DI ATAS 5 TAHUN
2 Desember 2017

Anak-anak Penyandang Disabilitas Ini Memiliki Prestasi yang Luar Biasa, Lo!

Ada yang mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Banyak orang yang masih menganggap rendah penyandang disabilitas. Padahal, mereka pun juga bisa berprestasi. Dalam rangka memperingati hari disabilitas internasional, berikut ini ada beberapa anak berkebutuhan khusus yang memiliki prestasi luar biasa. Baik di bidang seni maupun olahraga. Yuk, kenali mereka lebih jauh!

1. Dedy Mizwar

dedy mizwar

Foto: merdeka.com

Dedy merupakan siswa tuna netra asal SDLB A Mojopanggung, Banyuwangi. Meski tidak bisa melihat, namun Dedy memiliki kelebihan lainnya. Ia dinilai memiliki bakat yang kuat dalam menggambarkan suasana cerita. Bakat inilah yang mengantarkan Dedy menjadi juara mendongeng tingkat nasional pada 2016. Saat mendongeng, Dedy mengeluarkan suara lantang serta bisa meniru berbagai macam suara hewan. Ia juga melakukan gerakan teatrikal untuk menggambarkan suasana cerita.

Selain pintar mendongeng, Dedy juga mahir membuat puisi. Dedy memiliki naskah puisi berjudul ‘Aku Anak Negeri’, ‘Saya Banga Menjadi Anak Negeri Indonesia’, ‘Keagungan Tuhan’ dan ‘Cinta Lingkungan’. "Mengungkapkan apa yang ada di benak saya melalui puisi," ujar Dedy, dilansir dari merdeka.com.

Baca Juga: 4 Artis Hollywood Ini Menikah Dua Kali Dengan Orang yang Sama

2. Michael Anthony

michael anthony

Foto: muri.org

Michael merupakan salah satu pianis muda Indonesia yang berbakat. Meskipun seorang tuna netra dan mengidap autisme, Michael mampu menunjukkan keahliannya bermain piano klasik. Ia bahkan mendapat penghargaan dari dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pianis Termuda Tuna Netra dan Autis setelah tampil pada konsernya yang bertajuk The Miracle of Sound pada April lalu.

Sejak berumur tujuh tahun, Michael memang sudah bisa menguasai lebih dari seratus lagu. Mulai dari aliran klasik hingga pop. Ia bahkan mampu memainkan musik klasik karya Mozart, Beethoven, Chopin dan Liszt yang cukup sulit. Michael mempelajari musik-musik tersebut hanya dengan mengandalkan pendengarannya.

3. I’m Star Band

im star

Foto: tribunnews.com

Masih di bidang musik, kali ini ada I’m Star Band – kelompok musik yang semua anggotanya merupakan penyandang disabilitas. Awalnya, musik hanya menjadi terapi bagi keempat personil I’m Star. Namun, akhirnya justru mengasah bakat terpendam mereka. Hingga kini, mereka telah tampil puluhan kali – dari satu panggung ke lainnya. Dilansir dari liputan6.com, I’m Star Band bahkan pernah mengisi acara di Anan Autistic Talent Gala 2015 Hong Kong.

Pada 2013, I’m Star Band juga pernah membintangi film berbahasa Inggris yang membahas tentang dinamika kehidupan penyandang disabilitas. Kisah mereka ini mengundang banyak perhatian. Film yang berjudul I’m Star itu pun berhasil memperoleh penghargaan di berbagai festival film internasional.

4. Wirdiyan Ahmad Haidar

wirdiyan

Foto: badakpos.com

Wirdiyan juga merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang berprestasi. Anak berusia 11 tahun ini mampu meraih juara I solo vocal pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi Banten. Tidak hanya di provinsi, Wirdiyan juga mewakili Banten untuk mengikuti lomba solo vokal tingkat nasional yang dilaksanakan di Surabaya pada 24 September lalu.

Baca Juga: 5 Mantan Artis Cilik Hollywood Ini Punya Catatan Kriminal

5. Fajriana dan Nafisa

fajriana dan nafisa

Foto: klikkabar.com

Pada turnamen menembak yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Banda Aceh ke 811 tahun lalu, dua juaranya diraih oleh penyandang disabilitas. Fajriana dan Nafisa mampu mengungguli lawan-lawannya di kategori pelajar putri. Fajriana berhasil mengumpulkan 67 poin dan meraih juara II. Sementara Nafisa dengan 52 poin tampil sebagai juara III.

Baca Juga: Anak Paling Lucu di Instagram, Bikin Gemas!

Itulah beberapa anak penyandang disabilitas yang memiliki prestasi luar biasa. Hebat sekali, ya, Mom!

(GLW)

Artikel Terkait