JALAN-JALAN
10 Oktober 2019

Ajak Batita ke 4 Tempat yang Menghibur sekaligus Mendidik Ini Yuk!

Di empat tempat ini, si kecil akan belajar dan menikmati waktu jalan-jalannya bersama Mama
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Dari berbagai penjuru dan sudut kota, ada berbagai tempat rekreasi anak yang cocok untuk membawa si kecil karena tidak hanya menyenangkan tapi juga edukatif. Mama bisa mencari berbagai kegiatan luar rumah yang ramah batita di daerah Mama. Cek ide tempat dan aktivitas berikut serta cari tahu bagaimana Mama bisa benar-benar memaksimalkan kegiatan ini bersama si kecil

1. Kebun Binatang

shutterstock 725731291

Binatang adalah mahluk menggemaskan yang disukai anak-anak. Mengajak anak ke kebun binatang akan mendatangkan kegembiraan yang sangat berkesan. Apalagi kalau kebun binatang tersebut memperbolehkan pengunjung mengelus atau memberi makan hewan langsung.

Sebelum berangkat, persiapkan batita Mama dengan membaca buku bergambar binatang. Saat Mama masuk ke kebun binatang, biarkan si kecil menyamankan dirinya dulu untuk mendekati binatang. Jika dia terlihat cemas atau takut, jangan paksakan. Oh iya, jangan lupa membawa hand sanitizer untuk digunakan setelah Mama atau si kecil menyentuh binatang.

2. Perpustakaan

shutterstock 727220833

Tidak ada istilah terlalu dini untuk bergaul dengan buku. Ajak si kecil ke perpustakaan ramah anak dan biarkan dia memilih sendiri buku untuk dilihat gambarnya atau dibacakan oleh Mama. Mendengarkan Mama membacakan buku untuknya, apalagi jika dia yang memilih sendiri dongengnya, akan membuat anak tergerak untuk bisa membaca seperti mama atau papanya. Melakukan hal ini bisa membantu memulai kebiasaan membaca yang baik dan akan berlanjut hingga dia dewasa. Nah, sepulangnya dari perpustakaan, jangan heran jika dia mengajak Mama belok ke toko buku setiap kali ke mall.

3. Taman

shutterstock 730505815

Taman reservasi nasional atau taman lokal yang kecil adalah tempat bagus untuk berjalan kaki bersama anak sambil menikmati udara segara. Di taman ini akan ada banyak hal yang bisa dilihat, dicium, dan disentuh sepanjang jalan oleh anak. Sebelum ’turun lapangan’, ajak batita Mama melihat-lihat foto seputar alam, pepohonan, rumput, dan kolam. Jangan lupa menunjukkan kepadanya bagaimana serunya mencium harum bunga atau merasakan tekstur kulit kayu yang kasar. Ini akan mengasah kemampuan inderanya.

Baca juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

4. Museum

shutterstock 725737459

Jika Mama cukup beruntung tinggal di dekat museum yang ramah anak, misalnya museum transportasi atau museum IPTEK, pastikan Mama memanfaatkan tempat edukasi anak ini dan merasakan aktivitas langsung yang ada di sana. Si kecil bisa meningkatkan kemampuan motorik halusnya dengan bermain memutar tombol dan menarik tuas di pameran kereta api atau mempelajari konsep kincir angin di museum tersebut. Mama dapat menunjukkan bagaimana cara sesuatu bekerja dan mengenalkannya pada serangkaian kemampuan baru yang bisa Mama latih bersama di rumah. Biarkan dia bereksplorasi dan merasakan semua hal yang boleh dicoba di museum tersebut.

Nah, Mama mau ajak si kecil ke mana duluan, nih?

(ECH)

Artikel Terkait