JALAN-JALAN
11 Februari 2019

Akan Segera Diresmikan, Begini 5 Kelebihan MRT Jakarta

Apa sih hebatnya MRT Jakarta yang dinanti-nantikan oleh warga Jakarta ini? Simak yuk Mom’s.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky
Foto : instagram.com/mrtjkt/

Akhirnya, setelah hampir 24 tahun, Jakarta akan memiliki transportasi massal berbasis rel subway, yaitu Mass Rapid Transit (MRT).

Moms dan keluarga akan bisa menikmati MRT Jakarta yang akan beroperasi pada akhir Maret 2019 mendatang.

Lalu, apa sih hebatnya MRT Jakarta yang dinanti-nantikan oleh warga Jakarta ini? Simak yuk Mom’s.

1. Bebas Macet

banner lokomotif kereta

Adanya MRT tentunya akan mengurangi kemacetan yang ada di Ibukota. Apalagi di dalam satu rangkaian MRT yang terdiri dari enam gerbong ini dapat menampung hingga 1.900 orang.

Di dalam satu gerbong MRT, terdapat 50 kursi penumpang. Sedangkan ruang kosong di dalamnya mampu menampung hingga 150 orang penumpang. Jadi total sebanyak 300 orang bisa muat di dalam satu gerbong.

Tapi tenang Moms, jangan takut berdesak-desakan, karena kereta MRT Jakarta akan tiba di stasiun setiap 5 menit sekali. Kini, penumpang tidak perlu memaksakan diri untuk naik di satu kereta yang dirasa sudah penuh.

Baca Juga: 5 Pulau Cantik Dekat Jakarta yang Layak Jadi Alternatif untuk Berlibur

2. Nyaman dan Bebas Guncangan

perkembangan pembangunan mrt fase i antarafoto ratio 16x9

MRT Jakarta di desain untuk bergerak dengan kecepatan tinggi namun tetap dengan gerakan yang stabil dan tanpa hentakan. Bahkan, saat berdiri di dalamnya, kita tidak perlu berpegangan pada pegangan tangan saat MRT sedang melaju.

Begitu juga saat kereta MRT ini sedang menanjak dari rel bawah tanah menuju rel layang, tidak ada guncangan yang mengganggu. Berbelok pun sangat terasa amat mulus saat menaiki MRT Jakarta ini, rasa nyaman akan tercipta saat Moms dan Si Kecil menaikinya.

3. Ramah Ibu Hamil, Balita, dan Disabilitas

pondok indah kawasan warga bisa siap siap coba.width 800

Di dalam MRT juga disediakan kursi prioritas untuk Ibu hamil, Ibu membawa bayi, lansia, dan anak-anak. Kursi prioritas di dalam MRT berwarna biru tua yang terdapat pada bagian ujung kereta.

Selain itu, MRT juga didesain untuk penyandang disabilitas dengan adanya blok taktil di peron, lift dengan huruf braille, toilet yang memudahkan pengguna kursi roda, ruangan khusus di dalam gerbong, dan bahkan ketinggian lubang mesin penjual tiket yang disesuaikan dengan pengguna kursi roda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kopi Susu Hits di Jakarta, Sudah Coba?

4. Aman dan Mudah Informasi

stasiun lebak bulus eksterior

MRT Jakarta juga dilengkapi dengan fitur voice over yang berguna untuk menginformasikan lokasi terkini di mana MRT itu sedang berada.

Voice over ini juga akan memberitahukan tentang nama stasiun pada pemberhentian berikutnya. Selain itu, terdapat papan informasi yang berisi rute evakuasi jika terjadi masalah darurat.

Di dalam setiap gerbong MRT juga dilengkapi dengan CCTV (Closed Circuit Television), Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan intercom. Semuanya dihadirkan dalam menciptakan rasa aman saat kita sedang menggunakan MRT Jakarta ini.

5. Pengalaman Berbeda

1246186390

Salah satu hal yang menarik dari MRT Jakarta adalah kita akan merasakan dua suasana sekaligus, suasana Jakarta dari atas dan suasana bawah tanah.

Jika Moms melakukan perjalanan dari rel bawah tanah Stasiun Senayan, MRT akan menanjak menuju ke Stasiun Sisingamangaraja, di mana stasiunnya berada di atas.

Sudah tidak sabar ya Moms? Yuk kita nantikan kereta MRT ini dibuka pada akhir bulan Maret 2019 mendatang. Selamat bepergian Moms.

(IRN)

Artikel Terkait