PROGRAM HAMIL
16 September 2019

Alat Masak Anti-Lengket Bisa Bikin Susah Hamil?

Benarkah ada bahaya yang mengintai dari penggunaan alat masak anti-lengket?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin pernah mendengar tentang berita yang mengatakan alat masak anti-lengket dapat membahayakan kesehatan.

Alasannya, bahan pelapis anti-lengket pada wajan, panci, atau rice cooker mengandung bahan kimia yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, menyebabkan kanker, dan mempengaruhi kesehatan reproduksi.

Dikutip dari situs web The Telegraph, para akademisi dari Green Science Policy Institute di Berkley, California telah merilis petisi yang disebut The Madrid Statement.

Petisi yang ditandatangani oleh lebih dari 226 ilmuwan dan profesional yang berasal dari 40 negara tersebut menyoroti bahaya zat kimia yang termasuk dalam kelompok Poly-perfluoroalkyl (PFA) yang sering digunakan dalam pembuatan alat masak anti-lengket.

PFA adalah bahan kimia buatan manusia yang banyak digunakan sebagai salah satu bahan pembuat produk-produk rumah tangga, komponen elektronik, peralatan bangunan, dan lain-lain.

Dalam situs Green Science Policy Institute disebutkan PFA terdapat di udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan makanan yang kita konsumsi.

Menurut Simona Balan, ilmuwan senior dari Green Science Policy Institute, “Sulit menentukan zat PFA mana yang menjadi sumber paparan terbesar [apakah kontak langsung dengan produk-produk berbahan PFA atau pencemaran lingkungan akibat emisi produksi dan akhir masa pakai produk].

Salah satu zat PFA yang diketahui berbahaya adalah C8 or perfluorooctanoic acid (PFOA) yang digunakan sebagai pelapis alat masak anti-lengket.

Menurut Balan, paparan terhadap PFOA dapat terjadi saat alat masak anti-lengket dipanaskan atau permukaannya tergores.

Baca Juga: Mengalami Masalah Kesuburan? Coba Teknologi Reproduksi Berbantu untuk Bisa Hamil

Hubungan Alat Masak Anti Lengket dan Kesuburan

Alat Masak Anti-Lengket Bisa Bikin Susah Hamil (01).jpg

Foto: zenfs.com

Dikutip dari situs web Psychology Today, hasil studi oleh para peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) yang diterbitkan di jurnal medis Human Reproduction menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara zat kimia pada alat masak anti-lengket dan kesuburan.

Bahkan, para peneliti menduga penggunaan alat masak anti-lengket secara rutin merupakan salah satu alasan menurunnya tingkat kesuburan di Amerika Serikat – yang kini paling rendah dalam sejarah negara tersebut.

Menurut Dr. Chunyuan Fei dari UCLA, salah satu penulis studi tersebut, sebelumnya zat PFOA dan PFO dianggap “tidak aktif”.

“Namun, penelitian yang dilakukan terhadap hewan memperlihatkan zat PFOA [yang dihirup atau terserap ke makanan yang kita konsumsi itu] dapat menyebabkan efek beracun pada liver, sistem kekebalan tubuh, dan organ reproduksi,” ujar Dr. Fei.

PFOA juga, menurut Dr. Fei, dapat menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Berbahaya Bagi Janin, 5 Perawatan Kecantikan Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Menyebabkan Tumor pada Organ Reproduksi

Alat Masak Anti-Lengket Bisa Bikin Susah Hamil (03).jpg

Foto: poloandtweed.com

Selain zat PFOA, alat masak anti-lengket juga diketahui mengandung bahan yang disebut perfluorinated chemicals (PFC). Berdasarkan penelitian di laboratorium, zat ini diketahui berhubungan dengan pertumbuhan tumor testis, payudara, lever, dan prostat.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) bahkan mengklasifikasikan zat kelompok PFC sebagai pengganggu hormon yang berpotensi menyebabkan gangguan hormonal pada perempuan, terutama yang berkaitan dengan sistem reproduksi.

Oleh karena itu, demi keselamatan dan kesehatan reproduksi, para ahli menyarankan untuk membatasi penggunaan alat masak anti-lengket agar tidak menimbulkan dampak merugikan pada kesuburan Moms.

Baca Juga: Waspadai 5 Zat Kimia yang Dapat Mengganggu Hormon Reproduksi Ini!

(AN)

Artikel Terkait