PERNIKAHAN & SEKS
28 September 2020

Agar Bernilai Pahala, Baca Doa Sebelum Berhubungan Seks Ini

Karena bukan hanya tentang kenikmatan, doa juga harus dipanjatkan saat berhubungan seksual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Segala hal baik yang didasarkan atas dalil dan dilakukan dengan ikhlas akan menghasilkan kebaikan dan pahala, termasuk berhubungan seksual. Bersama pasangan halal, berhubungan seksual yang dilakukan setelah menikah tidak akan menimbulkan kenikmatan tapi juga ladang pahala.

Pahala ini akan terus mengalir selama pasangan suami istri menjaga diri untuk terus berdoa sebelum berhubungan seksual. Tahukah Moms, ada doa-doa yang sebaiknya dipanjatkan sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan?

Meski sering luput dari banyak pasangan, namun doa berhubungan intim memiliki banyak keutamaan. Salah satunya bertujuan agar hubungan suami istri mendapat berkah dan doa untuk semakin didekatkan dengan Allah.

Bahkan saat menjelaskan tentang hubungan seks, islam memandang dari beberapa sisi kehidupan. Salah satunya dari sisi medis, amalan yang berpotensi mengikatkan pahala beserta doa terbaik yang bisa dipanjatkan.

Berhubungan Seks Menyehatkan

Doa Berhubungan -1

Foto: OramiPhotoStock

Berhubungan seksual tidak hanya terasa menyenangkan, itu juga akan menjadi sesuatu yang bisa menyehatkan. Apa saja manfaatnya?

  • Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh. Pasangan yang berhubungan seks secara rutin memiliki tingkat pertahanan tubuh yang lebih tinggi terhadap kuman, virus, dan penyakit lainnya. “Orang yang aktif secara seksual haya akan membutuhkan lebih sedikit hari sakit,” kata Yvonne K. Fulbright, PhD, seorang ahli kesehatan seksual.
  • Meningkatkan Libido . Merindukan kehidupan seks yang lebih hidup? “Berhubungan seks akan membuat seks menjadi lebih baik dan akan meningkatkan libido Anda,” kata Lauren Streicher, MD., asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern di Chicago.
  • Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih pada Perempuan. Dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia, sesuatu yang akan mempengaruhi sekitar 30% perempuan dalam hidup perempuan. Gerakan seks akan terlihat seperti latihan untuk otot dasar panggul. Saat orgasme, itu akan menyebabkan kontraksi pada otot-otot yang memperkuatnya.
  • Menurunkan Tekanan Darah . “Sudah banyak penelitian. Satu studi penting menemukan bahwa hubungan seksual secara khusus (bukan masturbasi) menurunkan tekanan darah sistolik. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara seks dan tekanan darah rendah,” kata Joseph J. Pinzone, MD, CEO dan direktur medis Amai Wellness
  • Dianggap sebagai Latihan. Seks akan membakar lima kalori per menit, empat kalori lebih banyak daripada menonton TV. “Ini memberi Anda satu-dua pukulan: Ini meningkatkan detak jantung Anda dan menggunakan berbagai otot,” jelas Joseph.
  • Menurunkan Risiko Serangan Jantung. Selain menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung, seks membantu menjaga keseimbangan kadar estrogen dan testosteron. “Ketika salah satu dari itu rendah Anda mulai mendapatkan banyak masalah, seperti osteoporosis dan bahkan penyakit jantung,” kata Joseph.
  • Mengurangi Kemungkinan Kanker Prostat. Laki-laki yang sering ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan, lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker prostat, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur. Moms mungkin tertidur lebih cepat setelah berhubungan seks, dan untuk alasan yang bagus. "Setelah orgasme, hormon prolaktin dilepaskan, yang bertanggung jawab atas perasaan rileks dan kantuk setelah berhubungan seks,” kata Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiater di West Hollywood, California.
  • Meredakan Stres. Dekat dengan pasangan dapat meredakan stres dan kecemasan. Sheenie mengatakan, sentuhan dan pelukan dapat melepaskan hormon alami tubuh. Gairah seksual melepaskan zat kimia otak yang meningkatkan sistem kesenangan dan penghargaan otak.

Baca Juga: Masturbasi Menurut Islam, Apa Hukumnya?

Doa Berhubungan Seksual

Doa Berhubungan -2

Foto: Orami Stock Photos

Sebelum berhubungan suami-istri, dianjurkan minimal berdoa kepada Allah. Doa sebelum berhubungan suami-istri ini diharapkan dapat mendatangkan perlindungan dari Allah SWT, dilansir NU Online. Di samping itu, memanjatkan doa berhubungan tersebut diharapkan dapat dikaruniai anak saleh kelak jika Allah menakdirkannya dari hubungan tersebut.

Hal ini diterangkan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqqi Azza wa Jalla fil Akhlaq wat Tashawwuf wal Adabil Islamiyah, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah, tahun 1997 M/1417 H, juz I, halaman 103.

