KESEHATAN
9 Desember 2019

5 Makanan Penyebab Migrain yang Harus Dihindari

Sebaiknya, hindari jenis makanan berikut ketika migrain menyerang, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sakit kepala menjadi gangguan kesehatan yang semua orang pasti pernah mengalaminya.

Sakit kepala ternyata ada jenis-jenisnya, salah satunya migrain. Berbeda dengan sakit kepala biasa, migrain dapat membuat rasa nyeri yang teramat sangat.

Jika Moms merasa nyeri kepala sebelah disertai nyeri pada otot leher dan menjadi sensitif terhadap cahaya, maka tanda tersebut menjadi gejala dari migrain.

Penyebab migrain bisa muncul secara tiba-tiba dan dipicu oleh banyak faktor, di antaranya stres, kurang tidur, kadar glukosa darah yang rendah, perubahan cuaca, kebiasaan konsumsi alkohol, pola makan atau mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Migrain sendiri adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi dan kebanyakan dialami oleh wanita.

Wanita yang mengalami fluktuasi hormon seperti saat menjelang menstruasi dan dalam periode kehamilan juga rentan mengalami migrain.

Baca Juga: Migrain Saat Menstruasi, Kenapa Bisa Terjadi?

Faktanya, seseorang yang menjalani diet ketat juga rentan mengalami migrain karena tubuh dapat kehilangan banyak nutrisi penting. Hal ini membuktikan bahwa pola makan memegang peranan dalam pemicu migrain itu sendiri.

Hindari Makanan Penyebab Migrain

Alami Migrain Hindari 5 Makanan Ini-2.jpg

Moms, saat mengalami migrain tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa tidak nyaman dan nyeri kepala bisa membuat produktivitas menjadi tidak maksimal.

Saat menyerang, ada baiknya Moms menghindari beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab migrain.

Dilansir dari American Migraine Foundation, jenis makanan atau tambahan lainnya yang memicu migrain tersebut di antaranya, yaitu:

1. Makanan yang banyak mengandung banyak natrium dapat memicu migrain.

Selain itu, makanan yang mengandung MSG atau pemanis buatan seperti aspartam juga dapat menyebabkan migrain.

2. Produk olahan susu, seperti cokelat dan keju ternyata juga dapat menjadi penyebab migrain. Sebaiknya perhatikan porsi yang kamu makan agar terhindar dari gangguan kesehatan ini.

Kandungan feniletilamin pada cokelat diduga menjadi penyebabkan makanan ini sebabkan migrain.

3. Produk olahan gandum seperti pasta dan roti juga memicu gejala migrain.

4. Minuman berkafein. Kafein memang terkenal dapat mengurangi risiko terkena migrain, tapi kenyataannya jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman berkafein dapat menyebabkan migrain.

5. Minuman beralkohol. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memicu migrain, terutama anggur merah.

Baca Juga: Wajib Simak, Begini 5 Cara Alami Mengobati Migrain

Tentunya tidak semua makanan dan minuman di atas menjadi penyebab migrain, melainkan setiap orang memiliki pemicunya masing-masing.

Jika ada makanan tertentu yang menjadi pemicu migrain, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Cara Mengatasi Migrain

Alami Migrain Hindari 5 Makanan Ini-3.jpg

Setelah mengetahui penyebab migrain, kini saatnya Moms memahami cara mengatasinya.

Penanganan sederhana ini dapat dilakukan sehari-hari, agar kualitas hidup tetap berjalan dengan baik, yaitu:

1. Selalu luangkan waktu untuk makan, walaupun dalam porsi yang kecil. Atur waktu makan harian, tentunya dengan gizi dan asupan nutrisi yang seimbang.

2. Selain waktu makan, atur jadwal untuk punya waktu tidur teratur dan waktu berolahraga. Kebiasaan ini nyatanya dapat membuat migrain lebih jarang untuk kambuh.

3. Cukupi cairan tubuh setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Perbanyak konsumsi air mineral dibandingkan minuman manis atau soda.

Baca Juga: Ketahui Gejala dan Pengobatan Migrain Saat Hamil Berikut Ini

Jika rasa nyeri migrain sangat mengganggu, Moms dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atau lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan pola makan untuk mencegah migrain, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait