2-3 TAHUN
25 Maret 2019

Yuk Coba 5 Aktivitas Latihan Keseimbangan Tubuh Untuk Balita 3 Tahun!

Latih keseimbangan tubuh balita agar perkembangan motoriknya semakin baik
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Mengasah kemampuan motorik memang penting, tapi jangan lupakan latihan keseimbangan tubuh untuk balita ya, Moms.

Latihan keseimbangan tubuh perlu terus dilatih untuk menguatkan core, mengasah konsentrasi, kekuatan otot, dan proses sensori tubuh balita agar perkembangan motoriknya lebih lancar.

Menurut Kid Sense Child Development, dengan keseimbangan yang baik maka tubuh balita bisa berfungsi dengan efektif di segala posisi, bergerak lebih luwes, dan tidak gampang cedera saat berolahraga dan beraktivitas.

Yuk, ajak Si Kecil mencoba beberapa latihan balita berikut agar keseimbangan tubuhnya semakin baik.

1. Berdiri dengan Satu Kaki

5 aktivitas latihan keseimbangan tubuh untuk balita 2 tahun 1sss (1)

Foto: romper.com

Walau gerakannya terlihat sederhana, tidak semua langsung bisa melakukannya lho, Moms.

Jadi untuk awal sebaiknya dilakukan di dekat dinding agar Si Kecil bisa sedikit berpegangan bila perlu.

Setelah terbiasa, secara bertahap tantang anak untuk melakukannya dengan menjauhi dinding sedikit demi sedikit sampai akhirnya dia tidak perlu berpegangan.

Alternatif lainnya, Moms bisa memintanya berdiri dengan satu kaki di lantai dan satu kaki di atas bangku pendek setinggi 10-15 cm. Setelah terbiasa, Moms bisa mengganti bangku dengan bola kecil.

2. Yoga

5 aktivitas latihan keseimbangan tubuh untuk balita 2 tahun 1sss (2)

Foto: happybabyla.com

Moms pasti tahu kalau yoga dapat melatih kelenturan tubuh dan membuat pikiran tenang, tapi beberapa pose yoga juga ternyata cocok dijadikan latihan balita lho, Moms.

Jadi tidak ada salahnya Moms sesekali mengajak buah hati latihan keseimbangan tubuh dengan pose pohon, kucing, sapi, gunung, pesawat, atau downward-facing dog.

Baca Juga: Yuk Kenali Banyak Manfaat Yoga Untuk Anak

3. Main Jingkat

5 aktivitas latihan keseimbangan tubuh untuk balita 2 tahun 1sss (5)

Foto: familiesmagazine.com.au

Permainan tradisional Indonesia yang juga dikenal dengan nama sondah, engklek, dan hopscotch ini juga bisa jadi latihan keseimbangan tubuh balita yang menyenangkan, Moms.

Dalam permainan ini, balita harus menggunakan keseimbangannya untuk melompat dengan satu kaki dan mendarat dengan sukses di kotak yang sudah diberi nomor.

4. Dance & Freeze

5 aktivitas latihan keseimbangan tubuh untuk balita 2 tahun 1sss (4)

Foto: fatbraintoys.com

Setiap balita pasti suka menari dengan diiringi lagu kesukaannya.

Untuk latihan keseimbangan tubuh, berikan tantangan pada Si Kecil untuk langsung membeku alias berhenti bergerak saat musik berhenti.

Baca Juga: 4 Efek Buruk Gimnastik Bagi Tubuh Anak Dalam Masa Pertumbuhan

5. Loncat Batu

5 aktivitas latihan keseimbangan tubuh untuk balita 2 tahun 1sss (3)

Foto: momjuction.com

Batu pijakan di kebun atau halaman rumah juga bisa jadi sarana latihan balita.

Moms bisa menantang buah hati untuk berpindah ke setiap pijakan tanpa menyentuh tanah untuk melatih keseimbangannya.

Latihan keseimbangan balita ini juga bisa dilakukan di dalam rumah dengan bantuan hula hoop atau lembaran kardus, tapi pastikan permukaan lantai aman dan tidak licin ya, Moms.

Jadikan latihan keseimbangan tubuh balita sebagai aktivitas yang seru dan menyenangkan agar anak tidak bosan melakukannya!

Kira-kira, aktivitas apalagi yang bisa dilakukan untuk melatih keseimbangan balita ya, Moms?

(WA)

Artikel Terkait