PARENTING
28 Juli 2019

Agar Tetap Aman, Ini Cara Bijak Memantau Media Sosial Anak

Bagaimana cara bijak memantau media sosial anak?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika anak telah diizinkan untuk mengakses media sosial, penting bagi Moms dan Dads untuk memastikan mereka melakukannya dengan cara yang aman. Ini artinya, Moms dan Dads harus aktif memantau aktivitas anak di media sosial.

Dilansir dari parenting.com, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), meski studi komprehensif tentang dampak media sosial terhadap anak-anak dan keluarga menunjukkan manfaat yang nyata, termasuk di antaranya peningkatan komunikasi, akses ke informasi, dan bantuan dalam mengembangkan kualitas diri, namun ada juga ancaman terselubung dari penggunaan media sosial.

Dalam studi tersebut ini ditemukan fakta bahwa 22 persen remaja online di media sosial lebih dari 10 kali sehari, dan 75 persen di antara mereka memiliki telepon seluler sendiri. Tingginya akses anak terhadap media sosial meningkatkan risiko cyberbullying, Facebook Depression (sebuah fenomena baru di mana 'unfriend' dan intimidasi online menyebabkan gejala depresi), paparan konten yang tidak pantas, dan sexting.

Dikatakan Jeana Lee Tahnk, seorang konsultan teknologi dan juga penulis yang berfokus pada teknologi dan parenting, sama seperti Moms mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi kehidupan di dunia nyata, Moms juga harus mempersiapkan mereka untuk kehidupan di dunia online. Baca terus untuk tips memantau media sosial anak yang harus diingat setiap orang tua.

1. Letakkan Komputer atau Laptop di Ruang Keluarga

anak media sosial

Foto: parenting.com

Jauh lebih mudah untuk mengawasi setiap aktivitas media sosial anak jika komputer atau laptop yang digunakannya berada di area publik, seperti ruang keluarga atau dapur.

Hindari anak mengakses media sosial di kamarnya sendiri. Hal ini akan memberi pesan pada anak bahwa ia tak boleh menutupi apapun dari Moms dan Dads, termasuk aktivitasnya di media sosial.

Baca Juga: Kapankah Sebaiknya Anak Boleh Main Media Sosial?

2. Berteman dengan Anak di Media Sosial

anak media sosial

Foto: Pexels

Ketika anak pertama kali membuat akun media sosial, katakan padanya bahwa Moms dan Dads serta anggota keluarga dan saudara yang lain wajib ia tambahkan ke dalam friend list-nya. Setelah itu, baru ia boleh menambahkan teman-temannya ke dalam friend list berikutnya.

Dengan begitu, Moms akan selalu bisa memantau apa saja yang di-posting anak ke media sosialnya. Pastikan konten yang dipotong anak benar-benar aman untuknya dan tidak memunculkan identitas apapun tentang anak, misal nama sekolah, tempat les, atau lokasi tepat di mana ia berada.

3. Jadilah Contoh yang Baik Tentang Cara Menggunakan Media Sosial

anak media sosial

Foto: Pexels

Karena anak berteman dengan Moms di media sosial, maka ia pun akan melihat semua aktivitas Moms di media sosial. Jadilah contoh yang baik untuk anak, misal dengan tidak menulis komentar yang merendahkan orang lain, atau mengunggah foto-foto seksi.

Baca Juga: Yes or No, Mengunggah Aktivitas Bersama Bayi ke Sosial Media?

4. Beri Batasan Mengenai Penggunaan Ponsel

anak media sosial

Foto: Pexels

Sama seperti Moms memberi anak batasan menonton televisi atau bermain games, Moms juga harus memberinya batasan mengenai penggunaan ponsel.

Tetapkan aturan bahwa ponsel hanya bisa diizinkan untuk digunakan pada jam-jam tertentu, atau setelah pekerjaan rumah selesai.

Selama ponsel tidak digunakan, ponsel harus dijauhkan sehingga pesan atau notifikasi yang masuk tidak akan terdengar dan mengganggu konsentrasi anak.

5. Gunakan Aplikasi Keamanan Digital

anak media sosial

Foto: Pexels

Ada banyak aplikasi keamanan digital yang bisa Moms unduh di ponsel atau komputer yang biasa digunakan anak untuk membuka media sosialnya. Dilansir dari gitmom.com, aplikasi tambahan ini dapat diatur untuk memantau pesan teks, YouTube, email, dan media sosial lainnya.

Hal ini tentu akan sangat menghemat waktu dan menenangkan pikiran Moms. Beberapa aplikasi bahkan dapat secara proaktif mengingatkan Moms akan masalah-masalah seperti sexting, cyberbullying, dan depresi berkat algoritma yang terus-menerus menganalisis kata-kata yang muncul di ponsel anak.

Cari info tentang aplikasi keamanan digital yang paling sesuai untuk Moms di internet ya.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengizinkan Anak Memiliki Akun Media Sosial

Itu dia 5 cara yang bisa Moms lakukan untuk memonitor aktivitas media sosial anak. Yang penting Moms ingat, jangan pernah tunjukkan ketidakpercayaan pada anak, karena hal ini malah akan membuat anak marah dan tak mau terbuka.

Artikel Terkait