GAYA HIDUP
17 September 2019

Ampuh, Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Mulut Kering dan Bau

Agar terhindar dari mulut kering, lakukan beberapa cara berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

a kebersihan dan kesehatan mulut wajib dilakukan supaya terhindar dari berbagai macam gangguan mulut, salah satunya adalah mulut kering. Ya, mulut kering bisa terjadi ketika kelenjar yang menghasilkan air liur tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga: Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

Dikutip dari healthline.com, hal tersebut bisa juga disebut dengan xerostomia. Mulut kering ini tentu saja bisa menggangu aktivitas sehari-hari dan membuat diri sendiri serta orang lain jadi tidak nyaman. Belum lagi jika napas menjadi berbau tidak sedap. Oleh karena itu, mulut kering dan bau harus segera dicegah. Berikut caranya.

Rutin Minum Air Putih

close-up-glass-water-hold-by-woman_23-2148276052.jpg

Foto: Freepik.com

Cara yang paling mudah untuk mencegah mulut kering adalah rutin minum air putih. Hal ini dipercaya bisa menjaga agar mulut tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meringankan mulut kering.

Penelitian yang dilakukan oleh Europe PMC mengatakan dehidrasi bisa menjadi salah satu faktor mulut kering. Meningkatkan asupan air putih bisa membantu mencegah hal ni terjadi.

Berhenti Merokok

man-refusing-cigarettes-offered-by-his-female-colleague_23-2148185429.jpg

Foto: Freepik.com

Tahukah Moms, merokok juga bisa membuat mulut mengalami dehidrasi. US National Library of Medicine National Institutes of Health menemukan merokok bisa meningkatkan risiko gangguan mulut kering. Oleh karena itu, sebaiknya berhenti merokok mulai dari sekarang, agar mulut menjadi lebih sehat dan segar.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Agar Suami Mau Berhenti Merokok

Kunyah Permen Karet Bebas Gula

detail-chewing-gum-blister-blue-backdrop_23-2147867097.jpg

Foto: Freepik.com

Cara mencegah mulut kering dan bau berikutnya adalah mengunyah permen karet yang bebas gula. Cara ini dipercaya bisa membantu merangsang produksi air liur serta menjaga kelembapan mulut, sehingga terbebas dari dehidrasi.

Gunakan Humidifier

essential-oils-4074333_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Menciptakan dan meningkatkan kelembapan di lingkungan sekitar ternyata bisa membantu mengurangi risiko mulut kering. Untuk itu, Moms bisa memasang humidifier yang dapat membantu melembapkan udara di dalam kamar. Cara ini bisa mencegah mulut kering yang disebabkan oleh tidur mangap atau bernapas lewat mulut saat tidur.

Rajin Sikat Gigi

young-woman-brushing-teeth_1150-12598.jpg

Foto: Freepik.com

Pastikan Moms rajin sikat gigi dengan tepat, ya. Karena malas sikat gigi bisa meningkatkan risiko mulut kering dan bau. Oleh karena itu, pilihlah sikat gigi yang tepat dan pasta gigi yang berfluoride. Tidak hanya itu, dental floss dan obat kumur juga bisa digunakan.

Baca Juga: Cerdas Memilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Gunakan Obat Kumur Bebas Alkohol

doubtful-pretty-woman-looking-toothbrush_1262-17852.jpg

Foto: Freepik.com

Mencegah mulut kering dan bau bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi obat kumur. Obat kumur secara efektif bisa meningkatkan kebersihan mulut secara keseluruhan.

Namun perlu diingat, Moms harus memilih obat kumur yang benar-benar tepat. Pilihlah obat kumur yang bebas alkohol tetapi mengandung xylitol yang bisa membantu meningkatkan produksi air liur.

(MA/KM)

Artikel Terkait