PARENTING
19 Oktober 2020

99+ Ways to Grow Happy: Anak yang Aktif Secara Fisik Memiliki Jiwa yang Lebih Bahagia

Apa saja keuntungannya? Simak artikel di bawah ini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Awal kehidupan Si Kecil merupakan masa yang sangat penting untuk pertumbuhan Si Kecil, baik pertumbuhan fisik maupun emosionalnya. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memastikan kebahagiaan Si Kecil.

Hal ini bisa terjadi kalau anak mendapat dukungan dari Moms and Dads dalam melengkapi nutrisi yang ia butuhkan. Nutrisi tersebut tentunya diperoleh dari sumber makanan yang ia makan setiap hari untuk membuat anak bahagia.

Namun, selain pemenuhan kebutuhan nutrisi anak, dengan Moms and Dads selalu menjaga kesehatan fisiknya agar ia bisa tetap aktif bermain, belajar, dan bergerak, termasuk ke dalam cara membuat anak bahagia.

Menjaga Kesehatan Fisik agar Anak Sehat dan Bahagia

membuat anak bahagia

Foto: Orami Stock Photos

Membuat anak bahagia, bisa dimulai diterapkan dari Moms and Dads sendiri. Perlu diingat, kita sebagai orang tua menjadi sosok role model bagi anak. Berikan contoh pada anak untuk merealisasikan segala kejadian dalam bentuk kebahagiaan, salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan fisiknya dengan berolahraga.

Olahraga menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama anak. Selain meningkatkan bonding, dengan berolahraga, Si Kecil juga jadi lebih aktif dan membuat badannya menjadi lebih sehat.

Menurut psikolog Jane Cindy, orang tua mempunyai peranan besar untuk mengontrol anak dalam bermain gadget atau menonton televisi. Hal ini bisa menjadi solusi agar anak mau beraktivitas fisik. Dukungan dan dorongan dari anggota keluarga adalah faktor yang sangat penting dalam membantu agar anak suka melakukan aktivitas fisik.

“Orang tua harus mengusahakan semaksimal mungkin untuk memfasilitasi aktivitas fisik yang menarik untuk anak,” ucap Jane Cindy Linardi. Menurutnya, hal in bisa dimulai dari kegiatan di dalam rumah, seperti bermain mencari harta karun, petak umpat di pekarangan rumah atau di dalam rumah, dan bermain lompat tali.

Menjaga kesehatan fisik anak, merupakan salah satu cara untuk menjadikan anak tumbuh sehat dan membuat anak bahagia.

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Sendi Anak agar Aktif dan Mudah Bergerak

Aktivitas Fisik yang Tepat untuk Ia Aktif Bergerak

Mengutip Department of Education New York City, anak-anak dan remaja harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Pendidikan jasmani dan aktivitas fisik penting karena mereka membantu anak muda tetap sehat dan waspada, dan dapat meningkatkan prestasi akademik.

Aktivitas dengan intensitas tinggi setidaknya 3 hari seminggu. Sedangkan aktivitas yang menguatkan otot dan tulang setidaknya 3 hari seminggu. Jadi pastikan Moms mengajak Si Kecil tetap bergerak ya.

"Anda tidak perlu banyak peralatan mewah atau mengikuti kelas khusus untuk mendorong anak Anda berolahraga," kata Patricia Nixon, PhD, presiden terpilih dari North American Society of Pediatric Exercise Medicine.

Berikut ini aktivitas fisik yang bisa Moms and Dads lakukan dalam membuat anak bahagia dan lebih sehat:

1. Yoga

anak yoga

Foto: Orami Stock Photos

Yoga bisa dilakukan di mana saja lho, Moms. Hanya perlu mengikuti tutorial dari berbagai sumber di internet. Memilih gerakan-gerakan sederhana seperti Bridge Pose, Cat Pose, Happy Baby Pose, Bow Pose, atau Tree Pose. Lakukan bersama-sama sambil mengajak Si Kecil berhitung dan mengatur napasnya.

Menurut Harvard Health Publishing, yoga telah terbukti meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada anak-anak usia sekolah (usia 6 hingga 12). Yoga dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, daya tahan, dan kapasitas aerobik pada anak-anak.

Masih menurut sumber yang sama, yoga menawarkan manfaat psikologis bagi anak-anak juga. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan fokus, daya ingat, harga diri, kinerja akademik, dan perilaku di ruang kelas, dan bahkan dapat mengurangi kecemasan dan stres pada anak-anak, sehingga membuat anak bahagia di kemudian harinya.

2. Joging

olahraga anak, orang tua, olahraga, tips

Foto: brooksrunninguk

Joging merupakan olahraga sederhana yang dengan mudah bisa dilakukan bersama-sama setiap hari. Cukup mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu olahraga, Moms and Dads bersama Si Kecil siap berkeliling kompleks atau taman di sekitar lingkungan rumah.

Sambil menikmati pemandangan, kegiatan outdoor ini juga dapat Moms and Dads manfaatkan untuk bermain dan berbincang lebih dalam bersama Si Kecil, sehingga membuat anak menjadi lebih bahagia.

Baca Juga: Yuk Kenalkan 5 Jenis Olahraga di Asian Games Ini Pada Anak!

3. Berenang

olahraga anak, orang tua, olahraga, tips

Foto: clubmed.co.uk

Kegiatan berenang bisa melatih anak untuk mengikuti instruksi dan belajar percaya pada instrukturnya.

"Ketika anak-anak belajar berenang, mereka melakukan lebih banyak bantuan daripada sekadar belajar cara menavigasi di air. Keterampilan berenang dapat membantu anak mengembangkan kekuatan mental, emosional, dan fisik yang diperlukan untuk berkembang dan tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat dan sukses," ungkap Vadim Shoykhet, pelatih dan pendiri Physique Swim School, Manhattan, Amerika.

4. Main Jingkat

5 olahraga ringan untuk stimulasi otak anak 4

Foto: mettasolutions.com

Moms tentu sudah tidak asing dengan bermain jingkat alias hopscotch, kan? Permainan yang dimainkan menggunakan pola persegi panjang bernomor ini juga termasuk olahraga ringan yang baik untuk kesehatan dan dapat membuat anak bahagia lho, Moms.

Hebatnya, gerakan dalam main jingkat ternyata dapat mendukung perkembangan kognitif, hubungan syaraf otak, logika, serta fungsi otak kiri dan otak kanan.

Hasil studi terbaru dari University of Granada, menemukan fakta kalau anak yang sering berolahraga mempunyai volume gray matter atau jaringan penghubung abu-abu pada otak yang lebih besar lho, Moms. Itu artinya anak yang aktif berolahraga mempunyai fungsi eksekutif serta kemampuan belajar, motorik, dan proses visual yang lebih baik ketimbang anak yang kurang aktif.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

Dukung Si Kecil yang Aktif dengan Nestlé Lactogrow

Foto: doc/lactogrow

Lactogrow dengan Happynutri yang mengandung Kalsium, 12 Vitamin, Minyak Ikan, 7 Mineral, dan Omega-3 & 6. Yuk Moms, dukung Si Kecil agar ia selalu #GrowHappy.

Selain itu, Moms juga bisa share cara grow happy ala happy parents, dengan meng-upload foto Moms bersama Si Kecil di Instagram dengan mention @NestleLactogrow dan gunakan #99CaraGrowHappy

(ADV)

Artikel Terkait