BALITA DAN ANAK
22 Juni 2020

Kenali Gejala-Gejala Alergi Kacang pada Anak

Kenali gejala-gejala alergi kacang pada Si Kecil yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin Moms khawatir dengan banyaknya alergi yang seringkali dialami Si Kecil, salah satunya adalah alergi kacang.

Apalagi anak-anak umumnya sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya dialami anak-anak, alergi kacang juga sangat mungkin dialami bayi, lho.

Gejala Alergi Kacang pada Anak

Dilansir dari KidsHealth, alergi kacang tidak menunjukan gejala-gejala seperti bersin-bersin atau ingusan.

Namun, gejala alergi kacang dapat menyebabkan Si Kecil sulit bernapas dan masalah kesehatan lainnya yang sangat serius. Itulah mengapa sangat penting mengetahui apakah Si Kecil menderita alergi kacang atau tidak.

Alergi kacang dapat berasal dari berbagai jenis kacang, seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang tanah, kacang kedelai, dan lain-lain.

Lantas, apa saja gejala alergi kacang pada anak-anak yang patut Moms waspadai? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ruam Kulit

gejala alergi kacang pada anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Alergi kacang dapat menimbulkan berbagai reaksi berbeda di setiap bagian tubuh. Ruam kulit adalah salah satu reaksi dari kulit yang mengalami alergi.

Ruam kulit yang dimaksud juga beragam, bisa saja seperti ruam bersisik yang gatal dan dapat menyebabkan kulit mengelupas, ruam yang dapat membuat kulit melepuh, atau ruam yang menyebabkan pembengkakkan.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jika Anak Alergi Kacang, Perawatan Ini Mungkin Membantu

2. Mual dan Muntah

gejala alergi kacang pada anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Reaksi lain dari alergi dapat terjadi di bagian pencernaan Si Kecil. Alergi kacang dapat menyebabkan gejala penyakit lambung atau usus.

Gejala yang muncul bisa berupa mual dan muntah-muntah. Saat Si Kecil mengalami gejala ini biasanya diiringi sakit perut yang cukup hebat.

Apabila hal ini terjadi, Moms bisa memberikan makanan pereda mual seperti apel, jahe, biskuit, pisang, mint, atau jus-jus buah lainnya.

3. Diare

gejala alergi kacang pada anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu gejala alergi kacang pada anak lainnya ialah sakit perut akibat yang parahnya dapat menyebabkan diare.

Alergi kacang juga berpotensi menyebabkan masalah pencernaan serius lainnya seperti :penyakit Intoleransi laktosa dan peradangan pada usus.

Baca Juga: Anak Diare? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

4. Sesak Napas

gejala alergi kacang pada anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Gejala alergi kacang pada anak berikutnya adalah kesulitan bernapas atau sesak napas. Alergi dapat mempengaruhi kinerja paru-paru, mulut, tenggorokan dan sangat berpengaruh pada kemampuan Si Kecil untuk bernapas.

Risiko ini merupakan reaksi alergi paling parah di antara gejala lainnya. Jika anak mengalami hal seperti ini, segera bawa ke rumah sakit terdekat ya, Moms.

5. Batuk-Batuk

gejala alergi kacang pada anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Batuk adalah gejala lanjutan dari gangguan pernapasan akibat alergi. Batuk yang disebabkan oleh alergi kacang terjadi karena pembengkakkan tenggorokan dan tenggorokan yang gatal. Suara Si Kecil juga bisa lebih mudah hilang ketika mengalami gejala batuk-batuk akibat alergi.

Kacang adalah penyebab umum dari reaksi alergi yang serius. Jika Moms tidak cepat menyadarinya, sejumlah reaksi besar lainnya akan muncul serta dapat memperburuk kondisi Si Kecil.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk pada Anak

Anak-anak memang lebih rentan terhadap alergi, untuk itu beberapa di antara mereka memang diharuskan untuk menghindari kacang seumur hidupnya. Semoga Si Kecil sehat dan terhindar dari berbagai macam alergi ya, Moms.

Artikel Terkait