PROGRAM HAMIL
8 September 2019

Amankah Melakukan Akupuntur Saat Hamil?

Masih banyak yang ragu melakukan akupuntur ketika hamil
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak sekali hal yang mungkin terjadi selama kehamilan, seperti sakit dan nyeri, wasir, mual di pagi hari, sakit punggung, dan sembelit.

Bagi sebagian perempuan, berbagai penyakit tersebut dapat melemahkan tubuh mereka.

Selain obat-obatan, Moms juga bisa memilih akupuntur untuk mengobati dan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik.

Lalu apakah sebenarnya akupuntur aman saat hamil? Mari kita simak ulasan berikut:

Akupuntur Saat Hamil

shutterstock 640973782

Akupunktur adalah praktik medis China kuno di mana jarum kecil dimasukkan ke dalam kulit pasien untuk mengurangi rasa sakit atau mengobati berbagai kondisi fisik, mental dan emosional.

Hal Ini digambarkan sebagai teknik untuk menyeimbangkan aliran energi atau kekuatan hidup yang dikenal sebagai qi atau chi diyakini mengalir di dalam tubuh seseorang.

Dengan memasukkan jarum ke titik-titik tertentu di sepanjang jalur ini, para ahli percaya bahwa aliran energi akan kembali.

Dari tahap awal kehamilan, calon ibu dapat mencoba beralih ke akupunktur untuk mengurangi sakit fisik yang terkait dengan kehamilan.

Akupunktur sangat aman dalam kehamilan, dan pada kenyataannya juga sangat membantu.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Bantal Kehamilan, Simak 4 Tipsnya!

Akupuntur telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati ancaman keguguran, perdarahan, kontraksi prematur, serta semua ketidaknyamanan yang dialami wanita selama tahap kehamilan, seperti mual, linu panggul, sembelit dan wasir.

Setiap perawatan akupuntur pada masing-masing pasien hamil akan tergantung pada gejala dan keparahan rasa sakitnya.

Seringkali dimulai dengan dua kali per minggu jika pasien merasa sangat tidak nyaman. Lalu lama-lama akan menjadi satu kali per minggu jika sudah terlihat adanya perbaikan.

Meskipun praktik ini aman selama kehamilan, tapi perempuan hamil harus mengambil beberapa tindakan pencegahan selama perawatan, seperti berbaring di posisi yang tepat.

Setelah trimester pertama, posisi pasien menjadi penting, jika berbaring telungkup, maka tempat tidur harus diangkat untuk memastikan bahwa aliran darah mengalir.

Tak perlu takut melakukan akupuntur, karena ahli akupuntur memiliki pelatihan yang baik dan akan tahu apa yang harus dihindari.

Bagi Moms yang menjumpai banyak masalah saat kehamilan, cobalah untuk melakukan akupuntur. Tak perlu takut Moms, karena ternyata banyak sekali lho manfaatnya.

(MDP)

Artikel Terkait