TRIMESTER 3
17 Juni 2019

Agar Ibu Hamil Tak Sering Gerah, Lakukan Hal Ini!

Ibu hamil pasti tak jauh dari kata gerah karena perut semakin membesar!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Gerah sekali ya! Hal ini mungkin jadi masalah yang dialamiibu hamil. Bagaimana caranya mengatasi gerah pada ibu hamil?

Adelaide Nardone, MD, seorang ob-gyn di Providence, Rhode Island, dan penasihat medis di Pusat Kesehatan Wanita Vagisil, menjelaskan bahwa ketika Moms hamil, suhu tubuh sudah sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Jadi tambahan panas dari suhu luar pasti membuat Moms merasa tidak nyaman. "Wanita hamil sudah memiliki beberapa tingkat intoleransi panas," kata Nardone.

Tentu saja Moms harus menjaga tetap terhidrasi, tapi tak cukup sampai situ, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Lantas, apa yang wajib Moms lakukan untuk menghadapi gerah pada ibu hamil?

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Pakaian untuk Mengatasi Gerah Pada Ibu Hamil

Mengatasi Gerah Pada Ibu Hamil

Pakaian punya peranan besar dalam mengatasi gerah pada ibu hamil. Tak hanya menjaga agar tetap terhidrasi, apa yang Moms pakai juga ternyata berpengaruh.

Moms harus tetap tertutupi. Tidak hanya membantu melindungi dari sengatan matahari, tetapi Moms akan merasa lebih dingin tanpa sinar matahari langsung pada kulit Moms.

Kenakan atasan lengan panjang dengan kain ringan dan celana longgar yang nyaman atau gaun panjang dan rok.

Pilih pakaian dengan serat alami, seperti katun atau linen. Ini akan membantu Moms tetap tenang dengan memungkinkan aliran udara yang baik, dan juga membantu mencegah gesekan dan gesekan.

Kenakan topi dengan pinggiran lebar yang akan melindungi wajah dan leher Moms dari sinar matahari, serta membantu Moms tetap tenang. Hijab yang ringan akan membantu menjaga sinar matahari.

Jangan lupakan bagian kaki. Sandal bertali mungkin terasa sejuk, tetapi meninggalkan bagian atas kaki Moms yang rentan terhadap sengatan matahari. Pakai beberapa lotion matahari untuk melindungi mereka dari sinar.

Baca Juga: 7 Trik Berpakaian Meghan Markle untuk Sembunyikan Kehamilan Sebelum Mengumumkannya

Cara Mengatasi Gerah Pada Ibu Hamil Saat Beraktivitas

Mengatasi Gerah Pada Ibu Hamil

1. Beraktivitas Saat Sejuk

Jika memungkinkan, cobalah untuk merencanakan kegiatan luar ruangan Moms pada saat sejuk. Lakukan kegiatan luar ruangan pada pagi atau sore hari ketika matahari lebih rendah dan suhu lebih dingin.

2. Pakai Face Mist

Face mist adalah cara yang bagus untuk menenangkan diri, mengatasi gerah pada ibu hamil, dan memberi sedikit penyegaran.

Simpan botol di lemari es untuk memberikan rasa segar. Moms bahkan dapat menambahkan setetes pelembap untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Bawa Kipas

Jangan lupakan untuk membawa kipas kertas lipat atau kipas dengan baterai. Mereka sangat berguna jika Moms terjebak di bus yang ramai atau kereta api, atau dalam kemacetan lalu lintas di hari yang panas.

Baca Juga: Ini 9 Cara yang Harus Ibu Hamil Lakukan Untuk Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir

4. Jauhi Diri dari Sinar Matahari

Jauhkan dari sinar matahari langsung sebisa mungkin. Jika Moms berada di pantai, temukan tempat teduh di bawah payung atau payung. Hal ini sangat penting ketika matahari berada di puncaknya, yaitu antara 11 pagi dan 3 sore.

5. Minimalisir Asupan Garam

Mengurangi asupan garam tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi cara ini juga membantu memerangi retensi air dan membuat Moms merasa lebih nyaman.

6. Basuh Wajah dengan Air

Untuk pendinginan instan, letakkan pergelangan tangan Moms di bawah keran dingin yang mengalir atau tuangkan sedikit air dari botol Anda ke wajah Moms atau bagian belakang leher Moms.

Terapkan beberapa cara di atas untuk mengatasi gerah pada ibu hamil ya! Cara mana yang biasanya Moms lakukan?

(GSA)

Artikel Terkait