PROGRAM HAMIL
17 Maret 2020

Ada Kista Ovarium Bisakah Hamil?

Kista ovarium adalah masalah yang reproduksi yang paling sering terjadi pada wanita.
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Kista ovarium adalah masalah reproduksi yang kerap terjadi pada perempuan. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan gejala khas. Bahkan kondisi ini bisa hilang dan muncul lagi dengan sendirinya.

Menurut Medical News Today, kalau pun muncul, gejala yang paling sering terjadi adalah rasa kembung dan sakit di bagian bawah perut. Terkadang, jika kista terlalu besar dapat menekan area organ pencernaan hingga membuat Moms mual dan muntah.

Tentu saja Moms merasa sedikit cemas apakah masalah ini akan berdampak pada kesuburan. Jadi, seberapa besar peluang hamil jika Moms memiliki kista ovarium?

Baca Juga: Apa Bahaya Hepatitis C Bagi Ibu Hamil?

Kista Ovarium Bisakah Hamil?

test pack kesuburan dan test pack kehamilan hero

Mungkin Moms tidak sadar jika memiliki kista di ovarium selama ini. Apalagi ukuran kista yang kecil, biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Bila ukuran kista besar, barulah gejala muncul karena menekan area indung telur.

Menurut Penn Medicine, tubuh perempuan setidaknya memproduksi satu kista setiap bulan selama masa haidnya dan hal tersebut umumnya tak berbahaya.

Namun, setiap kista yang terbentuk pada setiap tubuh perempuan berbeda-beda, ada yang memang tidak berbahaya sama sekali, ada pula yang akan memengaruhi peluang Moms untuk hamil.

Dilansir dari Today’s Parent, masalah kesuburan bisa saja muncul akibat kista, tergantung seberapa besar ukuran dan letak kista tersebut.

Memang, sebagian besar kasus kista ovarium tidak menimbulkan masalah dan tetap ada peluang untuk hamil.

Berdasarkan informasi dari Net Doctor, kista yang bisa menimbulkan masalah pada kesuburan adalah kista yang disebabkan oleh polycystic ovary syndrome (PCOS).

Namun, bukan berarti mengalami PCOS membuat Moms juga tak bisa hamil. Peluang untuk hamil tetap ada tapi Moms melakukan usaha lebih untuk itu. Misalnya saja melakukan program kehamilan khusus sesuai anjuran dokter.

Baca Juga: Bukan Cuma Pusing, Waspadai 12 Gejala Vertigo Ini

Tips Program Hamil dengan Kista Ovarium

5 Konsultasi Dokter.jpg

Menurut Mayo Clinic, hampir tidak ada hal yang bisa mencegah kista ovarium terjadi.

Namun, deteksi dini mungkin bisa Moms lakukan dengan cara memerhatikan setiap keluhan yang muncul saat masa haid. Bila ada keluhan yang tak biasanya terjadi, sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, bila Moms terdiagnosis mengalami kista ovarium dan ingin hamil sebaiknya tetap terapkan pola hidup sehat. Hal ini membantu Moms menjaga hormon tetap normal, sehingga peluang kehamilan semakin besar.

Baca Juga: Ini Dia 6 Tahapan Proses Bayi Tabung

Tips Hamil dengan Kista Ovarium

menemukan kista ovarium saat hamil hero

Mungkin Moms cemas dan takut kehamilan akan terganggu akibat hal ini. Namun, menurut Penn Medicine, kista ovarium tetap bisa terbentuk meski Moms sedang hamil sekali pun dan kista ini juga tak berbahaya.

Namun, kista dapat menyebabkan area indung telur terluka hingga iritasi. Hal ini yang kemudian membuat Moms harus sering-sering cek ke dokter.

Ternyata, meskipun memiliki kista, Moms tetap ada peluang untuk hamil. Tapi ingat ya Moms, selalu konsultasikan program hamil dan kehamilan kepada dokter agar semuanya berjalan dengan lancar.

(IA/ERN)

Artikel Terkait