KEHAMILAN
27 September 2019

Agar Proses Persalinan Dapat Berjalan Lancar, Lakukan Hal Ini

Apapun metode persalinan yang Moms pilih, lakukan hal ini agar dapat berjalan lancar.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menjalani proses persalinan yang lancar, aman, dan nyaman merupakan keinginan semua calon ibu yang ada di dunia. Apapun metode persalinan yang dipilih, mulai dari normal hingga water birth, tentu kelancaran adalah hal yang diidamkan.

Dikutip dari parents.com, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health yang menemukan bahwa proses persalinan bagi calon ibu yang baru pertama kali melakukannya membutuhkan waktu 2,6 jam lebih lama dibandingkan 50 tahun yang lalu.

Baca Juga: Melawan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Oleh karena itu, dibutuhkan energi esktra dan mental yang sehat agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat, dan istirahat yang cukup merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan demi menjalani proses persalinan yang lancar.

Lakukan hal ini ya, Moms.

Mengikuti Kelas Prenatal

pregnant-woman-touching-her-belly_1163-1011.jpg

Foto: Freepik.com

Sebaiknya Moms mengikuti kelas prenatal atau melahirkan. "Membiasakan diri dengan tahapan persalinan dan mengetahui langkah-langkahnya bisa membantu mengurangi rasa cemas," ujar Roberts Stern, M.D., CoChair of Obstetrics and Gynecology di Vassar Brothers Hospital di New York, Amerika Serikat.

Pastikan untuk mencari instrukstur yang bersertifikat. Ajak juga Dads untuk mengikuti kelas ini ya, Moms.

Yoga

prenatal-meditation-close-up_1163-1766.jpg

Foto: Freepik.com

Mengikuti kelas yoga bisa mempersiapkan tubuh menjadi lebih bugar dan tegak menghadapi persalinan. "Berdiri, berlutut, tangan, dan jongkok merupakan posisi yang menjaga pinggul longgar dan membuka jalan agar janin bisa langsung keluar”, ujar Janet Balaskas, seorang pendidik persalinan asa Inggris dan penulis buku Active Birth. Tidak hanya itu, yoga juga bisa menjadi ajang Moms untuk berlatih pernapasan.

Baca Juga: Mengenal Doula dan Perannya dalam Persalinan

Camilan Sehat

healthy-lunch-go-packed-lunch-box_1220-4541.jpg

Foto: Freepik.com

Untuk meningkatkan atau menambah energi, Moms harus mengonsumsi makanan atau camilan yang sehat. Hindari makanan yang berlemak atau sulit dicerna, karena bisa membuat mual dan menyebabkan muntah selama proses persalinan.

Tidak hanya itu, rutin minum air putih juga perlu dilakukan. Moms harus menjaga asupan cairan di dalam tubuh tetap stabil.

Pijat Ringan

GettyImages-588932591-56bf92955f9b5829f866f341.jpg

Baca Juga: Manfaat Pijat Perineum untuk Ibu Hamil Agar Lancar Melahirkan

Foto: verywellfamily.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine mengungkapkan, ibu hamil yang menerima pijatan ringan dari suaminya dilaporkan merasakan sedikit rasa sakit dan cemas dibandingkan mereka yang tidak dipijat. Bahu, tangan, dan kaki bisa menjad area pemijatan yang bisa dilakukan oleh Dads, Moms.

(MA/KM)

Artikel Terkait