KEHAMILAN
21 Juni 2020

Amankah Bersepeda Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

Membuat Moms bugar dan siap untuk melahirkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Bersepeda itu seperti hobi ya Moms, tapi mungkinkah setelah hamil kita tetap bisa bersepeda?

Dilansir dari Total Women Cycling, fakta bahwa berolahraga saat hamil membuat Moms bugar dan siap untuk melahirkan.

Jika Moms ingin berolahraga saat hamil dengan sepeda, memang tidak ada salahnya.

Tapi, begitu banyak kontroversi mengenai bersepeda saat hamil.

Baca Juga: Hamil Bayi Kembar, Ini 3 Olahraga yang Aman untuk Dilakukan

Bersepeda Saat Hamil, Amankah?

Amankah Bersepeda Saat Hamil.jpg

Foto: pinterest.com

Salah satu hal pertama yang dilakukan wanita aktif ketika mengetahui mereka hamil adalah mencari informasi tentang olahraga selama kehamilan.

Berlari, bersepeda, berenang, apa pun olahraga yang mereka pilih, mereka ingin tahu apakah aman untuk tetap melakukannya.

NHS merekomendasikan berolahraga saat hamil tetapi tentunya olahraga yang aman dan tidak berisiko membuat Moms terjatuh.

Meskipun tidak ada bukti nyata bahwa olahraga intensitas tinggi membahayakan bayi, alangkah lebih baiknya mengurangi intensitas latihan itu lebih masuk akal ya, Moms.

Tubuh kita sudah bekerja sangat keras untuk menciptakan dan menumbuhkan bayi.

Melakukan latihan intensitas tinggi justru akan membuat Moms mengalami kelelahan, tetapi hal tersebut bukan berarti membuat Moms tidak bisa bersepeda saat hamil.

Jika Moms memilih untuk terus bersepeda saat hamil, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Kami telah menyiapkan ringkasan singkat tentang bagaimana kehamilan dan tubuh yang berubah akan memengaruhi kegiatan bersepeda Moms, dan bagaimana Moms bisa menjaga diri sebaik mungkin sepanjang waktu.

Baca Juga: Nirina dan Ernest Bersepeda Jakarta-Bali, Yuk Intip Petualangan Mereka!

Tips Aman Bersepeda Saat Hamil

Amankah Bersepeda Saat Hamil 2.jpg

Foto: whitecloud-solutions.com

Konsultasikan dengan dokter sebelum Moms melakukan kegiatan ini, jika dokter memperbolehkan maka lakukan tips bersepeda aman saat hamil.

  1. Jangan Memaksakan. Moms tentunya lebih tahu mengenai kondisi saat ini, jika merasa mampu maka tidak menjadi masalah, tapi jika ternyata Moms tidak mampu maka jangan dilakukan ya, Moms.
  2. Rencanakan dengan Baik. Selama trimester pertama tubuh Moms masih menyesuaikan kegiatan ini tentunya akan sangat melelahkan. Maka dari itu, Moms perlu merencanakan dengan baik. Cobalah dan hindari perjalanan yang panjang dan sulit lakukan di pagi hari agar lebih segar dan bersemangat. Moms dapat bersepeda saat hamil di trimester kedua dan trimester ketiga tetapi usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  3. Duduk dengan Posisi Tegak. Perut Moms tentunya akan semakin membesar di trimester kedua, Moms akan merasa lebih nyaman saat mengangkat setang di sepeda, sehingga alangkah lebih baiknya Moms duduk dalam posisi yang lebih tegak.
  4. Gunakan Celana Pendek. Kenaikan berat badan selama kehamilan merupakan hal yang wajar, tetapi beban ekstra mungkin membuat Moms sedikit sakit. Maka, gunakan celana pendek yang nyaman agar perjalanan Moms tidak terhambat.
  5. Beristirahat. Keluhan umum saat hamil adalah sakit punggung, iga dan sakit samping, dan nyeri pinggul. Jika Moms merasakan salah satu dari itu maka beristirahatlah untuk beberapa waktu. Lakukan yoga kehamilan atau pilates yang bisa membantu mengatasi sakit dan nyeri atau cobalah pijat kehamilan agar lebih rileks.

Bersepeda saat hamil memang terasa berat bagi ibu hamil, tapi jika Moms memang menggemarinya tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar Moms bisa melakukannya dengan benar sesuai anjuran dan lakukan tips di atas.

Baca Juga: Cara Berolahraga dengan Aman di Trimester Ketiga Kehamilan Sesuai Jenisnya

Artikel Terkait