca Juga: Sering Mengalami Susah Tidur, Ini Dia 6 Makanan untuk Mengatasinya

Moms, itulah beberapa cara untuk mengatasi anak susah tidur saat sakit yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait