BAYI
26 November 2019

Amankah Membiarkan Bayi Tidur Hanya Menggunakan Diapers?

Ketahui risikonya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Udara sedang cukup panas dan Moms mungkin ingin membiarkan bayi tidur hanya menggunakan diapers atau popok. Namun, apakah aman jika bayi tidur menggunakan diapers tanpa pakaian lainnya?

Menurut Livestrong, tingkat keamanan dengan membiarkan bayi tidur dengan mengenakan popok atau diapers saja tergantung pada sejumlah faktor.

Meskipun bayi tampak lebih nyaman setelah Moms melepas pakaiannya, beberapa faktor penting di bawah ini harus terlebih dahulu diperhatikan.

Overheating dan Risiko SIDS pada Bayi

bayi tidur hanya menggunakan diapers

Foto: babypibu.com

Salah satu alasan Moms membiarkan bayi tidur hanya menggunakan diapers mungkin karena tidak ingin membuatnya kepanasan. Karena jika bayi kepanasan, tidurnya mungkin terganggu dan bisa mengalami biang keringat.

Tetapi, risiko overheating sebenarnya lebih dari itu. Pasalnya, overheating pada bayi juga dapat menyebabkan SIDS.

Dr. Harvey Karp melalui website Happiest Baby menuliskan bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pakaian yang terlalu tebal, berlapis-lapis dan suhu ruangan yang panas dapat meningkatkan risiko SIDS.

Bahkan memakaikan pakaian berlapis yang terlalu berlebihan saat cuaca dingin justru dapat mengakibatkan bayi mengalami overheating.

Baca Juga: Tips Memilih Popok Bayi Sesuai Usianya

Kenali Gejala Overheating pada Bayi

bayi tidur hanya menggunakan diapers

Foto: nih.gov

Beberapa tanda atau ciri-ciri overheating pada bayi seperti yang dipaparkan Dr. Harvey Karp antara lain:

  • Kulit bayi terasa hangat saat disentuh dan kemerahan
  • Detak jantung bayi sangat cepat
  • Bayi tampak lesu atau tidak responsif
  • Muntah-muntah
  • Tampak pusing atau bingung

Segera lepas pakaiannya jika Si Kecil tampak menunjukkan salah satu gejala di atas. Biarkan bayi tidur hanya menggunakan diapers di ruangan dengan suhu yang lebih sejuk.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Begini Trik Memilih Popok Bayi Sesuai Usianya

Saran Berpakaian dan Suhu Ruangan yang Direkomendasikan untuk Bayi

bayi tidur hanya menggunakan diapers

Foto: nanit.com

BabyCenter merekomendasikan suhu ruangan antara 70 hingga 72 derajat Fahrenheit untuk bayi. Kemudian disarankan untuk memakaikan pakaian apa pun yang nyaman bagi Moms ditambah dengan satu lapisan.

Misalnya, jika Moms merasa nyaman hanya dengan mengenakan satu lapis pakaian, maka pakaikan dua lapisan pakaian pada bayi di suhu yang sama.

Jangan tutupi bayi dengan selimut karena dapat menutupi seluruh tubuhnya dan menyebabkan mati lemas atau SIDS. Selain itu, selama cuaca hangat, Moms dapat membiarkan bayi tidur menggunakan diapers tanpa lapisan tambahan. Namun, jauhkan bayi dari ventilasi, AC dan jendela selama tidur.

Baca Juga: Sebabkan Gatal dan Perih, Ikuti 5 Tips Menghindari Ruam Popok Pada Kulit Bayi

Yang perlu diingat adalah bahwa bayi tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri dengan baik, sehingga Moms harus terus memantau kondisi bayi untuk memastikannya tidak kepanasan atau kedinginan. Terutama jika ingin membiarkan bayi tidur hanya menggunakan diapers atau popok.

Artikel Terkait