KESEHATAN
20 April 2020

4 Alasan Vaksin COVID-19 Belum Ditemukan

Salah satu alasannya, karena virus ini bisa bermutasi dengan cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Melansir dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus infeksi virus Corona (COVID-19) di seluruh dunia telah menembus angka 2 juta lebih.

Penyebaran virus corona yang meluas dan terjadi dalam waktu cepat, membuat semua orang di seluruh dunia menanti-nantikan secercah cahaya terang terkait vaksin untuk COVID-19 ini.

Baca Juga: 6 Dokter Gugur dalam Pandemi COVID-19 di Indonesia, Turut Berduka Cita

Meskipun kita dapat memperlambat penyebaran COVID-19 melalui isolasi diri di rumah dan melakukan social distancing, satu-satunya cara untuk benar-benar menghentikan infeksi COVID-19 adalah dengan vaksin.

Hampir 80 perusahaan dan lembaga akademik mencoba menemukan vaksin tersebut. Namun, mengapa hingga saat ini vaksin virus corona masih juga belum ditemukan?

Alasan Vaksin Virus Corona Belum ditemukan

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa virus corona hingga saat ini belum juga ditemukan.

1. Dibutuhkan Banyak Pengujian

alasan vaksin covid-19 belum ditemukan

Foto: bbc.com

Menemukan vaksin tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan umumnya untuk menemukan sebuah vaksin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mengujinya, hingga siap digunakan oleh banyak orang.

Diperlukan banyak pengujian, sebelum vaksin tersebut siap untuk dilakukan uji coba pada tubuh manusia.

“Dan di tahap pendekatan mana pun yang paling mungkin gagal adalah uji klinis atau uji pada manusia,” ujar Richard Hatchett, CEO nirlaba Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (Cepi), yang memimpin upaya untuk membiayai dan mengoordinasikan pengembangan vaksin COVID-19.

Baca Juga: Begini Penjelasan Para Ahli Tentang Prediksi Kapan Pandemi Corona Akan Berakhir

2. Tergolong Jenis Virus RNA

alasan vaksin covid-19 belum ditemukan

Foto: Orami Photo Stock

Virus corona (COVID-19) tergolong jenis virus RNA. Virus berjenis RNA memiliki satu rantai sehingga cenderung lebih mudah dan cepat untuk berubah, bermutasi, dan berkembang.

Oleh karena perubahannya yang cepat dan kemampuannya bermutasi, pembuatan vaksin COVID-19 akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Banyak Vaksin yang Harus Diteliti

alasan vaksin covid-19 belum ditemukan

Foto: dailysabah.com

Alasan lainnya vaksin COVID-19 belum juga ditemukan, karena mengutip BBC, ada lebih dari 20 vaksin yang saat ini dalam pengembangan dan diuji coba.

Para ilmuwan Australia telah mulai menyuntikkan dua vaksin potensial ke musang. Ini adalah percobaan pra-klinis komprehensif pertama yang pindah ke tahap pengujian hewan, dan para peneliti mengatakan mereka berharap untuk pindah ke tahap pengujian manusia pada akhir April.

4. Ada Beberapa Pengujian yang Dilewatkan

alasan vaksin covid-19 belum ditemukan

Foto: pressenza.com

Para peneliti telah mengambil beberapa jalan pintas untuk menemukan vaksin COVID-19.

Uji coba manusia pertama untuk vaksin covid-19 diumumkan bulan Maret lalu oleh para ilmuwan di sebuah lab di kota Seattle, Amerika Serikat. Mereka telah mengambil jalan pintas dengan melompati penelitian hewan untuk menguji keamanan atau efektivitas vaksin.

Baca Juga: Saya Berjuang di Tengah Pandemi CoVID-19 dengan Kondisi Hamil Tua dan LDR dengan Suami

Tes seperti ini mungkin jauh lebih cepat daripada biasanya, dan beberapa menggunakan pendekatan baru untuk vaksin. Karena itu tidak ada jaminan semuanya akan berjalan lancar. Inilah alasan lain mengapa vaksin COVID-19 belum ditemukan.

Tetapi jika tes ini dan yang lain terbukti berhasil, tidak dapat diharapkan bahwa produsen dapat memproduksi vaksin yang diproduksi secara massal sampai paruh kedua 2021.

Kita terus berdoa saja ya Moms, agar para peneliti bisa menemukan vaksin yang benar-benar membebaskan kita dari COVID-19.

Artikel Terkait