DI ATAS 5 TAHUN
19 Oktober 2019

Anak Beranjak Remaja, Rawat Kulitnya dengan 5 Cara Ini

Moms perlu mengetahui caranya merawat kulit remaja yang sedang mengalami banyak perubahan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, saat anak memasuki usia remaja, mereka akan masuk ke dalam proses beranjak dewasa sehingga dapat terjadi perubahan hormon yang berpengaruh pada kondisi fisik hingga emosional.

Tentunya sebagai orang tua, Moms juga harus tahu cara paling tepat menghadapi anak yang sudah remaja. Salah satunya dengan memberikan edukasi tentang perawatan kulit yang cocok untuk remaja.

Remaja perempuan khususnya memiliki keinginan untuk mencoba berbagai jenis produk perawatan kulit untuk menunjang penampilan. Namun, tidak semua produk perawatan wajah itu cocok untuk kulit anak remaja.

Alasannya, kulit anak remaja masih muda dan tergolong sensitif dan sebaiknya diberikan produk yang tepat. Sebaiknya remaja juga tidak sembarang dalam mencoba perawatan alami karena semuanya belum tentu aman untuk kulit.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Ketahui Tipe Kulit Anak Remaja

Anak Beranjak Remaja, Rawat Kulitnya dengan 5 Hal Ini-1.jpg

Sebelum memakai produk perawatan wajah, sebaiknya Moms mengajak anak untuk mengenal jenis kulit mereka terlebih dulu.

Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda dan hal tersebut akan berpengaruh pada produk yang dipakai. Ini tipe kulit yang perlu diketahui dan cara merawatnya, yaitu:

  1. Kulit normal: memiliki warna kulit yang merata, tekstur kulit yang lembut, dan permukaannya tidak berminyak atau kering.
  2. Kulit berminyak: kulit tampak mengkilap, pori-pori wajah terlihat besar, dan rentan alami jerawat dan komedo.
  3. Kulit kering: kulit yang dapat terlihat kusam, kasar, bersisik, gatal, dengan pori-pori yang hampir tidak terlihat.
  4. Kulit kombinasi: biasanya area dahi, hidung, dan dagu akan berminyak dan area yang lainnya terlihat kering. Pori-pori wajah besar dan cenderung memiliki komedo.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

Perawatan Kulit Anak Remaja

Anak Beranjak Remaja, Rawat Kulitnya dengan 5 Hal Ini-2.png

Dokter kulit dari London, dr. Amy Bibby, mengungkapkan bahwa masalah kulit yang paling sering dialami remaja adalah munculnya jerawat dan komedo.

Permasalahan ini berkaitan dengan masalah hormonal yang dialami remaja. Namun, sebaiknya jangan sembarangan memakai obat, misalnya menggunakan pasta gigi untuk sembuhkan jerawat.

“Pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat itu hanya mitos. Pasta gigi mengandung fluoride dan bahan pemutih yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan alergi,” ujar dr. Amy, menjelaskan.

Ada beberapa cara merawat kulit untuk remaja yang disarankan dr. Amy, yaitu di antaranya:

1. Membersihkan Wajah

Rutin membersihkan wajah, terutama sehabis beraktivitas seharian di luar rumah, setelah berolahraga, dan sebelum tidur.

Pilih produk pembersih wajah yang ringan dan memiliki label non-comedogenic. Hal ini untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori yang dapat sebabkan komedo.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak agar tubuh terhidrasi dengan baik dan jaga pola makan.

Hindari mengonsumsi makanan mengandung minyak karena dapat merangsang produksi sebum berlebih pada wajah yang akhirnya sebabkan jerawat.

Perbanyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung air untuk menjaga agar kulit tetap sehat.

3. Rajin Ganti Sarung Bantal

Ganti sarung bantal paling tidak sekali seminggu. Sering diabaikan, tapi sarung bantal yang kotor menjadi pemicu munculnya jerawat, terlebih lagi saat menempelkan wajah pada bantal semalaman.

Baca Juga: Ternyata Kulit Bisa Mengalami Dehidrasi, Kenali Tanda-tandanya!

4. Jangan Sentuh Muka

Hindari menyentuh wajah dan membiarkan rambut menempel di wajah. Kebiasaan ini sering tanpa disadari dilakukan oleh remaja.

Padahal, tangan dan helaian rambut yang kotor bisa menyebabkan wajah kusam hingga berjerawat.

5. Jangan Sering Pakai Makeup

Hindari menggonta-ganti produk makeup berlebihan. Saat ini memang sudah banyak produk makeup yang dikhususkan untuk pemula atau remaja, namun sebaiknya tidak sering memakainya.

Makeup tetap mengandung bahan kimia dan kalau tidak cocok pada kulit anak remaja bisa sebabkan jerawat meradang.

Memberi pengertian kepada remaja yang sedang ingin mencoba banyak hal terutama dalam merawat wajah memang membutuhkan kesabaran. Sebaiknya Moms memberikan pengertian tentang bahaya tidak menjaga kesehatan kulit.

Nyatanya, dampaknya bisa sampai ke masa yang mendatang. Misalkan, jerawat yang meradang bisa menimbulkan bekas jerawat yang sulit menghilang. Yuk, ajarkan anak untuk merawat kulitnya sejak masih remaja, ya!

(DG)

Artikel Terkait