GAYA HIDUP
23 Mei 2019

Agar Tak Cepat Habis, Begini Cara Menghemat Uang THR untuk Keperluan Belanja

Yuk, ketahui cara berbelanja dengan bijak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Orami

https://www.shutterstock.com/image-photo/portrait-three-muslim-woman-shopping-bag-1376538131?src=GY--dczUHEY_3MI16AcIkQ-1-11

https://www.shutterstock.com/image-photo/muslim-women-shopping-bags-108213284

Saat hari Lebaran, Moms mungkin sudah paham bahwa akan ada banyak pengeluaran yang tidak terduga. Seperti berbelanja untuk memasak hidangan khas Lebaran, dan juga menyiapkan anggaran untuk pergi mudik.

Hari raya Lebaran pun juga identik dengan berbelanja, apalagi di mal-mal besar biasanya akan memberikan banyak diskon yang tentu menggiurkan.

Agar uang THR tidak cepat habis, penting untuk mengetahui bagaimana cara berbelanja yang bijak. Jika ini dilakukan, bukan tidak mungkin Moms justru bisa menghemat uang THR yang bermanfaat di masa depan nanti.

Ini dia cara menghemat uang THR saat belanja agar tidak cepat boros.

Baca Juga: 4 Tips Berburu Sale Saat Midnight Shopping Agar Uang THR Tidak Cepat Habis

1. Buat Rencana

belanja3.jpg

Membuat rencana keuangan adalah salah satu hal penting untuk mengatur budget belanja saat Lebaran. Moms bisa membuat daftar terlebih dahulu, apa saja yang dibutuhkan saat lebaran.

Setelah itu, mulai melakukan penyisihan, hapus hal-hal yang bukan termasuk prioritas di hari Lebaran dari daftar. Hal ini untuk menghindari pengeluaran berlebih.

Jangan sampai biaya untuk mudik jadi berkurang karena Moms sudah menghabiskan untuk berbelanja pakaian Si Kecil yang sedang diskon.

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab adalah bagian penting dari rencana keuangan yang sehat. Jangan sampai Moms terlalu terlena memakai kartu kredit dan pada akhirnya menghabiskan terlalu banyak.

Coba jaga saldo kartu kredit jauh di bawah batas kartu, jangan sampai uang THR habis untuk membayar tagihan kartu kredit akibat belanja di hari Lebaran yang hanya berlangsung sementara.

Baca Juga: Agar THR Tak Habis Dalam Sekejap, Ini 5 Trik Hemat Menyambut Lebaran

3. Buat Daftar Belanja dan Jangan Mudah Terlena

belanja2.jpg

Toko dirancang untuk membuat Moms menghabiskan uang. Strategi mereka memang halus tetapi efektif. Seperti di supermarket yang menaruh produk segar berwarna-warni di dekat pintu masuk yang membuat Moms lebih bersemangat berbelanja.

Mereka juga tahu banyak orang menuju ke sisi kanan toko terlebih dahulu, sehingga toko bisa membuat sisi kanan lebih menarik perhatian.

Buat daftar apa saja yang akan dibeli di toko tersebut, ketika tiba untuk berbelanja, langsung ke barang yang diinginkan, ambil, bayar, dan keluar.

Dengan begitu, Moms tidak akan tergoda membelanjakan uang atau membeli sesuatu yang tidak sesuai anggaran sehingga bisa menghemat uang THR.

4. Belajar Lebih Menghargai Uang Ketimbang Produk

Beberapa orang memiliki kemampuan menabung dan menikmati kesenangan dari menumpuk kekayaan mereka. Tetapi bagi yang lain, uang adalah sesuatu yang dihabiskan begitu mencapai tangan mereka.

Jika Moms cenderung merupakan tipe orang kedua, cobalah mengadopsi mentalitas yang menghargai penghematan dibandingkan produk.

Pada akhirnya, uang yang diinvestasikan atau disimpan hampir selalu bermanfaat bagi hidup ketimbang uang yang dihabiskan untuk produk yang akan menjadi tidak menarik dalam waktu singkat.

5. Hindari Toko yang Menjual Barang Berkualitas Rendah

belanja1.jpg

Moms pasti tahu setidaknya satu toko yang menjual produk dengan sangat murah, tetapi tidak dibuat dengan baik. Cara berikutnya untuk berbelanja dengan bijak adalah dengan menghindari toko-toko murah seperti.

Jika tidak, Moms akhirnya membeli banyak barang berkualitas rendah, dan setengahnya bahkan tidak akan bertahan lama ketika digunakan.

Untuk mengakalinya, belanja dari penawaran diskon yang bagus di toko-toko yang menjual barang-barang berkualitas lebih baik. Hal ini akan menghemat uang THR Moms.

Baca Juga: Libur Lebaran Datang, 4 Film Ini Siap Temani Keluarga

6. Jangan Berbelanja Setiap Diskon

Jangan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan saat ini, karena tindakan ini hanya akan menghabiskan uang secara sia-sia.

Ingat juga untuk tidak membeli barang-barang yang memang selalu dijual, hanya karena dorongan sesaat dalam diri saja.

Itu hanya membuang uang dan ruang di rumah dan jika barang tersebut dibeli, Moms bisa membelinya lain kali saat membutuhkannya.

Itu dia tips menghemat uang THR agar tidak boros. Yuk, ikuti agar tidak tekor di akhir bulan, Moms.

(AP)

Artikel Terkait