KESEHATAN
20 Mei 2019

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat

Menjaga penampilan sekaligus kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Lemak di perut menjadi sebuah hal yang menjengkelkan, tidak hanya untuk wanita melainkan juga untuk pria.

Ia dapat menyebabkan perut menjadi buncit yang bisa berujung pada gangguan kesehatan dan juga gangguan pada kepercayaan diri seseorang.

Untuk itu, begitu banyak upaya yang sering dilakukan oleh seseorang untuk membasmi lemak di perutnya. Namun, menghilangkan lemak di perut bukanlah sebuah hal yang mudah.

Diperlukan banyak upaya yang tidak sebentar agar lemak-lemak di dalam tubuh, terutama perut bisa hilang.

Personal trainer tersertifikasi NASM di Ultimate Performance Eric Bowling menyatakan bahwa diperlukan kombinasi strategi antara olahraga dan pengaturan pola makan untuk bisa membasmi lemak di perut.

Bagaimanya triknya? Berikut ulasannya untuk Moms sekalian.

1. Defisit Kalori

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat 1.jpg

Cara pertama untuk menghilangkan lemak di perut bisa dibilang hampir sama dengan cara untuk menurunkan berat badan.

Cara tersebut adalah dengan memperhatikan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh.

Dalam hal membasmi lemak di perut yang diperlukan adalah defisit kalori atau kalori keluar harus lebih besar dibandingkan kalori yang masuk.

Direktur Nutrisi di Pritikin Longevity Center Kimberly Gomer, MS, RD, LDN menyatakan bahwa jika seseorang patuh terhadap defisit kalori maka dia tidak hanya bisa menghilangkan lemak di perut, melainkan di seluruh bagian tubuh.

Pada dasarnya, target kalori tiap individu yang tengah dalam proses penurunan berat badan akan berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, konsultasikan dengan dokter gizi.

Meski disarankan untuk defisit kalori, pastikan untuk tidak mengonsumsi kurang dari 1.200 kalori bagi wanita. Hal ini penting agar tidak mengganggu metabolisme tubuh.

Selain itu, hal penting yang perlu diperhatikan lainnya bukan hanya kuantitas kalori, melainkan juga kualitasnya.

Oleh sebab itu, usahakan untuk fokus mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan sayuran rendah karbohidrat.

Baca Juga: 9 Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

2. Membatasi Konsumsi Gula

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat 2.jpg

Gula tidak hanya berperan dalam penambahan berat badan, melainkan juga pada penimbunan lemak di perut.

Selain itu, gula juga mampu meningkatkan level insulin dalam tubuh manusia.

Terlalu banyak gula juga bisa menyebabkan timbulnya resistensi terhadap insulin dan itu tidak baik karena nantinya tubuh tidak bisa menggunakan hormon insulin secara efektif.

Nah, gejala paling umum dari resistensi insulin tersebut adalah adanya lemak perut yang berlebih.

Dalam hal membatasi gula, seseorang harus menghindari makanan manis. Namun nyatanya, gula juga ada pada beberapa jenis makanan semisal granola, yogurt, mentega, dan makanan lainnya.

Menurut ahli gizi teregistrasi Jeanette Kimszal, ada baiknya jika seseorang mengurangi pembatasan gula tambahan hingga 6 sendok teh atau 25 gram per hari jika tidak ingin memiliki lemak berlebih di perut.

Jeanette juga menyatakan, jika tubuh dalam kondisi sehat, seseorang bisa membatasi konsumsi gula hingga 15 gram atau 4 sendok teh per hari.

Pengurangan gula penting untuk membasmi lemak di perut.

Hal itu tidak terlepas dari adanya fakta bahwa lemak di perut bisa mengindikasikan masalah pencernaan dan menjadi tanda organ hati tidak bisa memetabolisme makanan dengan baik.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Diet Selalu Gagal Berdasarkan Zodiak Masing-masing!

3. Memperbanyak Serat

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat 3.jpg

Memperbanyak makanan penuh serat bisa membantu seseorang membasmi lemak perut. Hal itu terjadi karena makanan yang tinggi serat lebih bersifat mengenyangkan.

Adapun jumlah yang disarankan oleh para ahli adalah sekitar 6 gram per hari. Makanan tinggi serat bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sereal gandum utuh, buah segar, kentang panggang, ubi, sayur-sayuran hijau, dan roti gandum utuh.

4. Latihan Kekuatan

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat 4.jpg

Kardio dikenal sebagai salah satu latihan untuk membantu membakar kalori. Namun, latihan kekuatan dan angkat beban bisa membantu dalam hal menurunkan badan untuk jangka panjang.

Latihan kekuatan akan membuat seseorang mendapatkan otot.

Makin banyak massa otot yang dimiliki, maka makin bagus untuk urusan membakar kalori ketika sedang istirahat atau tidak melakukan kegiatan yang berat.

Ada beberapa latihan kekuatan yang disarankan untuk mendapatkan hasil optimal.

Personel trainer tersertifikasi NASM Rachel Gerson menyarankan untuk fokus pada gerakan latihan yang ditujukan untuk kelompok otot besar seperti barbel squat, deadlift, dan leg press.

Gerakan-gerakan tersebut dikatakan Rachel juga bisa memperkuat atau menambah otot inti.

Dengan demikian, ketika berlatih gerakan tersebut maka kelompok otot lain secara otomatis akan ikut terbentuk juga.

Baca Juga: Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

5. Tidur yang Cukup

Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat 5.jpg

Tidur yang cukup sering diabaikan oleh seseorang yang tengah menjalankan program diet. Padahal cara ini memegang peranan yang tidak kalah penting dengan pengaturan pola makan dan olahraga.

Adapun tidur cukup yang dimaksud adalah dengan durasi antara 7 hingga 8 jam per malamnya.

Jika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tingkat kortisol atau stres dalam tubuhnya akan meningkat.

Selain itu, seseorang tersebut juga akan merasakan cepat lelah, mudah lapar, kekurangan kesadaran, dan kekurangan energi.

Jika itu semua terjadi, maka efektivitas olahraga dan pengaturan pola makan yang telah diatur sedemikian rupa akan ikut terganggu.

Artikel Terkait