RESEP
10 Juli 2019

Agar Salad Lebih Nikmat, Ini Dia Macam-Macam Saus Salad untuk Pelengkapnya

Salad tanpa saus salad, bagai sayur tanpa garam
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gaya hidup sehat, harus mulai kita terapkan untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan segar, bahkan dari usia sedini mungkin. Untuk para Moms, biasa gaya hidup sehat dilakukan dengan cara mengonsumsi salad sayuran. Tidak hanya sehat, salad sayuran juga memiliki rasa yang lezat lho.

Bahkan kini salad tidak hanya dijadikan sebagai makanan sampingan atau pembuka, tetapi juga dijadikan sebagai makanan utama. Tidak hanya berisi sayuran saja, salad juga dilengkapi dengan sausnya yang enak.

Bagi Moms yang mungkin ingin mencoba membuat salad sayuran sendiri di rumah, berikut beberapa macam saus salad yang bisa Moms coba buat di rumah.

Baca Juga: Tren Salad Bar yang Kaya Akan Protein

1. Saus Blue Cheese

saus salad, salad sayuran

Foto: herworld.co.id

Saus salad satu ini dikenal sebagai saus celup. Bahan dari saus blue cheese ini biasa terbuat dari bahan dasar mayonaise, sour cream, yogurt, blue cheese, susu, cuka, bawang bombay bubuk, dan bawang putih bubuk.

Banyak ya, tapi bahan-bahan ini mudah didapatkan kok Moms. Jika semua sudah tercampur rata, saus ini berwarna putih dengan rasa unik asam yang gurih. Saus ini cocok dimakan dengan sayuran seperti buncis, kacang-kacangan, dan daging olahan.

2. Saus Thousand Island

saus salad, salad sayuran

Foto: foodnetwork.com

Berwarna pink, memiliki rasa manis, gurih, dan kental. Seperti saus salad pada umumnya, saus ini juga terbuat dari bahan dasar mayonaise, perasan air jeruk lemon, paprika, saus barbeque, mustard, cuka, saus sambal, dan tabasco.

Moms bisa menggunakan saus ini sebagai pelengkap salad rebus yang gurih. Rasanya pasti semakin nikmat.

Baca Juga: Yuk Bikin Caesar Salad Sendiri di Rumah, Sehat dan Mudah!

3. Ranch Dressing

saus salad, salad sayuran

Foto: wikipedia.org

Berbeda dari saus thousand island dan blue cheese, saus salad satu ini terbuat dari bahan buttermilk atau sour cream, bawang putih, bawang bombay, merica, paterseli, paprika, dan biji mustard.

Warnanya putih mirip dengan susu. Rasanya asam gurih bercampur dengan sedikit rasa pedas.

4. French Dressing

saus salad, salad sayuran

Foto: daringgourmet.com

Atau nama lainnya vinaigrette, adalah saus salad yang terbuat dari berbagai campuran mulai dari minyak kedelai, canola, zaitun, bunga matahari, safflower, kacang tanah, dan masih banyak lagi. Bahkan saus ini juga sering dicampur dengan rempah-rempah dan sari buah.

Saus ini cocok untuk digunakan sebagai campuran salad dengan bahan dedaunan tipis dan renyah.

Baca Juga: Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Sayuran yang Ada di Salad Beserta Manfaatnya

5. Italian Dressing

saus salad, salad sayuran

Foto: recipetineats.com

Rasanya tidak creamy seperti saus salad lainnya, karena saus ini terbuat dari campuran air, cuka atau bisa juga diganti dengan perasan lemon, minyak sayur, paprika cincang, gula atau sirup jagung, garam, dan adas.

Agar terasa lebih lezat, bisa juga ditambahkan dengan bawang putih dan bawang bombay sesuai selera Moms.

Jika ingin mencoba langsung, saus-saus salad di atas bisa kita temui di berbagai restoran yang menjual menu salad sayuran.

Artikel Terkait