BALITA DAN ANAK
21 Juni 2020

Anak Alergi Kacang? Tenang, Moms! Ganti Saja dengan Bahan-Bahan Ini

Berikut ini bahan pengganti kacang yang tetap nikmat dan bergizi, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kacang merupakan bahan makanan yang sering menyebabkan gejala alergi pada anak-anak. Tak heran apabila mungkin Si Kecil adalah salah satunya.

Gejala-gejala umum pada kasus alergi kacang seperti gangguan pernapasan, pembengkakkan di tenggorokan, dan penurunan tekanan darah harus cepat ditangani sesegera mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang lebih serius.

Solusi Anak Alergi Kacang

Menurut studi dari American College of Alergy, Asthma & Immunology, alergi kacang adalah salah satu alergi makanan paling umum yang ditemukan pada anak-anak.

Bahkan di Amerika, sekolah-sekolah telah menyatakan bahwa mereka “bebas kacang”, yang berarti bekal makan siang anak-anak di sekolah tersebut harus bebas dari makanan berbahan kacang.

Banyaknya kasus alergi kacang di sekitar kita tentunya mengharuskan Moms untuk menemukan solusi anak alergi kacang. Salah satu caranya adalah dengan mengganti bahan makanan kacang untuk Si Kecil. Nah, berikut ini 5 bahan yang bisa digunakan sebagai solusi anak alergi kacang.

1. Oatmeal

Solusi Anak Alergi Kacang 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, oatmeal bisa menjadi salah satu bahan makanan yang bebas alergi untuk Si Kecil. Selain mengganti peran kacang dalam makanan, oatmeal akan menambah tekstur, cita rasa, dan nilai gizi pada makanan.

Oatmeal pun punya banyak manfaat bagi kesehatan, lho, misalnya menjaga berat badan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jika Anak Alergi Kacang, Perawatan Ini Mungkin Membantu

2. Granola

Solusi Anak Alergi Kacang 2.jpg

Foto: Freepik.com

Granola adalah bahan lain yang bisa dicoba sebagai solusi anak alergi kacang. Granola dipercaya mengandung banyak kalori, protein, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

Selain dapat digunakan sebagai campuran bahan makanan lain, granola juga bisa dikonsumsi secara langsung untuk camilan.

3. Biji Labu atau Bunga Matahari

Solusi Anak Alergi Kacang 3.jpg

Foto: Freepik.com

Biji labu atau biji bunga matahari memiliki rasa tawar yang juga dapat menjadi pengganti kacang. Moms bisa membuatkan Si Kecil resep muffin dengan biji labu atau bunga matahari ini.

Apabila biji labu atau bunga matahari yang didapatkan asin, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghilangkan garam tersebut agar produksi makanan yang Moms buat tidak terlalu asin.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

4. Kismis

Solusi Anak Alergi Kacang 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Solusi anak alergi kacang lainnya ialah Moms dapat mengganti kacang dengan kismis. Bahan makanan ini dapat menambah tekstur dan memperkaya nutrisi pada makanan Si Kecil.

Kismis mengandung zat besi, vitamin B, dan zat antioksidan yang sangat baik bagi anak-anak. Selain itu, kismis memiliki daya tarik visual sehingga Si Kecil akan lebih tertarik untuk memakannya.

5. Chocochips

Solusi Anak Alergi Kacang 5.jpg

Foto: Freepik.com

Bila Si Kecil menyukai cokelat, maka chocochips adalah bahan makanan tepat untuk dijadikan pengganti kacang.

Selain memiliki tekstur yang lembut, chocochips juga punya cita rasa manis yang pasti disukai anak-anak. Moms bisa membuatkan muffin, brownies, atau jenis-jenis kue lainnya dengan chocochips ini.

Baca Juga: Creamy Nikmat, Ini Resep Puding Cokelat Alpukat yang Praktis Dibuat

Itulah bahan-bahan makanan pengganti kacang yang bisa dicoba di rumah, Moms. Semoga dengan mengganti bahan-bahan makanan seperti di atas, Si Kecil dapat lebih menikmati lagi aktivitas makannya ya, Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait