KEHAMILAN
12 Juni 2020

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Rasa sakit merupakan salah satu alasan menggunakan sabuk kehamilan terutama di trimester kedua dan ketiga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tentunya, Moms menyukai tonjolan perut berisi Si Kecil dalam kandungan yang tengah tumbuh.

Namun, tidak dengan rasa sakit yang menyertainya atau disebut juga sebagai nyeri ligament yang biasanya terjadi setelah minggu ke-14 kehamilan, saat rahim membesar dan mulai tumbuh keluar dari panggul.

Menurut Asisten direktur UPMC Magee-Womans Hospital Womancare Associates di Pittsburgh, April Dunmyre, ibu hamil akan mengalami nyeri tersebut selama trimester kedua dan ketiga.

Sehingga, saat itu pula sabuk kehamilan dibutuhkan.

Baca Juga: Manfaat Maternity Belt Saat Hamil Trimester Kedua, Perhatikan Juga Cara Pakainya

Alasan Menggunakan Sabuk Kehamilan

Sabuk kehamilan dirancang untuk mendukung punggung bawah dan perut selama kehamilan.

Sabuk ini memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil yang amat aktif. Berikut ini alasan menggunakan sabuk kehamilan lainnya, yaitu :

1. Kurangi Rasa Sakit

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, nyeri punggung dan sendi selama kehamilan bisa membuat sedikit frustasi dan membuat sulit untuk lebih aktif dalam kegiatan harian. Sebuah studi Spine Journal menyelidiki prevalensi nyeri punggung dan panggul selama kehamilan.

Mereka menemukan bahwa 71 persen ibu hamil melaporkan nyeri punggung bawah, dan 65 persen melaporkan nyeri panggul.

Sehingga, alasan menggunakan sabuk kehamilan yaitu dapat membantu mendukung punggung bawah dan baby bump selama aktivitas, yang menyebabkan berkurangnya rasa sakit secara keseluruhan.

Baca Juga: Maternity Belt, Pentingkah Untuk Ibu Hamil?

2. Kompresi Lembut Selama Aktivitas

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, pernah mencoba berlari tanpa menggunakan bra olahraga? Prinsip yang sama berlaku untuk tonjolan perut tempat Si Kecil sedang tumbuh.

Sabuk kehamilan dapat membantu dukungan rahim dan mengurangi ketidaknyamanan dari gerakan selama aktivitas fisik.

Namun, terlalu banyak kompresi pada perut dapat mengganggu sirkulasi, dan itu dapat menyebabkan efek negatif pada tekanan darah. Sehingga, berkontribusi untuk sakit maag dan gangguan pencernaan.

3. Rasa Nyaman dalam Beraktivitas

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Foto: Orami Photo Stocks

Olahraga selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif. Sebuah studi dalam Currents Reviews ini Musculoskeletal Medicine menunjukkan bahwa olahraga prenatal memiliki efek positif pada kesehatan.

Di sisi lain, Menurut American College of Obstetricians dan Gynecologists, mengenakan sabuk kehamilan selama tahap akhir kehamilan dapat membantu membuat beberapa kegiatan, seperti berlari atau berjalan, lebih nyaman. Sabuk perut juga dapat membantu wanita hamil menghindari cedera saat berolahraga.

Latihan meningkatkan tonus otot dan daya tahan dan mengurangi kejadian hipertensi, depresi, dan diabetes. Banyak wanita tidak dapat berolahraga atau terus bekerja selama kehamilan karena rasa sakit dan ketidaknyamanan. Mengenakan sabuk kehamilan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan memungkinkan partisipasi dalam kegiatan sehari-hari, yang menghasilkan manfaat fisik dan finansial.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Korset Melahirkan yang Bisa Melangsingkan Perut Moms

4. Sabuk Kehamilan juga dapat Dipakai Pascapersalinan

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Foto: Orami Photo Stocks

Otot dan ligament yang diregangkan dan tegang selama kehamilan membutuhkan waktu untuk sembuh. Nah, kelemahan ini dikombinasikan dengan tuntutan pekerjaan merawat bayi yang baru lahir.

Banyak Moms menemukan sabuk kehamilan dapat menyangga perut yang bermasalah tersebut yaitu wanita yang telah mengalami pemisahan otot perut (diastasis recti) dengan secara fisik menyatukan otot-otot perut.

Dikombinasikan dengan latihan khusus, ini dapat membantu menutup celah di antara otot-otot perut.

5. Menurunkan Risiko Terjatuh

5 Alasan Penting Menggunakan Sabuk Kehamilan

Foto: Orami Photo Stocks

Tahukah Moms bahwa sabuk kehamilan ternyata dapat mengurangi risiko jatuh untuk wanita hamil dengan menstabilkan panggul mereka dan meningkatkan keseimbangan mereka.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation melibatkan 90 wanita hamil menemukan bahwa memakai sabuk dukungan bersalin meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh selama semua trimester.

Baca Juga:10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Namun sebelum menggunakan sabuk kehamilan. Ada juga kontra dari penggunaan yaitu meliputi:

Tidak Cocok untuk Penggunaan Jangka Panjang

Ibu hamil harus menghindari mengenakan pakaian yang lebih ketat, seperti ikat pinggang, terlalu lama pada suatu waktu karena mereka dapat mengurangi aliran darah ke perut dan bayi yang sedang tumbuh.

Harga Terlalu Mahal

Kebanyakan sabuk kehamilan memiliki harga mahal, terutama yang lebih kaku atau memiliki lapisan yang lebih tebal. Karena mereka memainkan peran fungsional daripada yang kosmetik, sabuk perut idealnya memiliki kualitas dan ketahanan yang masuk akal.

Baca Juga:Kiat Mengurangi Gatal Perut Ibu Hamil

Sebelum membeli atau menggunakan tak lupa Moms untuk mengkonsultasikan kepada dokter kandungan maupun bidan untuk cara penggunaan sabuk kehamilan dengan baik. Selamat mencoba!

Artikel Terkait