Doa berhubungan seksual sendiri dibagi menjadi 3, yakni doa saat akan berhubungan intim, saat mengeluarkan air mani , dan setelah selesai melakukan hubungan seksual .

1. Doa Sebelum Hubungan Intim

Sebelum berhubungan, suami dan istri harus berdoa sesuai sunnah.

"Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa,”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami,”.

2. Doa Ketika Mengeluarkan Air Mani

Ketika mengeluarkan air mani, pasangan suami istri disunnahkan untuk berdoa agar air mani yang dikeluarkan bisa memberikan keturunan yang baik.

"Allahummaj'alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah,”

Artinya: “Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh),”.

3. Doa Setelah Selesai Hubungan Intim

Setelah selesai melakukan hubungan seksual pun, suami istri harus berdoa dengan mengucapkan hamdalah.

"Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa,".

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).”.

Baca Juga: Hukum Berhubungan saat Haid Menurut Islam, Wajib Tahu!

Berkah di Balik Doa Berhubungan Seksual

Doa Berhubungan -3

Foto: Orami Stock Photos

Untuk meraih keberkahan dalam hubungan seksual pada pasutri, di antaranya adalah dengan berdo’a ketika hendak melakukannya. Salah satu berkah di balik doa berhubungan seksual ini adalah akan memberikan kebaikan pada keturunan yang dihasilkan.

Juga tentunya hubungan intim yang sesuai ajaran Rasulullah SAW akan semakin menambah kemesraan karena keberkahan yang hadir saat itu.

Berkah lain dari doa berhubungan seksual ini antara lain:

  • Mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Abu Bakar RA pernah berkata; ”Aku tidaklah biarkan satu pun yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan kecuali aku mengamalkannya karena aku takut jika meninggalkannya sedikit saja, aku akan menyimpang” (HR. Bukhari no. 3093 dan Muslim no. 1759).
  • Setan tidak akan turut serta dalam hubungan intim tersebut karena di dalam do’a ini diawali dengan penyebutan “bismillah”. Demikian pendapat sebagian ulama. Mujahid rahimahullah berkata: “Siapa yang berhubungan intim dengan istrinya lantas tidak mengawalinya dengan ‘bismillah’, maka setan akan menoleh pada pasangannya lalu akan turut dalam berhubungan intim dengannya” (Fathul Bari, 9: 229). Ya Allah, lindungilah kami dari gangguan setan kala itu.
  • Kebaikan do’a ini pun akan berpengaruh pada keturunan yang dihasilkan dari hubungan intim tersebut. Buktinya adalah riwayat mursal namun hasan dari ‘Abdur Razaq di mana disebutkan: “Jika seseorang mendatangi istrinya (berhubungan intim), maka ucapkanlah ‘Ya Allah, berkahilah kami dan keturunan yang dihasilkan dari hubungan intim ini, janganlah jadikan setan menjadi bagian pada keturunan kami’. Dari do’a ini, jika istrinya hamil, maka anak yang dilahirkan diharapkan adalah anak yang sholeh” (Fathul Bari, 9: 229).
  • Keturunan yang dihasilkan dari hubungan ini akan selamat dari berbagai gangguan setan. Jika dipahami dari tekstual hadits, yang dimaksud dengan anak tersebut akan selamat dari berbagai bahaya adalah umum, yaitu mencakup bahaya dunia maupun agama. Namun Al Qodhi ‘Iyadh berkata bahwa para ulama tidak memahami seperti itu. (Minhatul ‘Allam, 7: 348).
  • Keberkahan do’a ini berlaku bagi perempuan yang akan hamil dengan hubungan seksual tersebut atau yang tidak hamil karena lafazhnya umum. Inilah pendapat Al Qodhi ‘Iyadh (Fathul Bari, 9: 229).

Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan hafizhohullah berkata; “Hendaklah seorang muslim bersemangat mengamalkan do’a ini ketika berhubungan intim hingga menjadi kebiasaan. Hendaklah dia melakukannya dalam rangka mengamalkan nasihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan demi menghasilkan keturunan yang terjaga dan terlindungi dari gangguan setan, juga supaya mendapatkan keberkahan dari do’a ini” (Minhatul ‘Allam, 7: 348).

Ibnu Hajar juga berkata, “Faedah yang ditunjukkan dalam do’a ini adalah disunnahkannya membaca bismillah dan berdo’a serta merutinkannya hingga pada hal yang nikmat semacam dalam hubungan intim”. (Fathul Bari, 9: 229).

Hadits-hadist ini menunjukkan bahwa setan akan mengganggu manusia dalam segala kondisi. Ketika tidur , ketika bangun dari tidur, setan akan terus memberikan rasa was-was. Jika seseorang lalai dari mengingat Allah, maka setan akan mengganggu. Namun jika mengingat Allah, setan akan lari bersembunyi.

Baca Juga: Cara Bercinta yang Disarankan Menurut Islam

Memanjatkan doa berhubungan seksual diharapkan akan melipatgandakan pahala dan termasuk kepada amalan yang berkah.

Artikel Terkait