JALAN-JALAN
23 Juni 2019

Akan Ditetapkan Sebagai Destinasi Gastronomi, Ini Dia Daftar Kuliner Enak di Ubud

Ada yang kangen Ubud Moms? Atau Moms mau liburan di Ubud?
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Carla Octama

Moms, ada kabar baik datang dari Pulau Dewata Bali. Organisasi Pariwisata Dunia PBB atau UN World Tourism Organization (UNWTO) mengabarkan kalau salah satu kecamatan di Bali akan ditetapkan sebagai destinasi gastronomi dengan standar dunia atau global. Sudah ada yang bisa menebak kecamatan mana Moms?

Iya betul Moms. Kecamatan Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali saat ini sedang dinilai oleh tim UNWTO dalam tahapan penetapan sebagai Destinasi Gastronomi Tingkat Dunia.

Proses pengajuannya sudah dilakukan selama tiga tahun oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Bawa Sambal ke Luar Negeri, Joe Taslim Promosikan Kuliner Indonesia

Apa Sih Maksud Gastronomi Itu?

kuliner ubud

Foto: indonesia.travel

Gastronomi atau istilah lainnya adalah tata boga adalah sebuah seni atau ilmu makanan yang baik.

Menurut kamus Oxford, gastronomy adalah praktik seni memilih, memasak, dan eating good food.

Lebih singkatnya, gastronomi merupakan kumpulan dari semua hal yang berhubungan dengan kenikmatan dari makanan dan minuman.

Untuk penilaian standar dunia gastronomi dari UNWTO menyebutkan, kalau ragam variasi makanan dan minumannya harus menggunakan bahan atau produk lokal yang terdapat di daerah tersebut.

Selain itu, kenikmatan dari makanan dan minumannya juga harus berhubungan dengan tradisi dan budaya daerah setempat.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

Ini Dia Daftar Kuliner Enak di Ubud

Nah mau tahu Moms kuliner apa saja sih yang enak di Ubud, sampai-sampai UNWTO datang untuk menilai kawasan ini? Ini dia daftar dan penjelasan singkatnya:

1. Kafe Kopi (Seniman Coffee Studio, Pomegranate Café, Kopi Kats)

kuliner ubud

Foto: instagram.com/senimancoffee/

Ada banyak kafe kopi yang bisa Moms temui di Ubud, mulai dari yang ramai dan mainstream sampai yang tersembunyi (hidden gems).

Seniman Coffee Studio menjadi salah satu kafe sekaligus galeri mini yang cukup ramai didatangi wisatawan, sedangkan Pomegranate Café cocok buat Moms yang menginginkan suasana persawahan.

Lalu ada Kopi Kats yang mempunyai kualitas kopi enak namun dengan harga yang ramah kantong.

2. Menu Babi (Naughty Nuri’s, Babi Guling Bu Oka, Babi Bagus)

kuliner ubud

Foto: instagram.com/naughtynurisseminyak/

Bagi wisatawan non-Muslim, Bali memang menjadi idaman untuk menyantap kuliner babi. Pertama ada Naughty Nuri’s yang sebagai salah satu tempat makan babi di Ubud yang menjadi bucket list para pecinta kuliner.

Selain itu tidak kalah populer ada Babi Guling Bu Oka yang juga selalu menjadi incaran santap nikmat di Ubud. Selain itu untuk harga yang lebih terjangkau, Moms bisa mencoba menu babi di Babi Bagus.

Baca Juga: Daging Ayam vs Daging Bebek, Mana yang Lebih Sehat?

3. Menu Bebek dan Ayam (Bebek Tepi Sawah, Bebek Bengil, Ayam Betutu Pak Sanur)

kuliner ubud

Foto: instagram.com/bebektepisawah_smd/

Tenang, bagi Moms yang Muslim tetap bisa kok menikmati sajian daging di Ubud. Moms bisa mendatangi beberapa tempat makan yang menyajikan menu bebek atau ayam.

Bebek Tepi Sawah dan Bebek Bengil juga menjadi bucket list dari wisatawan yang singgah ke Ubud. Selain itu, bagi yang tidak suka bebek, maka Ayam Betutu Pak Sanur cocok menjadi pilihan yang tepat.

4. Tempat Makan Unik (Kebun Bistro, Swept Away, bridges)

kuliner ubud

Foto: instagram.com/kebunbistro/

Tidak salah memang Ubud akan ditetapkan sebagai Destinasi Gastronomi Dunia, menyebutkan tempat makan di Ubud seperti tidak ada habisnya. Kali ini adalah daftar tempat makan unik yang bisa disambangi saat Moms berada di Ubud.

Kebun Bistro cocok bagi Moms yang ingin santap siang ala Prancis namun dengan ragam menu lokal yang tidak kalah menarik.

Bagi Moms yang menginginkan suasana romantis, maka Swept Away atau bridges cocok menjadi pilihannya.

Baca Juga: Sedang Tren, Es Krim Hitam yang Ternyata Bisa Buat Mama Ketagihan

5. Dessert (Gelato Secrets, Frozen Yogi, Tukies Café)

kuliner ubud

Foto: instagram.com/gelatosecrets/

Setelah menikmati sajian berat, kini saatnya menyantap hidangan penutup. Ubud pun handal dalam urusan ini. Moms bisa mencicipi berbagai rasa es krim di Gelato Secrets atau Frozen Yogi.

Lalu ada Tukies Café bagi Moms penggemar berat kelapa, karena di sini semua dessert-nya terbuat dari bahan kelapa. Woaaaa menarik ya Moms!

Tuh Moms, enak-enak ya kuliner Ubud di atas. Nah, jika Ubud berhasil melewati penilaian UNWTO untuk menjadi Destinasi Gastronomi Dunia pertama di tahun 2020, maka tidak menutup kemungkinan kalau banyak daerah lain di Indonesia yang dapat menyusul seperti Bandung dan Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang).

(IRN)

Artikel Terkait