KESEHATAN
9 Oktober 2019

Aktivitas Padat Setiap Hari? Konsumsi 5 Makanan Penambah Energi Tinggi Berikut Ini!

Pisang yang berenergi cocok dimakan saat sarapan dengan segelas susu atau yogurt.
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Untuk menjalani aktivitas sehari-hari, Moms tentu membutuhkan energi yang cukup agar dapat melakukan pekerjaan rumah tangga atau kantor dengan optimal.

Biasanya, untuk mendapatkan dorongan energi ini, seseorang akan mengonsumsi kopi, atau camilan manis.

Tetapi tentu saja, terlalu banyak kafein dan camilan akan memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Kari Kooi, RD, ahli diet terdaftar dari Houston Methodist Weight Management Center, Texas, mengatakan bahwa makanan ringan yang meningkatkan energi adalah yang kaya protein, serat, dan karbohidrat kompleks.

"Ketika Anda makan kombinasi makanan ini, energi dari makanan itu dilepaskan ke dalam aliran darah, dan membuat Anda terus menyala selama berjam-jam," jelasnya mengutip Everyday Health.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan energi agar kuat beraktivitas dalam waktu lama.

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

1. Kacang Almond

Obat kolesterol alami tradiional - almond.jpg

Kacang almond mengandung nutrisi penting, seperti magnesium dan vitamin B, yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

"Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar magnesium rendah cenderung cepat lelah selama berolahraga karena peran magnesium dalam metabolisme energi," jelas Rachel Berman, RD, CDN, penulis "Boosting Your Metabolism for Dummies".

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kelelahan, mudah marah, dan konsentrasi yang buruk. Konsumsi sekitar 23 kacang untuk menjaga pasokan energi.

2. Popcorn

Microwaved_popcorn_bag-1296x728-header.jpg

Popcorn lebih baik daripada camilan lainnya seperti keripik, karena ini adalah gandum utuh yang rendah kalori. Namun, hal ini berlaku bila tidak ditambahkan mentega, garam, atau karamel.

Popcorn juga memiliki ukuran yang lebih besar sehingga dapat membuat Moms merasa puas lebih lama daripada makan keripik dan kerupuk.

Baca Juga: 5 Menu Salmon Mentai Paling Enak di Restoran Jakarta

3. Ikan Salmon

Salmon Superfood yang Baik untuk Kulit -1.jpg

"Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yaitu nutrisi yang dapat mengurangi depresi serta meningkatkan mood," terang Berman.

Lemak sehat pada ikan salmon juga menyehatkan jantung, karena membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, jumlah protein pada ikan salmon yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama.

4. Pisang

Pisang

"Pisang adalah buah yang dipenuhi serat, vitamin B6, dan potasium. Ini adalah nutrisi yang meningkatkan energi dan fungsi otot," kata Berman.

Pisang sangat menarik dikonsumsi sebagai camilan sebelum atau sesudah berolahraga.

Moms bisa mengombinasikan pisang dengan segelas susu rendah lemak, atau dengan secangkir yogurt untuk kombinasi serat dan protein yang memberi tambahan energi untuk sarapan.

Baca Juga: 7 Olahan Pisang Goreng Kekinian yang Wajib Dicoba!

5. Oatmeal

Masker wajah alami kulit jerawat - masker oatmeal.jpg

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal menjadi alasan utama makanan ini dapat memberikan pasokan energi yang melimpah.

"Karena serat membutuhkan waktu lama untuk dicerna, makan oatmeal untuk sarapan akan memberikan energi sepanjang hari, dibandingkan dengan sarapan roti putih dan jeli," jelas Melinda Johnson, RD, presiden terpilih dari Arizona Academy of Nutrition and Dietetics.

Dengan kadar gula darah yang stabil, Moms akan merasa lebih berenergi dan fokus tanpa merasa perlu minum secangkir kopi di sore hari.

(AP/DIN)

Artikel Terkait