ORAMI MAGAZINE
9 Agustus 2018

Anak Anji Menderita Sinus Preauricular, Apa Penyebabnya?

Sinus preauricular ternyata termasuk penyakit langka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Saga Omar Nagata, anak Anji dan Wina Natalia, tengah berjuang melawan penyakit langka yang diketahui bernama sinus preauricular. Karena penyakitnya itu, telinga Saga mengalami infeksi dan membengkak.

Melalui akun Instagramnya, Anji menjelaskan panjang lebar mengenai penyakit tersebut.

Awalnya, Anji tidak menyangka anaknya menderita penyakit serius. Mantan vokalis Drive itu mengira Saga mengalami bisul di telinga. Namun setelah diperiksa, telinga Saga ternyata mengalami infeksi.

Infeksi tersebut terjadi karena di telinga Saga terdapat lubang kecil yang umumnya tidak dimiliki orang lain. Anji menjelaskan bahwa dalam banyak artikel yang ia baca, hanya 5 persen manusia di bumi yang punya lubang kecil itu.

“Tapi biasanya di bagian luar daun telinga. Kalau @sagaomarnagata ada di bagian dalam, DI KEDUA TELINGANYA,” tulis Anji sebagai keterangan foto yang diunggahnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Sakit Telinga Pada Anak

Apa Itu Sinus Preauricular?

Sebenarnya, seperti apa sih sinus preauricular yang diderita Saga? Dikutip dari Reardiseases, sinus preauricular merupakan cacat lahir yang umumnya diketahui saat bayi baru lahir.

Sinus preauricular diketahui dari lubang kecil di bagian atas daun telinga. Lubang kecil ini bisa terdapat pada satu telinga atau kedua telinga. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya infeksi telinga.

Infeksi akibat sinus preauricular itu menyebabkan pembengkakan pada telinga, telinga juga akan menjadi kemerahan, cairan di dalamnya mengering, dan rasa sakit di area tersebut.

Bagaimana Sinus Preauricular Bisa Terjadi?

Sinus preauricular bisa muncul pada proses pertumbuhan embrio. Penyakit ini juga bisa diwariskan. Pada beberapa kasus, sinus preauricular terjadi sebagai dampak dari kondisi atau sindrom lain.

Baca Juga: Cara Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

Bagaimana Penanganan Sinus Preauricular?

Penderita sinus preauricular umumnya diberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada telinganya. Jika ternyata terdapat abses, abses tersebut harus dihilangkan dan dikeringkan.

Mereka juga biasanya harus menjalani prosedur operasi untuk menghilangkan sinusnya. Namun, ada perbedaan pendapat dalam literatur medis tentang indikasi untuk operasi pengangkatan sinus preauricular.

Beberapa orang percaya bahwa sinus asimtomatik harus dihilangkan, sedangkan yang lain percaya bahwa operasi diindikasikan jika infeksi atau komplikasi lain muncul.

Ternyata, meskipun termasuk kondisi langka, sinus preauricular yang diderita Saga masih bisa disembuhkan. Semoga Saga cepat sembuh ya Moms!

foto: instagram.com/sagaomarnagata, instagram.com/duniamanji

(AND)