RUPA-RUPA
13 Oktober 2019

Alasan Moms Harus Makan Roti Gandum daripada Roti Putih

Perbedaannya terletak pada cara masing-masing roti diproses
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mungkin kita sudah biasa mendengar bahwa roti gandum lebih baik daripada roti putih atau biasa, namun banyak yang tidak tahu apa alasannya.

Dilansir dari Oh My Veggies, perbedaan utama antara keduanya benar-benar terletak pada cara masing-masing roti diproses. Pada roti gandum, prosesnya meninggalkan komponen yang paling kaya nutrisi utuh: kulit padi, benih, dan endosperma. Pada dasarnya, ini merupakan lapisan berry gandum, yang menampung semua vitamin dan mineral yang awalnya ditemukan dalam roti gandum.

Baca Juga: Selain Roti Tawar, Ada 7 Jenis Roti Lain di Dunia yang Perlu Diketahui!

Sementara roti biasa, diproses sedemikian rupa, sehingga hanya endosperma yang tersisa. Hal ini tentunya menghilangkan sebagian besar nutrisi dari gandum berry sehingga yang tersisa hanyalah lapisan tepung yang memberikan efek kecanduan yang lezat pada roti.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan roti gandum dan roti biasa, ini penjelasannya.

Roti Gandum

roti gandum, roti biasa

Sesuai dengan namanya, roti gandum terbuat dari tepung gandum utuh. "Utuh" artinya menggunakan kernel gandum lengkap.

Kernel gandum sendiri terdiri dari 3 komponen utama: endosperma yaitu sekitar 83% dari nukleus, kemudian ada kulit padi yaitu sekitar 15% dari nukleus, dan benih yang sekitar 2% dari nukleus.

Tepung gandum utuh didefinisikan di sebagian besar negara di dunia sebagai tepung yang mengandung semua komponen nukleus dalam perbandingan aslinya.

Baca Juga: Oat, Gandum, dan Granola, Apa Sih Bedanya?

Mengutip dari The Bread Guide, bagian terpenting dari biji-bijian adalah benih dan kulit padi.

Esensi dari biji-bijian berada di dalam benih karena mengandung banyak vitamin. Dalam kulit padi, kita akan menemukan serat dan mineral makanan seperti magnesium dan zat besi. Sedangkan endosperma mengandung pati dan protein.

Roti Biasa Atau Roti Putih

roti gandum, roti biasa

Roti biasa masih sangat populer meskipun kita tahu bahwa roti itu tidak se-sehat roti gandum. Terlepas dari popularitasnya, roti ini mungkin bukan pilihan terbaik.

Sebagian besar orang menyukai roti putih karena rasanya, harga yang terjangkau, dan mudah dibeli di mana saja. Ya, kita bisa menemukannya dengan mudah, di minimarket sekalipun.

Biasanya rasanya enak dan sering kali roti disajikan di restoran cepat saji atau toko roti. Namun hanya lima nutrisi yang bisa kita dapatkan dari roti putih: zat besi, niasin, tiamin, riboflavin dan asam folat.

Baca Juga: Baik Untuk Sarapan, Ini Segudang Nutrisi yang Dimiliki Roti

Hal ini mungkin terdengar sehat tetapi jika dibandingkan dengan kandungan gizi dari roti gandum, tentu jauh dari kata cukup.

Roti biasa bukanlah makanan bergizi, karena sangat rendah serat, sehingga menjadikannya karbohidrat yang cenderung menyebabkan gula darah meningkat. Akibatnya, roti ini cenderung menyebabkan penambahan berat badan tanpa tambahan nutrisi.

Itu dia Moms perbedaan dari roti gandum dan roti biasa. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Moms akan berpindah hati pada roti gandum?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait