DI ATAS 5 TAHUN
25 Februari 2019

5 Cara Agar Anak Mau Bercerita Tentang Kegiatan di Sekolah

Jangan sekadar bertanya, tapi tunjukkan juga perhatian Moms
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

“Bagaimana di sekolah tadi, nak?”

Niatnya sih ingin anak bercerita banyak soal kegiatannya di sekolah, tapi kenapa pertanyaan seperti tadi biasanya malah ditanggapi dengan jawaban super singkat ya, Moms?

Menurut Dorothea Chaw, ahli patologi wicara-bahasa anak, pertanyaan terbuka yang lingkupnya terlalu luas malah membuat anak kebingungan memilih satu dari sekian banyak pengalamannya yang bisa diceritakan.

Akhirnya si kecil hanya akan menjawab “Begitu saja, Moms” atau “Biasa saja, Moms” tanpa bercerita lebih lanjut tentang kegiatannya.

Kalau Moms ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan anak di sekolah, beberapa cara di bawah ini patut dicoba untuk mendorong anak bercerita lebih banyak.

1. Pertanyaan Terbuka Tapi Spesifik

ingin anak bercerita soal kegiatannya di sekolah begini caranya, moms 1

Supaya mau lebih banyak bercerita soal kegiatan anak di sekolah, hindari pertanyaan tertutup yang kemungkinan jawabannya hanya “ya” dan “tidak.”

Coba berikan pertanyaan terbuka tapi spesifik yang berkaitan dengan sekolah anak, seperti “Tadi waktu istirahat main sama siapa saja?” atau “Bagaimana pendapat guru dan teman soal kerajinan yang kamu buat?”

Baca Juga: Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Guru di Sekolah

2. Manfaatkan Karya Yang Dibawa Dari Sekolah

ingin anak bercerita soal kegiatannya di sekolah begini caranya, moms 2

Lebih mudah lagi mendorong anak bercerita kalau dia membawa hasil karya dari sekolah lho, Moms.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar psikologi Marvin dan Privratsky membuktikan kalau menunjukkan ketertarikan terhadap pekerjaan dan hasil karya anak bisa membuat anak bercerita lebih banyak tentang sekolah.

Jadi saat anak membawa hasil karya dari sekolah, buka percakapan dengan bertanya soal ide, pemilihan warna, maupun proses pembuatan di balik karyanya.

Dijamin si kecil akan bercerita tentang kegiatannya di sekolah dengan seru dan penuh semangat.

3. Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Kurikulum dan Kegiatan Sekolah

ingin anak bercerita soal kegiatannya di sekolah begini caranya, moms 3

Seberapa banyak Moms tahu tentang kurikulum pelajaran anak di sekolah? Kalau hanya sedikit, sebaiknya mulai mencari lebih banyak informasi.

Christopher Persley, guru dan pakar anak dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, berkata bahwa, dengan mengetahui kemajuan pelajaran anak, topik pelajaran favoritnya, atau kegiatan ekstra kurikuler yang diikutinya, Moms bisa mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik tentang kegiatan anak di sekolah.

Baca Juga: Menghadapi Berbagai Keluhan Anak Soal Sekolah

4. Ingat Nama Teman

ingin anak bercerita soal kegiatannya di sekolah begini caranya, moms 4

Moms, selalu ingat nama teman atau guru yang disebut saat anak bercerita soal kegiatannya di sekolah.

Dengan begitu si kecil jadi tahu kalau Moms sungguh peduli dengan pertemanan dan orang yang ada di sekitarnya.

Moms juga bisa menggunakannya untuk tahu lebih banyak tentang kegiatan anak di sekolah, seperti “Apa kabar Amanda hari ini?” atau “Apa saja yang dibaca di kelas ibu Dita hari ini?”

5. Pilih Waktu Yang Pas

ingin anak bercerita soal kegiatannya di sekolah begini caranya, moms 5

Walau Moms begitu ingin tahu kegiatan anak di sekolah, sebaiknya tahan diri untuk tidak langsung bertanya dan meminta anak bercerita.

Waktu yang paling pas untuk bertanya adalah setelah anak istirahat dan Moms sedang tidak sibuk melakukan hal lain, misalnya setelah makan siang atau menjelang tidur malam.

Yang terpenting, Moms perlu memberikan perhatian penuh dan selalu siap untuk mendengarkan saat si kecil bercerita tentang kegiatannya di sekolah.

Baca Juga: 5 Bentuk Investasi untuk Pendidikan Anak yang Bisa Moms Lakukan

Jadi, cara mana yang mau Moms coba lebih dulu untuk tahu kegiatan di sekolah anak?
(WA)

Artikel Terkait