KESEHATAN
8 Desember 2019

Amankah Makan Labu selama Kehamilan? Ini Penjelasannya

Cari tahu ragam manfaatnya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak manfaat makan labu selama kehamilan berikut ini.

Dikutip dari artikel jurnal Nutrition Research Reviews dari Cambridge, labu sangat bergizi dan merupakan sumber vitamin esensial, seperti vitamin A, vitamin B-6, vitamin C dan mineral seperti zat besi dan seng. Labu kaya dengan antioksidan juga!

Seratus gram labu memiliki sekitar 26 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Ini buah yang luar biasa untuk wanita hamil.

Makan labu selama kehamilan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Labu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, zat besi, kalsium, niasin dan fosfor.

Berikut ini Orami sudah mengumpulkan informasi mengenai manfaat makan labu selama kehamilan. Simak sama-sama, yuk!

Manfaat Makan Labu Selama Kehamilan

1. Mencegah Perut Kram

Amankah Makan Labu selama Kehamilan 01.jpg

Foto: acog.org

Labu dapat membantu mencegah dan bahkan merawat kram yang Moms alami selama kehamilan. Makan labu selama kehamilan meski kebanyakan kram tidak berbahaya.

Karena sebenarnya, kram adalah respons rahim terhadap apa saja yang terjadi padanya.

’’Rahim adalah otot, dan satu-satunya hal yang otot tahu bagaimana melakukannya adalah berkontraksi, dan kontraksi terasa seperti kram,’’ kata Holly Puritz, MD, direktur medis untuk Kelompok Rumah Sakit Sentara Lee untuk Wanita di Norfolk, Virginia.

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

2. Mencegah Diare

Amankah Makan Labu selama Kehamilan 02.jpg

Foto: babycenter.com

Segala sesuatu di bagian usus melambat saat hamil. Jadi, jika Moms mengalami diare atau sembelit, mungkin karena faktor eksternal.

”Seperti perubahan mendadak dalam diet, konsumsi vitamin prenatal atau obat,” kata Suzanne Wong, seorang OB / GYN di St. Pusat Kesehatan Joseph di Toronto.

Penyakit diare dan eksim sering kali menjadi penyakit yang umum terjadi pada wanita hamil. Makan labu selama kehamilan dapat mengurangi kemungkinan penyakit tersebut.

Labu berperan membantu menghilangkan cacing dari usus dan membersihkan limpa. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan infeksi perut selama kehamilan.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Amankah Makan Labu selama Kehamilan 03.jpg

Foto: diabetes.org

Labu dapat membantu mengurangi kadar gula darah Moms selama hamil. Ini dapat membantu Moms yang mengidap diabetes gestasional.

Sebab, pemilihan asupan makanan sangat penting untuk ibu hamil, terutama yang memiliki diabetes gestasional.

Andrea Moore, ahli gizi dan dokter terapi fisik di Renton, Washington, yang juga menderita diabetes gestasional selama kehamilannya sendiri, mengatakan bahwa kombinasi makanan juga penting.

”Satu makanan dengan sendirinya dapat meningkatkan kadar, tetapi dimakan dalam kombinasi dengan yang lain, mungkin baik-baik saja,” katanya. Agar manfaatnya terasa, pastikan Moms mengonsumsinya tanpa pemanis tambahan atau gula , ya!

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

4. Kaya Protein

Amankah Makan Labu selama Kehamilan 04.jpg

Foto: ayurtimes.com

Labu sangat baik untuk dimakan selama kehamilan karena mengandung banyak protein. Menurut ahli diet berlisensi Ashley Peterson, MS, RDN, LD, selama kebutuhan protein harian selama trimester pertama berkisar antara 70 hingga 80 gram per hari.

”Pastikan mencoba makan makanan yang seimbang, memenuhi kebutuhan hidrasi, memenuhi kebutuhan protein harian dan mengonsumsi vitamin prenatal,’’ ucapnya.

Labu memang kaya nutrisi, tetapi makanan olahan labu seperti keripik labu atau pai labu, mungkin tidak terlalu baik untuk kesehatan, terutama selama kehamilan.

Jadi hindari makan junk food berbasis labu seperti pai labu, permen labu, atau kue labu. Dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memasukkan menu labu ke dalam diet kehamilan Moms.

Moms, jadi, makan labu selama kehamilan itu aman-aman saja, ya. Asalkan, perhatikan juga aturan makannya!

Baca Juga: Resep MPASI: Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labu Siam Saus Tomat

(CIL/DIN)

Artikel Terkait