KEHAMILAN
30 Agustus 2019

Abses Gigi pada Ibu Hamil, Simak Penjelasannya

Penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan gigi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Memeriksakan diri ke dokter kandungan secara rutin adalah hal yang umumnya dilakukan semua wanita yang sedang hamil. Hal ini memang penting, namun ada hal lainnya juga yang tidak kalah penting, yaitu kesehatan gigi.

Memeriksakan kesehatan gigi tidak hanya penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut selama hamil, namun juga penting untuk membantu Moms jika mengalami gangguan kehamilan yang berkaitan dengan gigi. Apalagi jika terjadi abses gigi.

Abses gigi adalah pembentukan dan pengumpulan nanah di pusat (pulpa) gigi, yang dapat menyebabkan gusi bengkak, sakit gigi, atau keduanya. Bisa dibayangkan bagaimana sakitnya jika terjadi abses gigi pada wanita hamil?

Oleh karena itu, The American Dental Association, American Congress of Obstetricians and Gynecologists, dan American Academy of Pediatrics, mendorong semua wanita untuk mendapatkan perawatan gigi saat hamil.

Baca Juga: Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

“Ini merupakan saat yang krusial bagi seorang wanita dan menjaga kesehatan mulut secara langsung berkaitan dengan kesehatan seluruh tubuh,” ungkap Aharon Hagai, dokter gigi.

Lalu apa saja yang perlu diketahui tentang abses gigi pada ibu hamil?

Penyebab Abses Gigi pada Ibu Hamil

Penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut pada orang dewasa bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya karena tidak menjaga kebersihan mulut. Namun untuk abses gigi, penyebabnya bisa lebih spesifik, seperti di bawah ini.

1. Kerusakan Gigi

abses gigi pada ibu hamil, abses gigi

Foto: medicalnewstoday.com

Kerusakan gigi biasanya terjadi pada wanita hamil ketika asam di mulut berdampak buruk pada enamel gigi.

Karena Moms memiliki lebih banyak asam di mulut selama kehamilan, maka lebih besar kemungkinannya untuk menderita kerusakan gigi. Juga, ketika kita sering mengalami mual dan muntah di pagi hari, Moms akan cenderung memiliki kadar asam yang meningkat di dalam mulut.

Kerusakan pada gigi inilah yang akhirnya akan berujung pada timbulnya abses gigi pada ibu hamil.

Baca Juga: Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

2. Penyakit Periodontal

abses gigi pada ibu hamil, abses gigi

Foto: hellosehat.com

Kerusakan gusi yang parah dapat merangsang jaringan yang mendukung gigi dan dapat menyebabkan nanah timbul pada pulpa gigi. Nanah akhirnya akan menumpuk di pulpa dan dapat menyebabkan abses gigi pada ibu hamil.

3. Gigi Patah

abses gigi pada ibu hamil, abses gigi

Foto: buahhatiku.com

Celah pada email gigi memungkinkan bakteri menginfeksi pulpa dan daerah di sekitarnya. Infeksi pada jaringan pulpa akhirnya menyebabkan kerusakan total pada pulpa dan kemudian abses gigi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Gejala Abses Gigi

Ada banyak gejala abses gigi pada ibu hamil. Beberapa gejala umum yang mungkin Moms alami meliputi:

  • Sakit gigi
  • Sensitivitas yang tinggi pada gigi
  • Gusi bengkak kemerahan, kelenjar leher, dan rahang
  • Bau busuk atau rasa pahit keluar dari mulut
  • Demam

Oleh karena itu, jika Moms sedang hamil dan mengalami rasa sakit atau tidak nyaman pada gigi, segera konsultasikan dengan dokter kandungan/dokter gigi Moms untuk mencari perawatan.

"Studi kami menunjukkan bahwa tidak ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa perawatan gigi dengan anestesi berbahaya selama kehamilan," kata Dr. Hagai.

Artikel Terkait