PARENTING ISLAMI
22 Juli 2020

Menyambut Bulan Dzulhijjah, Ini 5 Amalan yang Bisa Moms Lakukan

Umat Islam akan segera merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Umat Islam akan segera merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Bulan merayakan hari raya kurban ini juga dikenal sebagai bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk melaksanakan beberapa amalan selama bulan Dzulhijjah atau menjelang Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: 4 Trik Mengajarkan Anak Salat Idul Adha

Amalan Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Hal tersebut tertuang di hadis riwayat (HR) Ibnu'Abbas dalam Sunan At-Timidzi yang mengungkapkan,"Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini," (HR At-Tirmidzi).

Hadis tersebut merujuk pada berbagai amalan yang bisa dilakukan selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut ini beberapa amalan yang bisa Moms lakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha.

1. Puasa

menyambut bulan dzulhijjah, ini xx amalan yang bisa moms lakukan

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Nahdlatul Ulama (NU), disunahkan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Imam an-Nawawi berkata," Bahkan sangat disunahkan untuk berpuasa di hari-hari ini, karena puasa termasuk amalan yang paling utama," (An-Nawawi, Syarah Sahih Muslim).

Sementara itu, dari 9 hari puasa tersebut, ada puasa Arafah yakni puasa pada 9 Dzulhijjah dan puasa tarwiyah yang dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah. Keutamaan puasa pada tanggal 8 dan 0 Dzulhijjah ini menurut HR Jamaah kecuali Bukhari dan Tirmizy ialah mampu menghapus dosa selama dua tahun yakni tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya.

2. Takbir dan Dzikir

menyambut bulan dzulhijjah, ini xx amalan yang bisa moms lakukan

Foto: Orami Photo Stocks

Amalan untuk memperbanyak takbir dan dzikir selama bulan Dzulhijjah ini tertuang dalam HR Bukhari yang menjelaskan," Ibnu Abbas berkata, "Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10 hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq." Ibnu 'Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin 'Ali pun bertakbir setelah salat sunnah. (HR Bukhari).

Baca Juga: Memperkenalkan Tradisi Idul Adha pada Anak

3. Berkurban

menyambut bulan dzulhijjah, ini xx amalan yang bisa moms lakukan

Foto: Orami Photo Stocks

Berkurban disarankan untuk umat muslim yang mampu dan dilakukan di bulan Dzulhijja ketika merayakan Hari Raya Idul Adha. Dalam hadist HR Tirmidzi dijelaskan bahwa Allah mencintai umatnya yang mampu melaksanakan ibadah kurban ini.

Dinarasikan Aisyah, Rasulullah SAW mengatakan, "Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai Allah SWT daripada mengalirkan darah dari hewan kurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan kurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridho) Allah SWT sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban." (HR Tirmidzi).

4. Meningkatkan Amalan Baik

menyambut bulan dzulhijjah, ini xx amalan yang bisa moms lakukan

Foto: Orami Photo Stocks

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, sehingga penting bagi umat muslim untuk meningkatkan amalan baik seperti salat sunah, bersedekah, membaca Alquran, bersilaturahmi, dan bertaubat serta memohon ampunan pada Allah. Tak lupa untuk selalu berdoa agar selalu diberi keselamatan dan kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

5. Salat

menyambut bulan dzulhijjah, ini xx amalan yang bisa moms lakukan

Foto: Orami Photo Stocks

Salat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim, di bulan Dzulhijjah ini tentunya umat muslim perlu memperkuat iman dan semangat dalam melaksanakan ibadah salat dengan baik dan benar. Selain itu, disunahkan untuk melaksanakan salat Idul Adha ketika merayakan hari raya kurban dan sebelum menyembelih hewan kurban.

Baca Juga: 7 Aturan Kurban Idul Adha dalam Islam, Yuk Pelajari!

Itulah lima amalan yang bisa Moms lakukan selama bulan Dzulhijjah.

Mengingat perayaan Idul Adha berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19, maka pemerintah menyarankan masyarakat yang berada di zona merah, oranye, dan kuning untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah bersama anggota keluarga. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya, Moms.

Artikel Terkait