KEHAMILAN
16 Juni 2020

3 Alasan Ibu Hamil Mengelus Perutnya, Bisa Membuat Rileks Juga

Ibu hamil suka mengelus perut bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi kepada Si Kecil dalam kandungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms tidak perlu menunggu sampai Si Kecil dalam kandungan untuk membangun keterikatan. Kehamilan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mulai membentuk keterikatan hubungan dengan Si Kecil, yang menjadi sangat penting untuk perkembangan mereka begitu telah lahir ke dunia.

Pada 2015, para peneliti dari Universitas Dundee di Skotlandia memeriksa 23 wanita hamil pada trimester kedua dan ketiga saat mereka melakukan tiga kegiatan yaitu berbicara, membelai perut mereka dan berbaring diam dengan tangan di samping.

Dengan menggunakan sonogram dan melacak pergerakan bayi di dalam rahim, para peneliti tidak hanya menemukan bahwa bayi bergerak paling banyak selama aktivitas menyentuh, tetapi juga bahwa mereka merespons sentuhan pada keadaan kehamilan yang jauh lebih awal daripada yang sebelumnya telah didokumentasikan.

Baca Juga: Adakah Bahayanya Jika Perut Kencang di Akhir Kehamilan?

Alasan Ibu Hamil Mengelus Perutnya

Gerakan Si Kecil dalam kandungan bisa dirasakan sekitar 18 minggu hingga 20 minggu. Jika ini merupakan bayi pertama Moms.

Nah, gerakannya bisa sangat meyakinkan setelah berminggu-minggu Moms penasaran dengan apa yang dilakukan Si Kecil dalam kandungan.

Berikut ini juga ada beberapa alasan ibu hamil suka mengelus perut:

1. Bentuk Komunikasi

mengelus perut saat hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kenapa ibu hamil mengelus perut bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi kepada Si Kecil dalam kandungan.

Hal ini sangat alami bagi ibu hamil untuk terus-menerus menyentuh perutnya karena itu menenangkan dan membelai perut bahkan dapat menenangkan bayi ketika ia bergerak atau menendang terlalu banyak.

Baca Juga: Sering Ajak Ngobrol Janin dan Mengelus Perut Saat Hamil Mampu Stimulasi Perkembangan Otak Bayi

2. Ringankan Keluhan Iritasi Kulit

kiat mengurangin gatal perut ibu hamil hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stocks

Alasan lain kenapa ibu hamil mengelus perut adalah karena iritasi kulit.

Saat benjolan kehamilan bertambah besar, kulit membentang membuatnya lebih kencang sehingga membuat Moms tidak nyaman.

Oleh karena itu, mengelus perut diyakini dapat meringankan keluhan tersebut.

3. Membuat Rileks

Ibu Hamil Mengelus Perut

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, mengelus perut adalah cara yang bagus untuk bersantai selama kehamilan.

Memijat perut, menggunakan minyak atau lotion pijat merupakan ide yang bagus. Banyak ibu menggunakan salep atau krim untuk menenangkan kulit perut mereka yang kering dan melar dan untuk mencegah terjadinya stretch mark.

Namun, tidak ada banyak bukti konklusif menggunakan krim dan salep untuk mengurangi stretch mark. Meski begitu, menggosok perut selama hamil bisa membuat rileks.

Baca Juga:Luar Biasa, Ini Manfaat Mengelus Perut saat Hamil

Untuk mendapatkan manfaat ibu hamil mengelus perut, diperlukan cara yang benar. Berikut ini cara agar Moms bisa mengelus perut hamil dengan benar:

  • Gunakan minyak atau krim dengan vitamin E. Jika ragu hubungi dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui jenis krim atau minyak yang baik digunakan.
  • Gunakan sapuan lembut dan lembut saat Moms memegang daerah perut. Jangan menggunakan tekanan keras atau keras di sekitar panggul.
  • Mulailah memijat dari samping kemudian membimbing tangan Moms ke arah pusar. Gunakan guratan lingkar kecil saat Moms mebuat huruf O dan C kecil dengan telapak tangan.
  • Jangan lupa perhatikan pola pernapasan Moms untuk mendapatkan manfaat maksimal dari elusan di perut. Ambil napas perlahan dan dalam serta rasakan seolah Moms dan Si Kecil selaras satu sama lain.
  • Jika Dads membantu memijat, pastikan Moms berbaring miring. Gunakan bantal untuk menopang benturan dan lutut demi kenyamanan yang maksimal.

Baca Juga:Deretan Manfaat Jika Ayah Rutin Mengusap Perut Ibu Hamil

Merasa Si Kecil dalam kandungan bereaksi saat Moms mengelus perut adalah cara ampuh untuk menjalin ikatan dengannya, terutama selama bulan-bulan kehamilan ketika Moms sangat ingin bertemu Si Kecil.

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai menunjukkan rasa cinta serta kasih saying kepada manusia mungil dalam perut yang akan memiliki hati Moms selamanya.

Artikel Terkait