PERNIKAHAN & SEKS
19 November 2019

5 Alasan Suami Menolak Hubungan Seks dan Apa yang Harus Moms Lakukan?

Jangan khawatir, ini bukan salah Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Mungkin sulit dibayangkan bila Dads menolak Moms yang hampir telanjang di hadapannya. Namun pada kenyataannya, memang banyak suami yang sesekali menolak hubungan seks.

Tak hanya satu atau dua orang, ada banyak pria yang ternyata lebih sering menolak hubungan seks dengan pasangannya.

Terapis seks dari Vancouver, David McKenzie mengungkapkan, "Dalam dua tahun terakhir, saya mendapati lebih banyak dari sebelumnya, klien saya adalah para pria yang kurang memiliki hasrat seksual, dan para wanita yang lebih sering memulai seks duluan."

Alasan Suami Menolak Hubungan Seks

Berikut ini 5 alasan suami menolak hubungan seks yang telah kami rangkum. Dalam setiap poin juga dijabarkan tentang bagaimana Moms harus bersikap jika hal tersebut terjadi. Langsung saja simak yang berikut ini!

1. Suami Menderita Depresi

suami menolak hubungan seks

Foto: pexels.com/Mike Greer

Pria dalam berbagai usia, bisa mengalami dorongan seks yang jauh lebih rendah ketika mereka sedang mengalami depresi.

“Gejala utama dari depresi adalah tidak bisa menikmati sesuatu seperti biasa, salah satunya seks. Orang dengan depresi juga mengalami penurunan energi, merasa diri sendiri buruk, dan merasa tidak pantas, semua itu bisa memengaruhi kehidupan seks,” jelas Jennifer Payne, M.D., ketua Women’s Mood Disorders Center at Johns Hopkins, dilansir dari The Johns Hopkins Hospital.

Jika suami menderita depresi yang pada akhirnya menurunkan gairah, segeralah memeriksakan diri pada ahlinya.

"Depresi klinis merupakan salah satu pembunuh terbesar gairah seks pada pria," ungkap McKenzie. "Ingatlah bahwa depresi klinis merupakan penyakit fisik, bukan kelemahan karakter," imbuh McKenzie.

Moms bisa memanfaatkan media online yang tersedia untuk mencari tahu dan memahami tentang depresi dan bagaimana hal tersebut memengaruhi hubungan kalian.

Kuncinya di sini adalah kesabaran, terutama selama terapi atau pengobatan. Perlu diingat, obat anti depresan juga bisa menyebabkan minat seks rendah.

Baca Juga: Depresi pada Suami, Lakukan Hal Ini untuk Meringankannya

2. Hormon Testosteron yang Rendah

suami menolak hubungan seks

Foto: pexels.com/Bruce Mars

"Ketika seorang pria memasuki usia 40, kadar testosteronnya mulai menurun. Jika ini terjadi secara perlahan dari waktu ke waktu, maka seorang pria secara bertahap akan kehilangan gairah seksualnya. Namun kadang pria dapat mengalami penurunan kadar testosteron dengan sangat cepat," jelas McKenzie.

Kondisi inilah yang terkadang disebut andropause, yang disertai gejala yang meliputi hilangnya energi, gejala depresi, dan dorongan seks yang rendah. Saat itulah biasanya lebih sering suami menolak hubungan seks. Lalu apa yang harus Moms lakukan?

Testosteron rendah merupakan kondisi fisik yang dapat diobati oleh dokter. Jika Moms curiga bahwa Dads mengalami gejala terkait andropause, sarankan untuk melakukan tes testosteron pada dokter, untuk mengetahui apakah benar hormon tersebut menurun dan menjadi penyebab dari kurangnya hasrat seksual Dads.

3. Disfungsi Ereksi atau Ejakulasi Dini

suami menolak hubungan seks

Foto: shutterstock.com

Meskipun disfungsi ereksi dan ejakulasi dini merupakan masalah umum, seorang pria yang mengalami masalah ini cenderung menarik diri dari pasangannya karena takut membuat istri kecewa.

Inilah yang pada akhirnya mendorong suami menolak hubungan seks. Hal tersebut memengaruhi harga diri seorang pria, meski pasangannya tak mempermasalahkan hal tersebut.

Menurut McKenzie, ini bisa jadi hal yang sulit untuk didiskusikan, tapi juga tidak boleh dihindari. Masalah yang tidak diselesaikan dapat menyebabkan kebencian, tanpa tahu apa penyebabnya.

Moms bisa melakukan pendekatan pada Dads dengan hati-hati. Ungkapkan bahwa Moms mencintainya apapun yang terjadi.

"Jangan membuatnya menjadi sesuatu yang besar atau membuatnya merasa itu akan memengaruhi perasaanmu padanya sebagai pasangan jika dia tidak bisa mewujudkannya (seks yang diinginkan)," saran McKenzie.

Baca Juga: Kenali Pemicu Disfungsi Ereksi yang Bisa Bikin Susah Hamil

4. Stres karena Pekerjaan atau Karir

suami menolak hubungan seks

Foto: pexels.com/Bruce Mars

Stres bisa menjadi penyebab utama suami menolak hubungan seks. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Scientific Research and Essays, disebutkan bahwa stres bisa memberikan efek langsung pada masalah seksual pria dan wanita.

Moms bisa mengajak Dads memilih waktu yang tepat untuk ngobrol tentang apapun yang terjadi dalam hidupnya.

Tanyakan apakah ada sesuatu yang bisa Moms lakukan untuk mendukungnya melewati masa-masa penuh tekanan ini.

5. Suami Sedang Lelah

suami menolak hubungan seks

Foto: pexels.com/Nathan Cowley

Suami menolak hubungan seks juga bisa jadi karena memang lelah. Moms jangan tersinggung dengan penolakan dengan alasan lelah.

Menurut McKenzie, sekitar 98 persen pria yang konsultasi padanya mengatakan bahwa kurangnya minat seksual mereka tidak ada hubungannya dengan bagaimana perasaan mereka terhadap pasangannya.

Carilah waktu untuk mengobrol tentang apa yang terjadi pada Dads sehingga mengalami kelelahan.

Baca Juga: Bertengkar dengan Suami, Begini 4 Cara Mengelola Emosi

Dari semua permasalahan suami menolak hubungan seks di atas, jika masalah berlarut-larut, maka ada baiknya Moms mempertimbangkan untuk konsultasi pada terapis atau dokter.

(DEW)

Artikel Terkait