DI ATAS 5 TAHUN
25 Januari 2019

Alam Semesta Itu Luas! Yuk, Mulai Mengenalkan Astronomi Pada Balita

Astronomi adalah salah satu ilmu tertua di dunia lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti

Tidak pernah terlalu dini untuk mulai mengenalkan astronomi pada balita kok, Moms. Asyik juga kan, kalau bisa belajar lagu twinkle little star sambil membuka wawasan si kecil tentang luasnya alam semesta serta berbagai fenomena astronomi yang sering dilihatnya?

Apalagi, memberikan penjelasan di balik fenomena alam seperti matahari terbit atau taburan bintang di langit malam juga bisa memberikan banyak manfaat, seperti:
Memahami cara kerja dan ritme alam serta kehidupan.
Meningkatkan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan alam.
Mengenalkan tentang berbagai mitologi kuno.
Meningkatkan imajinasi serta rasa ingin tahu.
Belajar dasar navigasi dan penentuan waktu.

Jangan khawatir Moms, menjelaskan astronomi untuk balita itu sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.
Ada beberapa cara seru yang bisa Moms coba, nih:

Melihat Fenomena Astronomi

screen shot 2019 01 24 at 11.14.34 pm

Foto : mydigitalshield.com

Untuk menumbuhkan ketertarikan dan rasa ingin tahunya, Moms bisa mulai dengan mengajak balita melihat fenomena astronomi yang sudah akrab dengan keseharian kita, yaitu matahari terbit dan matahari terbenam.
Jelaskan saja secara sederhana kalau keduanya bisa terjadi karena rotasi bumi dan revolusi bumi. Bila dia semakin penasaran, Moms bisa memberikan contoh sederhana dengan gambar atau menggunakan bola yang biasa digunakan untuk bermain.

Baca juga : Anak Bermain dengan Teman Imajinasi, Bolehkah?

Membaca Buku Tentang Astronomi

screen shot 2019 01 24 at 10.55.19 pm

Foto : Confessionsofastory.blogspot.com

Waktu cerita sebelum tidur juga bisa menjadi kesempatan untuk mengenalkan astronomi pada balita, Moms. Apalagi saat ini sudah banyak buku bertema astronomi untuk anak yang dituturkan dengan bahasa sederhana dan disertai ilustrasi yang mudah dipahami.
Moms bisa mulai dengan buku seperti George’s Secret Key to the Universe karya fisikawan ternama Stephen Hawking dan putrinya Lucy Hawking, atau National Geographic Little Kids First Big Book of Space.

Baca juga : 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

Mengunjungi Planetarium

screen shot 2019 01 24 at 10.57.41 pm

Foto : museumspaces.com

Alam semesta adalah tempat yang luar biasa besar dan menakjubkan, dan salah satu cara termudah untuk merasakan hal tersebut sekaligus menumbuhkan ketertarikannya pada astronomi adalah dengan mengunjungi planetarium.
Selain ada berbagai simulasi planet, tata surya, dan eksplorasi luar angkasa, biasanya planetarium juga menawarkan kesempatan untuk melihat langit melalui teleskop besar. Bisa bayangkan bagaimana serunya astronomi untuk balita kan, Moms?

Baca juga : Perbandingan Cita-Cita Anak Zaman Dulu vs Zaman Sekarang

Dekorasi Kamar Bertema Astronomi

screen shot 2019 01 24 at 11.02.25 pm

Foto : themerooms.blogspot.com

Mau membawa suasana planetarium dan luar angkasa ke rumah juga bisa lho, Moms. Bila ada waktu dan biaya, Moms bisa mendekorasi ulang kamar si kecil dengan tema astronomi.
Sebagai ide, Moms bisa menempelkan atau menggambar konstelasi, tata surya, maupun langit malam glow in the dark di langit-langit kamar tidur si kecil. Dijadikan wallpaper juga pasti seru sekali, Moms.

Baca juga : 10 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak yang Bisa Dipakai Hingga Remaja

Melihat Bintang

screen shot 2019 01 24 at 11.06.52 pm

Foto : holidayswithkids.com

Sudah pernah mengajak si kecil memperhatikan bintang alias stargazing belum, Moms? Bila langit malam sedang cerah dan bertabur bintang, segera ajak si kecil keluar rumah untuk melihatnya.
Tak perlu pakai teleskop dulu kok, Moms. Sebagai awal, ajak si kecil menghitung bintang yang ada di langit sambil melihat bentuk bulan. Setelah terbiasa, baru lanjutkan tentang berbagai konstelasi atau perubahan bentuk bulan.

Jangan khawatir kalau Moms belum banyak tahu tentang astronomi, karena ilmu astronomi Moms juga pasti akan ikut berkembang bersama si kecil.
Bagaimana menurut Moms, aktivitas seru apalagi yang cocok untuk mengenalkan astronomi pada balita?

Baca juga : Balita Bermain Dengan Hujan, Apakah Diperbolehkan?

(WA)

Artikel Terkait