DI ATAS 5 TAHUN
16 April 2019

Agar Anak Tidak Bosan Menunggu Buka Puasa, Lakukan 4 Aktivitas Ini!

Kegiatan ini menyenangkan untuk dilakukan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Amelia

Di bulan Ramadan ini, Moms tentu ingin menjadikan momen yang sakral dan tetap berkesan untuk keluarga. Apalagi dengan melibatkan Si Kecil, ibadah Ramadan akan jadi lebih berwarna.

Jika anak baru pertama kali berpuasa penuh, mungkin menjadi hal yang sedikit sulit, apalagi saat-saat menunggu berbuka puasa.

Namun, Moms bisa mengajaknya melakukan kegiatan sembari menyambut waktu buka puasa. Beberapa ide kegiatan ini dapat membantu anak tak terus menerus menghitung waktu berbuka, sambil membuatnya merasakan momen spesial di bulan Ramadan.

Baca Juga: Perlukah Memberikan Suplemen Makanan untuk Anak?

1. Baca Buku Favorit Si Kecil

kegram1

Foto: mummypages.co.uk

Moms bisa membacakan buku favorit Si Kecil, atau, baca buku dengan tema bernuansa Ramadan.

Seperti kisah para nabi, atau cerita seorang anak yang menjalani hari puasa pertama mereka.

Selain membantu anak agar tak bosan menunggu buka puasa, Moms juga mengajarkan nilai-nilai Ramadan yang menambah pengetahuannya.

2. Mendekorasi Rumah dengan Nuansa Ramadan

kegram2

Foto: cachecrazy.com

Hiasan bintang-bintang dan bulan sabit menghidupkan rumah keluarga Moms selama ibadah Ramadan ini.

Libatkan Si Kecil dengan membuat hiasan dari kertas untuk digantung di tembok, atau di dalam kamarnya. Moms juga bisa mengantungkan lampu LED kedip putih di kamar SI Kecil, sehingga terasa lebih istimewa.

Moms juga dapat membangun kegembiraan buah hati untuk Idul Fitri dengan menampilkan dekorasi kalender hitung mundur di rumah. Setiap hari Ramadan usai, anak-anak dapat mencoret tanggal di kalender.

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Puasa

3. Ajak Si Kecil Membantu Hidangkan Makanan Buka Puasa 

kegram3 2

Foto: fitnessandwellnessnews.com

Memasak bersama keluarga menciptakan momen sempurna saat bulan Ramadan. Plus, kegiatan ini bisa mengajarkannya cara menyiapkan hidangan.

Ajak Si Kecil dengan memintanya memilih hidangan buka puasa apa yang ia inginkan. Jika Moms berencana membuatnya sendiri, libatkan anak untuk membantu Moms di dapur. Pastikan berikan ia tugas yang bisa dikerjakan dan tidak berbahaya ya, Moms.

Baca Juga: Bukan Karena Suruhan, Ini 5 Tips Agar Anak Paham dan Mau Berpuasa

4. Memberikan Makanan Kepada Tetangga

kegram4

Foto: totalimageconsultant.com

Bulan Ramadan adalah saatnya berbagai kebaikan, termasuk dengan para tetangga di lokasi tempat tinggal Moms. Ini membuat Moms bisa membangun hubungan yang baik antar sesama di bulan Ramadan.

Ajarkan pentingnya nilai ini kepada anak, bahwa sebuah keluarga dapat memiliki perasaan kebanggaan pada agama, perayaan, dan budaya sendiri tanpa memisahkan diri dari orang lain atau menjauhkan orang lain.

Moms bisa mengajaknya memberikan menu makanan buka puasa kepada tetangga di sekitar rumah, sembari mengajaknya berkenalan dengan tetangga yang dikunjungi.

Nah, itu dia beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan Si Kecil dan keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa. Mengajarkan Si Kecil kebaikan dapat bermanfaat baginya ketika dewasa!

(AP/INT)

Artikel Terkait