GAYA HIDUP
23 September 2019

Alami dan Mudah, Ini 4 Perawatan Rambut Rontok yang Bisa Moms Lakukan

Ikuti beberapa tips berikut ini untuk mengatasi perawatan rambut rontok.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Memiliki rambut yang berkilau, lebat, indah, subur, dan sehat merupakan dambaan seluruh perempuan di dunia. Ya, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat kebersihan serta kesehatannya. Jangan sampai Moms mengalami beberapa gangguan pada rambut, salah satunya rambut rontok.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Sering menemukan rambut rontok setelah mencuci rambut atau menyisir? Memang kondisi ini termasuk hal yang normal. Namun apabila, rambut rontok secara berlebihan Moms perlu mewaspadainya.

Untuk sebagian orang, rambut rontok bisa sangat mengganggu dan mungkin cukup memalukan. Jangan khawatir, berikut 4 cara perawatan alami untuk mencegah rambut rontok yang bisa Moms lakukan.

Massage Hair

close-up-young-relaxed-woman-hair-salon_1262-3476.jpg

Foto: Freepik.com

Perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan adalah massage. Memijat kulit kepala dipercaya bisa membantu mengembalikan pertumbuhan rambut. Gunakan hair oil dan masker untuk melakukan hal ini.

Menurut US National Library Medicine National Institutes of Health, pijat rambut bisa merangsang kulit kepala dan meningkatkan ketebalan rambut. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menurunkan tingkat stres dan ketegangan. Luangkan waktu untuk memijat kulit kepala Moms setiap harinya, ya.

Lidah Buaya

aloe-vera-leaves-beauty-treatment_23-2148173833.jpg

Foto: Freepik.com

Lidah buaya juga merupakan bahan alami untuk perawatan rambut rontok. Kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya dapat mengurangi ketombe, membuka blokir folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih, dan membuat rambut jadi lebih sehat.

Oleskan daging lidah buaya ke kulit kepala dan rambut. Lakukan beberapa kali dalam seminggu. Moms juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Ternyata Berguna Untuk Menyehatkan Rambut

Jus Bawang

onions_53876-42875.jpg

Foto: rawpixel.com

Memang sedikit unik, tetapi konon katanya jus bawang bisa menjadi perawatan rambut rontok yang baik. Hal ini disebabkan adanya kandungan sulfur yang bisa membantu pertumbuhan rambut.

Dikutip dari WebMD.com, untuk mendapatkan jus bawang, Moms bisa menghaluskan bawang dengan blender dan peras hingga menjadi jus atau cairan. Oleskan di kulit kepala kurang lebih dua kali sehari, setelah itu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

Minyak Kelapa

food-3062139_960_720.jpg

Foto: Pixabay.com

Minyak yang satu ini merupakan salah satu sumber asam lemak yang bisa menembus atau menyerap ke dalam batang rambut dan mengurangi risiko rambut kehilangan proteinnya. Minyak kelapa bisa Moms gunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa dioleskan ke kulit kepala dan dilanjutkan dengan pijatan yang lembut. Diamkan selama semalaman dan cuci bersih rambut keesokan harinya.

(MA/KM)

Artikel Terkait