PARENTING
5 Juni 2019

Adakah Jarak Usia Anak yang Ideal untuk Menyusun Dana Pendidikan?

Tentunya setiap orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Pasti Moms pernah merasakan betapa susahnya memilih makanan yang tepat saat anak masih dalam kandungan, memastikan proses persalinan berjalan dengan baik, dan menjaga asupan nutrisi serta gizi anak agar dapat tumbuh dengan baik. Semua itu adalah bukti bahwa orang tua mempersiapkan yang terbaik untuk anaknya.

Begitu juga dengan persiapan masa depan anak yang harus dimulai sejak sekarang. Pendidikan adalah bekal bagi anak untuk menghadapi tantangan di masa yang mendatang.

Pendidikan yang tepat membentuk karakter anak menjadi seseorang yang tangguh dan cerdas. Semua itu bisa didapatkan ketika anak masuk ke jenjang sekolah dengan pendidikan yang terbaik.

Lagi-lagi, semua tidak terlepas dari anggaran yang harus dikeluarkan orang tua untuk menyekolahkan anaknya.

Baca Juga: Tabungan Khusus untuk Dana Pendidikan Anak, Penting atau Tidak?

Adakah Jarak Usia Anak yang Ideal untuk Menyusun Dana Pendidikan-2.jpg

Cara yang bisa dilakukan orang tua agar nantinya keuangan rumah tangga tidak terbentur dengan anggaran pendidikan anak adalah mempersiapkan dana pendidikan sejak dini.

Persiapan ini dilakukan sebab anggaran pendidikan anak semakin tahun akan semakin meningkat. Jadi, sebaiknya persiapkan rencana dana pendidikan anak beserta produk keuangan yang dipilih.

Hal ini diungkapkan langsung oleh konsultan perencana keuangan yang memiliki sertifikasi Certified Personal Money Manager (CPMM) di IARFC Indonesia, Annissa Sagita.

“Biaya sekolah bermacam-macam, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Belum tentu juga semakin mahal akan semakin bagus. Jadi, persiapkan sekolah sesuai dengan visi dan misi orang tua. Persiapkan secara menyeluruh, mulai dari anak masuk TK hingga masuk ke perguruan tinggi,” ujar Annissa saat Kulwap Orami Community pada Rabu (20/2) lalu.

Lalu, hal yang sering menjadi pertanyaan Moms juga, apakah ada jarak ideal usia anak agar tidak kewalahan dalam menyiapkan dana pendidikan anak? Ini ulasan yang diungkapkan langsung oleh Annissa Sagita.

Baca Juga: Suami Belum Rencanakan Dana Pendidikan Anak, Ini Cara Menghadapinya

Tidak Ada Jarak Usia Anak yang Ideal untuk Dana Pendidikan Anak

Adakah Jarak Usia Anak yang Ideal untuk Menyusun Dana Pendidikan-1.jpg

Anggapan bahwa semakin banyak anak maka semakin banyak pengeluaran untuk pendidikannya adalah benar. Tentunya setiap orang tua ingin anak-anaknya masuk sekolah terbaik dan tidak ingin membeda-bedakannya.

Namun, ketika jarak usia anak pertama berdekatan dengan anak kedua, maka bisa jadi pengeluaran akan bertambah dua kali lipat.

Lalu, apakah lebih baik mempertimbangkan jarak usia ideal anak agar dapat menyiapkan dana pendidikan anak dengan lebih maksimal?

Menurut Annissa, kenyataannya tidak ada jarak usia ideal anak untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Hal yang terpenting adalah menyiapkan yang terbaik dan sedini mungkin untuk dana pendidikan anak.

“Kalau dalam konteks dana pendidikan anak, tidak ada jarak usia yang ideal. Meskipun misalnya jarak usia 3 tahun, tentunya saat masuk SMP, SMA, dan kuliah akan bersamaan membayar uang pangkalnya, jadi kalau sudah dipersiapkan baik-baik, maka bukan menjadi masalah. Tidak ada jarak usia yang ideal, yang ideal adalah ketika orang tuanya bisa menyiapkan dana pendidikan untuk semua anak-anaknya,” ungkap Annissa.

Baca Juga: Adakah Investasi Optimal untuk Menyiapkan Dana Pendidikan?

Ia juga mengungkapkan waktu paling ideal untuk persiapan dana pendidikan anak dimulai sejak anak baru lahir.

Pilih produk keuangan yang tepat, yaitu investasi jangka panjang untuk persiapan dana pendidikan anak.

Diskusikan dengan pasangan, produk keuangan mana yang ingin dipilih serta mempelajari profil dan risiko dari produk yang dipilih.

Jangan lupa juga, Moms, lakukan investasi untuk dana pendidikan anak ketika keuangan rumah tangga sudah stabil, ya!

(DG/INT)

Artikel Terkait