FASHION & BEAUTY
4 Oktober 2019

Ajaib, Ini 6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan!

Yuk, penuhi kecukupan konsumsi air putih setiap hari untuk mendapatkan banyak manfaatnya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Khasiat air putih bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Tubuh yang sebagian besar terdiri dari air sehingga dalam seharinya konsumsi air putih sangat penting untuk menghidrasi tubuh sehingga semua organ dapat berfungsi normal.

Banyak juga, lho, selebritas dunia yang concern terhadap konsumsi air putih, salah satunya Beyonce.

“Saya mencoba untuk merawat diriku dengan minum banyak air putih bersama lemon setiap harinya,” ujar Beyonce.

Jadi, sekarang Moms tahu, ya, rahasia Beyonce bisa fit setiap harinya dengan kulit yang cerah, salah satunya karena mengonsumsi cukup air putih setiap harinya.

Ya, minum air putih bukan hanya dapat menyehatkan bagian organ dalam tubuh, tapi juga bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut.

Sama seperti organ tubuh yang lain, kulit juga terbuat dari beberapa sel. Sel-sel kulit seperti sel organ lainnya membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik.

“Ketika Anda minum air, hal itu tidak secara otomatis masuk ke dalam kulit. Air akan menghidrasi sel-sel yang pernah diserap ke dalam aliran darah dan disaring oleh ginjal. Jadi pada tingkat sel, air minum sangat bagus membersihkan sistem dan menghidrasi tubuh kita secara keseluruhan," ujar Margarita Lolis, MD, dokter kulit serta ahli bedah bersertifikat.

Berikut ini beberapa manfaat minum air putih untuk kecantikan yang patut Moms ketahui.

1. Menjaga Kelembapan

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - melembabkan kulit.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang pertama adalah menjaga kelembapan kulit. Air sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting ke sel-sel kulit.

Air dapat mengisi jaringan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

2. Menunda Munculnya tanda Penuaan

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - menunda tanda penuaan.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencegah penuaan. Konsumsi air ternyata juga dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus.

Air merupakan pengganti yang sempurna untuk perawatan anti penuaan.

Air dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik dan membuatnya lebih cerah, sehingga meningkatkan warna kulit. Untuk kulit yang lembut dan kenyal, minumlah air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

3. Meminimalisir Gangguan pada Kulit

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - meminimalisir gangguan pada kulit.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah meminimalisir gangguan kulit. Dengan minum cukup air setiap hari dapat mengurangi risiko gangguan kulit, seperti psoriasis, keriput hingga eksim.

Air pun dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hasil akhirnya dapat berpengaruh dalam memberikan kulit yang sehat dan bercahaya.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

4. Untuk Pertumbuhan Rambut

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - pertumbuhan rambut.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk pertumbuhan rambut. Air adalah bahan alami yang mendukung konsumsi vitamin dan membantu pertumbuhan rambut sehat.

Air menghasilkan hampir ¼ dari berat sehelai rambut, oleh karena itu minumlah dua liter air setiap hari untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan sehat.

5. Untuk Kelembapan Rambut

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - melembabkan rambut.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk kelembapan rambut. Rambut akan tumbuh subur di lingkungan yang kaya kelembaban dan air adalah salah satu cara terbaik untuk melembabkannya. Sama seperti kulit, rambut pun juga perlu dilumasi dari dalam ke luar.

Dehidrasi berdampak langsung pada pertumbuhan rambut. Kurangnya kelembaban menyebabkan rambut kering dan rapuh.

6. Menghilangkan Masalah Rambut

Manfaat minum air putih untuk kecantikan - mengatasi masalah rambut.jpg

Manfaat minum air putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah menghilangkan masalah rambut. Air memberi energi pada ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami kulit dan akar rambut.

Minum air putih ternyata juga dapat membantu menghilangkan masalah rambut seperti ketombe dan Dermatitis Seborrhea, lho, Moms!

Baca Juga: Ikuti 7 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Berikut Ini!

Untuk mendapatkan kulit dan rambut yang sehat tentu bukan bergantung pada minum air putih semata.

“Air minum memang dapat menghidrasi kulit Anda, tetapi hasilnya merupakan kombinasi dari makanan seimbang," kata Caroline Cederquist, MD, penulis The MD Factor Diet.

Hari ini sudah minum berapa gelas air putih, Moms?

(DI/ERN)

Artikel Terkait