KESEHATAN
25 Oktober 2019

Agar Tidak Makin Parah, Yuk Simak 4 Cara Merawat Gigi Berlubang

Jika sudah mengalami pembusukan yang amat sangat, maka harus dicabut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu masalah gigi yang banyak dihadapi oleh banyak orang merupakan gigi berlubang. Salah satu penyebab dari gigi berlubang ini adalah jarangnya kesadaran untuk merawat gigi, padahal kesehatan gigi itu penting.

Karena kurangnya kesadaran ini, maka gigi berlubang pun menjadi risiko yang sering dialami baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab gigi berlubang ini bisa jadi karena jarang menggosok gigi sehingga bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Tidak hanya itu, cara menyikat gigi yang salah juga bisa menyebabkan gigi berlubang lho Moms. Jika tidak dirawat, maka akan semakin sakit dan melukai akar gigi kita.

Menurut Dr. Margaret Culotta-Norton, dokter gigi di Washington D.C, gigi berlubang adalah penyakit anak yang paling kronis di Amerika Serikat.

Lantas, bagaimana sebaiknya kita merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah? Berikut penjelasannya.

1. Perawatan Flouride

merawat gigi berlubang

Cara untuk merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah yang pertama adalah melakukan perawatan dengan fluoride.

Jika lubang pada gigi baru saja muncul, perawatan fluoride dapat membantu mengembalikan enamel gigi dan kadang-kadang dapat membalikkan lubang pada tahap awal.

Mengutip dari situs Mayo Clinic, perawatan fluoride profesional mengandung lebih banyak fluoride daripada jumlah yang ditemukan dalam pasta gigi, dan obat kumur.

Perawatan fluoride bisa berupa cairan, gel, busa atau pernis yang disikat ke gigi kita atau ditempatkan di benda kecil yang pas di gigi kita.

2. Tambal Gigi

merawat gigi berlubang

Cara untuk merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah yang selanjutnya adalah menambal gigi. Penambalan gigi, juga disebut restorasi, adalah opsi merawat gigi berlubang yang utama ketika pembusukan telah berkembang melampaui tahap awal.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Karies Gigi Pada Anak Jika Tidak Ditambal

Tambalan terbuat dari berbagai bahan, seperti resin komposit berwarna gigi, porselen atau amalgam gigi yang merupakan kombinasi dari beberapa bahan lainnya.

"Namun meski sudah ditambal, gigi masih dapat membusuk di sekitar tepi tambalan," kata Matt Messina, dokter gigi di Fairview Park.

Menurutnya tidak ada yang permanen, tapi semakin baik perawatan gigi, maka semakin lama kita bisa membuatnya bertahan lama.

3. Berikan Mahkota Gigi

merawat gigi berlubang

Cara untuk merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah yang selanjutnya adalah memberikan mahkota gigi. Untuk kerusakan gigi yang ekstensif atau gigi yang lemah, Moms mungkin membutuhkan merawat gigi berlubang dengan mahkota atau penutup khusus yang menggantikan seluruh mahkota alami gigi kita.

Dokter gigi akan mengeringkan semua bagian gigi yang rusak dan sisa gigi untuk memastikan kecocokan. Mahkota dapat dibuat dari emas, porselen yang kuat, resin, porselen yang menyatu dengan logam atau bahan lainnya.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Berlubang

4. Cabut Gigi

merawat gigi berlubang

Cara untuk merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah yang selanjutnya adalah mencabut gigi. Beberapa gigi menjadi sangat rusak sehingga tidak dapat dipulihkan dan harus segera dicabut.

Mencabut gigi dapat membuat celah yang memungkinkan gigi yang lain bergeser. Jika mungkin, pertimbangkan untuk mendapatkan jembatan atau implan gigi untuk mengganti gigi yang hilang.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat gigi berlubang. Bersiaplah, jika gigi harus dicabut ya.

Artikel Terkait