KESEHATAN
12 Maret 2020

Adakah Cara untuk Mencegah Radang Panggul?

Adakah cara untuk mencegahnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi wanita, bisa karena infeksi bakteri, perilaku seks yang tidak sehat, tidak pernah memeriksakan kesehatan organ reproduksi, atau pun kebiasaan buruk lainnya.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi Moms, yaitu radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID). Radang panggul adalah infeksi yang menyerang rahim, tuba fallopi, ovarium, dan leher rahim.

Radang panggul dapat disebabkan oleh berbagai jenis bakteri, yang biasanya disebabkan bakteri dari infeksi menular seksual. Selain itu, radang panggul juga bisa disebabkan oleh bakteri normal yang ditemukan di vagina.

Radang panggul bukanlah penyakit yang sepele karena bisa berakibat fatal hingga sebabkan ketidaksuburan. Lantas, adakah cara untuk mencegah radang panggul? Ini ulasannya.

Baca Juga: Kenali Penyakit Radang Panggul, Apakah Memengaruhi Kesuburan?

Begini Cara Mencegah Radang Panggul

mencegah radang panggul

Foto: dailydot

Radang panggul bisa membahayakan pengidapnya, untuk itu tidak ada salahnya mengetahui cara untuk mencegahnya.

Jurnal yang diterbitkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan, cara terbaik untuk mencegah terjadinya radang panggul, yaitu menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim untuk mengurangi risiko terkena infeksi menular seksual.

Selain itu, lakukan hubungan intim yang aman, yaitu hanya dengan satu pasangan dan pastikan pasangan tidak memiliki infeksi menular seksual. Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah radang panggul, yaitu:

  • Hindari kebiasaan melakukan douching. Nyatanya, douching menghilangkan beberapa bakteri normal di vagina yang melindungi dari infeksi. Douching dapat meningkatkan risiko radang panggul dengan membantu bakteri menyebar hingga ke rahim, ovarium, dan tuba fallopi.
  • Jangan menyalahgunakan alkohol atau narkoba. Kebiasaan minum alkohol atau menggunakan narkoba meningkatkan perilaku berisiko yang tingkatkan risiko kekerasan seksual dan kemungkinan terpapar infeksi menular seksual.

Baca Juga: Penyebab Radang Panggul yang Harus Diwaspadai

Pemeriksaan untuk Mencegah Radang Panggul

mencegah radang panggul

Foto: shutterstock

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah radang panggul, namun satu hal yang penting juga untuk dilakukan yaitu pemeriksaan secara rutin.

Radang panggul seringnya tidak menunjukkan gejala awal, namun umumnya tanda yang ditunjukkan yaitu keputihan yang tidak normal, pendarahan menstruasi yang tidak normal, terasa sakit saat buang air kecil dan berhubungan intim, mual dan muntah, serta demam dan menggigil.

Waspada Moms, radang panggul yang dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan bisa mengakibatkan nyeri panggul kronis, kehamilan ektopik, hingga infertilitas.

“Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan secara teratur untuk menghindari masalah kesuburan. Paling tidak kunjungi ginekolog setidak setahun sekali.

Selain itu, pasangan sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek apakah ada infeksi menular seksual atau tidak,” ungkap Mary Jane Minkin, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale Medical School.

Baca Juga: Bumil Harus Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Pengobatan untuk Atasi Radang Panggul

mencegah radang panggul

Foto: shemazing

Radang panggul nyatanya dapat diobati, lebih cepat maka penanganan harus lebih segera untuk dilakukan.

Jurnal yang diterbitkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan pengobatan radang panggul terlebih dahulu melalui pemberian antibiotik. Antibiotik dilakukan untuk menghilangkan infeksi sampai meredakan gejalanya.

Moms dapat dirawat di rumah sakit apabila mengalami beberapa kondisi seperti sedang hamil, mengalami mual dan muntah, demam tinggi, dan terdapat abses di tuba fallopi atau ovarium. Segera lakukan penanganan yang tepat untuk mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

Itulah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati radang panggul. Jika ada gejala aneh di area organ reproduksi kamu, sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat, ya, Moms.

DG

Artikel Terkait