2-3 TAHUN
14 April 2019

Ajarkan 4 Prinsip Dasar Ini Agar Si Kecil Dapat Tumbuh Sopan

Agar ia tumbuh dengan empati, etika, dan penuh sopan santun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Belakangan, sepertinya sering terdengar perilaku anak yang senang meledek atau menyiksa anak orang lain ya, Moms? Jika diperhatikan, perilaku bullying semacam itu biasanya berawal dari orang tua yang kurang mengajarkan prinsip pada balita. Akhirnya anak menjadi tidak tahu cara menjaga etika, bersopan santun serta menghargai orang lain.

Memang diperlukan waktu dan disiplin yang tidak sedikit untuk mengajarkan balita tentang etika dan sopan santun sejak dini. Tapi bila diajarkan sejak dini, balita nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang santun dan sopan. Yuk, lihat prinsip apa saja yang bisa Moms ajarkan.

1. Prinsip cinta & kasih sayang

ajarkan 4 prinsip dasar ini agar si kecil dapat tumbuh sopan 1
pinterest

Semua orang tua pasti mencintai anaknya, tapi tidak semua orang tua mampu menunjukan rasa cinta tersebut pada buah hati. Ada orang tua yang terlihat dingin pada anaknya, tidak pernah memeluk, memuji atau sekedar mengobrol misalnya. Hal tersebut sebenarnya berbahaya lho Ma, karena balita akan merasa tidak dianggap dan tidak dicintai oleh orang tuanya.

Maka dari itu, mulai tunjukkan secara nyata rasa cinta dan kasih sayang Moms pada balita. Berikan pelukan hangat, cium kening, dan berikan senyum terbaik untuknya setiap hari, karena berbagai hal sederhana ini secara tidak langsung akan membuat balita tahu kalau mengasihi orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan.

2. Prinsip kejelasan & kejujuran

ajarkan 4 prinsip dasar ini agar si kecil dapat tumbuh sopan 2
Today's Parent

Di zaman sekarang, nilai kejujuran bisa dibilang sebagai barang yang sangat langka dan begitu berharga. Prinsip jujur terhadap diri sendiri dan orang lain sebaiknya memang harus dilatih sejak dini, agar terus terbawa hingga balita dewasa nanti.

Untuk mengajarkan prinsip kejelasan dan kejujuran ini, Moms bisa meminta balita untuk menaati peraturan yang ada dirumah. Apabila balita melanggar, minta untuk jujur mengatakan apa adanya dan dengarkan penjelasannya. Jangan langsung memarahi balita yang melakukan kesalahan, karena hal tersebut hanya akan mendorongnya untuk berbohong dan mengaburkan fakta.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Menjadi Pelaku Bullying

3. Prinsip punishment & reward

ajarkan 4 prinsip dasar ini agar si kecil dapat tumbuh sopan 3
parent4success.com

Membiasakan Si Kecil berada dalam sistem punish and reward akan membuatnya sadar bahwa perilaku baik layak diberi hadiah, dan perilaku buruk akan mendapatkannya hukuman. Dengan begitu, dia menjadi tahu mana tindakan yang baik dan mana yang buruk.

Tapi hati-hati, ajarkan prinsip punish and reward ini dengan bijaksana dan terarah untuk menumbuhkan kesadaran sopan santun dalam dirinya. Jangan sampai balita malah jadi memiliki pola pikir 'berlaku baik untuk mendapatkan hadiah', sehingga lupa dan masa bodoh dengan sopan santun.

4. Prinsip memberikan contoh yang baik

ajarkan 4 prinsip dasar ini agar si kecil dapat tumbuh sopan 4
ThoughtCo

Tentu saja, semua prinsip yang akan diajarkan pada Si Kecil tidak akan diikuti apabila tidak disertai dengan contoh yang baik. Percuma saja Moms mengajarkannya prinsip di atas kalau Moms sendiri tidak melakukannya. Si Kecil tidak akan mengerti nilai dasar dari prinsip tersebut, dan tidak akan mengikutinya.

Yuk, mulai berikan contoh nyata tentang semua prinsip yang Moms ajarkanpada Si Kecil. Moms bisa menunjukkan caranya menjadi pribadi yang penuh sopan santun, mempunyai etika dan peduli terhadap sesama, dari hal kecil dan sederhana dalam keseharian.

Selain belajar membaca dan menulis, etika dan sopan santun juga merupakan hal yang wajib diajarkan pada Si Kecil sejak dini. Tanpa hal ini, mustahil dia dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Nah, prinsip mana yang akan Moms ajarkan pertama pada Si Kecil?

(WA)

Artikel Terkait