RUPA-RUPA
21 Juni 2019

Alami Kondisi Mendesak, Hubungi 6 Nomor Telepon Darurat Ini

Setelah dihubungi, bantuan akan segera datang
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat berada dalam kondisi darurat, siapa yang biasanya Moms hubungi? Kebanyakan dari Moms pasti menghubungi suami saat menghadapi kondisi darurat, kan?

Padahal, saat keadaan darurat, Moms harusnya menghubungi nomor darurat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Coba deh Moms cek di phonebook, apakah ada nomor-nomor darurat yang Moms simpan? Beberapa Moms mungkin sudah menyimpan nomor-nomor darurat. Tapi beberapa juga mungkin belum.

Nah, buat yang belum menyimpan nomor darurat, berikut ini daftar nomor darurat yang sebaiknya disimpan oleh Moms dan keluarga.

Jadi, dalam kondisi tertentu dan butuh pertolongan, Moms dan keluarga bisa langsung mendapatkan pertolongan. Disimak dan disimpan ya!

1. Panggilan Darurat

Amerika punya 911 yang bisa dihubungi saat kondisi darurat. Indonesia juga punya call center serupa 911. Namanya Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang menginisiasi nomor panggilan darurat tersebut.

Panggilan ke nomor tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis. Saat tidak punya pulsa, Moms juga bisa tetap menghubungi nomor tersebut.

2. Pertolongan Medis

iritasi-konsultasi dokter.jpg

Untuk mendapatkan pertolongan medis darurat, Moms tinggal menekan nomor telepon darurat 119. Nomor telepon darurat ini dihadirkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Panggilan Moms akan diterima oleh call center pusat yang nantinya akan diteruskan ke pelayanan medis terdekat.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Kepala Anak Terbentur

3. Ambulans Gawat Darurat (AGD)

Untuk mendapatkan layanan AGD, Moms hanya perlu menekan nomor telepon darurat 118.

Layanan ini hadir selama 24 jam dan akan segera datang sesaat setelah Moms menghubungi nomor tersebut.

4. Pemadam Kebakaran

Saat terjadi kebakaran, Moms dapat segera menghubungi 113. Dalam kurun waktu 15 menit, tim pemadam kebakaran akan datang ke lokasi untuk memberikan pertolongan.

5. Polisi

Saat Moms mengalami atau menyaksikan kecelakaan atau aksi kejahatan, langsung hubungi 110. Polisi akan langsung datang ke TKP untuk memberikan pertolongan.

Baca Juga: Bahaya Tersedak Bagi Otak dan Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

6. Dokter Keluarga

4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Dokter Anak Yang Pas Untuk Balita 4.jpg

Nomor telepon darurat lain yang harus Moms simpan adalah nomor telepon dokter keluarga. Dalam kondisi darurat, Moms bisa segera menghubungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Baca Juga: Agar Tak Histeris, Bujuk Balita dengan 5 Cara Ini Saat ke Dokter Gigi

Itulah nomor-nomor telepon darurat yang sebaiknya Moms simpan dalam phonebook di ponsel Moms. Jadi, saat mengalami kondisi darurat, tidak perlu panik, tinggal menelepon nomor darurat sesuai dengan kebutuhan Moms.

(AND)

Artikel Terkait