KESEHATAN
15 November 2019

4 Alternatif Susu Sapi yang Juga Menyehatkan

Susu kelapa punya kandungan lemak tinggi sehingga lebih mengenyangkan
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Susu memiliki nutrisi yang bermanfaat tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Namun, ada orang yang alergi terhadap protein susu, atau tidak mampu mencerna gula dalam susu sapi.

Agar asupan kalsium dan vitamin D tercukupi, ada beberapa pilihan alternatif susu sapi yang tidak kalah menyehatkan, dan lebih sehat karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

"Kandungan nutrisi dalam berbagai produk susu alternatif, penting untuk diperhatikan saat berbelanja," tulis dokter anak, Anthony Porto, MD, MPH, FAAP, dilansir dari American Academy of Pediatrics.

Pilihan Alternatif Susu Sapi

Jika Moms sedang mencari pilihan alternatif susu sapi yang sama-sama menyehatkan, Jaclyn London, MS, RD, CDN, ahli diet dan penulis untuk Good Housekeeping memberikan beberapa jenis susu yang bisa dipilih.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

1. Susu Beras

susu beras.jpg

Susu beras dibuat dengan mencampur beras dengan air. Alternatif susu sapi ini punya kalori yang lebih rendah kalori daripada susu alternatif lainnya.

Namun, karena rasanya sangat ringan, sebagian besar susu beras mengandung tambahan gula.

2. Susu Kelapa

susu kelapa.jpg

Susu kelapa terbuat dari air dan krim kelapa, sehingga memiliki rasa yang berkesan tropis dibandingkan dengan susu nabati lainnya.

Dari segi nutrisi, susu kelapa punya kadar lemak lebih tinggi dan karbohidrat yang lebih rendah dibanding susu berbasis kacang atau biji-bijian lain.

Namun, konsistensi krim dan kandungan lemak pada susu kelapa ini bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga cenderung dikonsumsi lebih sedikit, terutama jika ditambahkan ke kopi dan teh.

Baca Juga: Hal yang Perlu Moms Ketahui Seputar Alergi Susu Sapi

3. Susu Almond

susu almond.jpg

Alternatif susu sapi berikut ini sedang naik daun, yakni susu almond.

Sebagian besar susu almond memiliki kandungan kalori antara 35-90 kalori per cangkir, dan ada banyak jenis susu almond tanpa pemanis.

Sebagian besar, susu almond terbuat dari almond dan air, ditambah zat pengemulsi lainnya.

Namun, susu almond memiliki kandungan protein rendah, Moms bisa menambah kadar protein dari sumber lain, misalnya dengan mencampur mentega kacang.

Baca Juga: Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

4. Susu Kedelai

susu kedelai.jpg

Susu kedelai adalah jenis alternatif susu sapi yang sudah banyak dikenal sebagai pengganti susu sapi. Nutrisinya bahkan mirip dengan susu sapi perah.

Susu kedelai dibuat dengan merendam, dan menyaring sisa bubur ini sebelum dikonsumsi.

Susu kedelai padat dengan antioksidan dan serat, menjadikan susu kedelai sangat bergizi dan mengandung lemak tak jenuh ganda yang baik untuk tubuh.

Itu dia beberapa alternatif susu sapi yang tidak kalah menyehatkan. Moms paling suka yang mana?

Artikel Terkait