SELEBRITI
14 September 2020

Alice Norin Mengalami Placenta Previa Totalis Accreta, Ini Penjelasannya

Alice Norin harus melalui perjuangan dan perjalanan panjang.
placeholder

Foto: instagram.com/alicenorin

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Artis Alice Norin baru saja melahirkan anak kedua pada 11 September 2020. Meski begitu, ternyata di balik kabar gembira kelahiran putri keduanya yang diberi nama Alana Naira Lawi ini, Alice Norin harus melalui perjuangan dan perjalanan panjang. Diketahui, pada awal kehamilan, Alice didiagnosa mengidap Placenta Previa Totalis Accreta.

Baca Juga: Bahayakah Placenta Previa Selama Kehamilan?

Menceritakan Pengalamannya di Sosial Media

Alice Norin mengalami Plancenta Previa Totalis Accreta

Foto: instagram.com/alicenorin

Alice Norin membagikan kisah dan perjuangannya melahirkan saat mengidap Placenta Previa Totalis Accreta melalui akun Instagram pribadinya @alicenorin pada Minggu, (13/9/2020).

"Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi plasenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, di mana kasus accreta ini jarang terjadi," ungkapnya.

Beruntung, Alice mengetahui kondisinya ini di awal masa kehamilan. Sehingga ia bisa mengantisipasi dan mencegah hal-hal terburuk yang terjadi selama masa kehamilan.

Baca Juga: Mengenali Komplikasi Kehamilan Placenta Accreta, Harus Waspada!

Pendarahan Hebat saat Melahirkan

Alice Norin mengalami Plancenta Previa Totalis Accreta

Foto: instagram.com/alicenorin

Dokter yang menangani penyakit Alice Norin sudah memperingatkan dirinya agar berhati-hati dan mempersiapkan diri karena kemungkinan akan terjadi pendarahan. Dan benar saja, Alice mengalami pendarahan hebat saat melahirkan.

"Aku kehilangan darah sampai 3 liter selama proses lahiran. Setelah lahiran pun, aku belum bisa langsung ketemu baby Alana, karena harus masuk ICU 2 hari gara-gara kehilangan banyak darah" ujarnya.

Meski sudah keluar dari ICU dan bertemu dengan buah hatinya, Alice mengaku belum diizinkan menyusui karena obat yang dikonsumsi Alice terbilang obat keras.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Pendarahan Saat Trimester Pertama Kehamilan

Pengangkatan Rahim

Alice Norin mengalami Plancenta Previa Totalis Accreta

Foto: instagram.com/alicenorin

Alice juga menyebut bahwa selama kehamilan dan konsultasi dengan para dokter, diberitahukan bahwa apabila penyakit tersebut membahayakan konsis Alice dan kandungannya, maka akan ada kemungkinan pengangkatan rahim.

"Aku belum 100% siap, karna kalo itu satu-satunya pilihan berarti aku enggak akan bisa haid dan hamil lagi" terangnya dengan emoji sedih.

Namun, Alice bisa bernapas lega karena proses kelahiran berjalan lancar sehingga pengangkatan rahim tidak diperlukan.

Tak lupa, Alice mengucap syukur kepada Tuhan dan mengimbau kepada para Moms untuk rutin memeriksakan kandungan selama proses kehamilan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Aku bersyukur sekali karena bisa melewati masa-masa kritis ini. A friendly reminder untuk teman-teman mommies yang mungkin sedang hamil, untuk selalu rutin cek kehamilan karena lebih baik mengantisipasi apa yang mungkin terjadi. Semoga sehat selalu, dan terima kasih atas doa dan ucapan yang sudah diberikan!" ungkap Alice.

Itulah perjuangan Alice Norin melawan penyakit Plasenta Previa Totalis Akreta selama masa kehamilan hingga proses melahirkan. Semoga sehat selalu ya Alice Norin dan baby Alana.

Artikel Terkait