KEHAMILAN
23 Juni 2019

Amankah Jika Ibu Hamil Minum Es Kopi?

Kopi memang enak dan menyegarkan. Tapi aman tidak ya untuk ibu hamil?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Ibu hamil minum kopi mungkin masih menjadi pro dan kontra. Sebagian mengatakan tak boleh, namun ada yang bilang boleh asalkan sesuai takaran.

“Ya, Anda masih dapat menikmati secangkir kopi setiap saat selama kehamilan Anda. Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein dalam sehari. Itu sekitar dua cangkir kopi instan atau satu cangkir kopi filter,” ujar Sarah Schenker, seorang pakar diet, sebagaimana dikutip dari babycentre.co.uk.

Jika Moms secara teratur mengkonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari saat sedang hamil, Moms akan memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

Bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan saat mereka bertambah tua.

Ada juga bukti bahwa minum banyak kafein secara rutin dalam kehamilan meningkatkan risiko keguguran.

Baca Juga : Berbagai Minuman Bernutrisi Untuk Ibu Hamil

Namun risikonya masih rendah. Batas 200mg ini mencakup semua sumber kafein, jadi seperti halnya kopi, Moms harus menghitung teh (termasuk teh hijau), cola, minuman berenergi, dan cokelat.

Berhati-hatilah saat keluar untuk minum kopi karena kedai kopi favorit cenderung menyajikan minuman yang jauh lebih kuat daripada yang Moms buat di rumah.

Kandungan kafein dari espresso, dan kopi berdasarkan espresso, seperti cappuccino, putih rata dan latte, dapat bergantung pada setiap warung atau toko kopi.

Begitu pula dengan ibu hamil minum es kopi. Tak ada masalah dengan minuman dingin selama Moms tidak dalam kondisi sakit.

Ingat pula kandungan gula di dalam kopi sebab ibu hamil berisiko mengalami preeklamsia karena tekanan darah tinggi. Salah satu faktornya adalah terlalu banyak konsumsi gula.

Kandungan Kafein Dalam Olahan Kopi

Amankah Jika Ibu Hamil Minum Es Kopi.jpg

Foto: Babycenter

Olahan kopi yang beragam membuat Moms harus memahami dulu jumlah kafein.

Sebab, ibu hamil minum kopi adalah hal yang normal tetapi harus diawasi jumlah kafeinnya.

Kopi instan memiliki jumlah kafein paling sedikit daripada jenis minuman lainnya.

Dengan hanya 63 miligram dalam satu cangkir, Moms dapat memiliki hingga 3 porsi dalam satu hari saat hamil tanpa perlu khawatir sama sekali tentang efek samping negatif.

Berikutnya adalah espresso. Sebagian besar kopi khusus dari kedai kopi mengandung satu shot espresso di dalamnya.

Setiap satu shot mengandung hingga 64 miligram kafein di dalamnya, yang berarti tetap berada dalam zona aman.

Baca Juga : Benarkah Ibu Hamil Makanan Empuk Bagi Nyamuk?

Lalu, bagaimana dengan es kopi? Dengan lebih dari 200 mg cangkir, kopi yang disajikan dengan dingin mungkin perlu dibatasi saat hamil. Semakin lama ampas kopi berada di dalam air, semakin tinggi jumlah kafeinnya.

Untuk mengkonsumsinya dengan aman, Moms bisa menambahkan jumlah air dan krim yang sama untuk mencairkannya dan membuatnya aman untuk diminum.

Jangan biarkan es kopi ini dibiarkan terlalu lama sebab berdampak buruk bagi jumlah kafein di dalamnya.

Selama Moms tetap dalam kisaran aman asupan kafein yang tercantum di atas, kopi boleh diminum saat hamil.

Memperhatikan apa yang masuk ke tubuh Moms adalah penting pada setiap tahap kehamilan Anda, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi Moms dari menikmati secangkir kopi di pagi hari.

Sebab, bisa jadi dengan ibu hamil minum kopi atau ibu hamil minum es kopi memberikan ketenangan tersendiri. Apakah Moms termasuk yang gemar minum kopi saat hamil?

(GSA/CAR)

Artikel Terkait