BALITA DAN ANAK
25 Juli 2019

Anak Cemburu dengan Adik Barunya, Ini 9 Cara Mengatasinya

Coba libatkan si kakak dalam mengurus si adik ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjadi kakak pada usia balita tentu bukan hal mudah bagi Si Kecil. Fran Walfish, Psy.D., penulis buku The Self-Aware Parent dan psikolog mengatakan jika seorang anak selalu ingin ibunya untuk dirinya sendiri.

Apalagi kalau Si Kecil belum dua tahun dan memiliki adik, tentu akan sangat butuh ibunya dan bukan hanya merasa cemburu bahkan bisa menolak kehadiran si adik.

Berdasarkan buku karya Heidi Murkoff dan Sharon Mazel berjudul What to Expect The Second Year, meski sudah dipersipkan jauh-jauh hari, menjadi kakak pada usia balita menjadi sangat mengejutkan dan 80 persen orang yang menjadi kakak pada usia balita sangat kaget dengan pengalaman itu.

Meski begitu, ada beberapa hal yang Moms dan Dads bisa lakukan untuk mengatasi anak cemburu dengan kehadiran adiknya. Apa saja? Yuk cari tahu di bawah ini.

Baca Juga: Cerita Intan Nuraini Menyambut Adik Baru Bersama Para Kakak

1. Mengajarkan Si Kakak untuk Melindungi Adik

adorable-baby-children-1648356.jpg

Cara pertama untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan mengajarkan dia melindungi adiknya. Tujuan pertama mengajarkan si kakak adalah melindungi bayi.

Yang kedua, untuk mengajar anak yang lebih besar cara berinteraksi dengan saudara barunya dengan cara yang benar.

Orang tua bisa mengajari anak cara bermain dengan bayi dengan cara yang sama seperti Moms mengajarinya hal lain. Bicaralah dengannya, tunjukkan, bimbing, dan dorong.

Namun, hingga Moms merasa yakin bahwa tujuan kedua tercapai, jangan biarkan anak-anak sendirian. Itu tidak nyaman. Tapi itu perlu, bahkan mungkin kritis.

2. Arahkan

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan mengarahkan. Setiap kali anak-anak bersama, “arahkan” dekat.

Jika terlihat anak akan menjadi kasar, ambil bayi itu dan mengalihkan perhatian kakaknya dengan lagu, mainan, kegiatan, atau camilan. Tindakan ini melindungi bayi sambil membantu menghindari perilaku agresif.

3. Ajarkan Sentuhan Lembut

adorable-baby-boys-50601.jpg

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan mengajarkan sentuhan lembut. Ajari kakak yang lebih tua untuk menyentuh lebih pada bagian punggung adiknya.

Katakan bagaimana sentuhan semacam ini menenangkan bayi, dan pujilah anak yang lebih tua untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Pelajaran ini mengajarkan anak bagaimana bersikap fisik dengan bayi secara positif.

4. Cepat Bertindak

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan cepat bertindah. Setiap kali melihat anak memukul, atau bertindak kasar dengan bayi, bertindaklah dengan cepat.

Mungkin Moms dengan tegas mengatakan "Jangan memukul!". Lalu ajak bicara si kakak, kalau adik masih sangat kecil dan tidak mengerti dengan pukulan.

Baca Juga: Bisa Rayakan Ulang Tahun Bersama Adik Barunya, Begini Potret Imut Iori di Usia 2 Tahunnya!

5. Mendemonstrasikan

adorable-agave-boy-1928864.jpg

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan menunjukkan caranya. Anak-anak belajar apa yang mereka jalani. Anak yang lebih besar akan mengawasi saat Moms menangani bayi dan belajar dari tindakan orang tua.

Kita adalah guru anak yang paling penting. Moms menunjukkan dalam semua hal yang dilakukan, dan anak akan belajar paling banyak dari menonton ibunya.

6. Memuji

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan memuji. Setiap kali melihat anak yang lebih tua menyentuh bayi dengan lembut, berikan komentar positif.

Peluk dan cium anak sulung dan katakan betapa bangganya Moms dengan dirinya.

7. Berikan Cinta Ekstra

boys-brothers-children-2610988.jpg

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah memberikannya cinta lebih besar. Tingkatkan rasa cinta untuk anak.

Katakan secara ekstra, aku suka padamu, tingkatkan pelukan dosis harian, dan temukan waktu untuk membaca buku atau bermain game. Regresi sementara atau masalah perilaku adalah normal dan dapat dikurangi dengan dosis waktu dan perhatian ekstra.

8. Libatkan Anak Sulung

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan melibatkan Si Kecil. Ajari kakak yang lebih tua bagaimana cara membantu bayi atau bagaimana menghibur bayi.

Biarkan kakak yang lebih tua membuka hadiah bayi dan menggunakan kamera untuk mengambil gambar bayi. Ajari dia cara mengenakan kaus kaki bayi. Biarkan dia memercikkan bedak. Puji jika memungkinkan.

Baca Juga: Cara Memberi Tahu Anak Tentang Kehamilan Kedua agar Bisa Menyambut Adik Baru

9. Jadikan Setiap Waktu Berharga

baby-boys-brothers-50692.jpg

Cara selanjutnya untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan menjadikan setiap waktu berharga. Hindari membandingkan saudara kandung, bahkan tentang topik yang tampaknya tidak bersalah seperti berat lahir, ketika masing-masing pertama kali merangkak atau berjalan, atau yang memiliki lebih banyak rambut.

Anak-anak dapat menafsirkan komentar ini sebagai kritik. Ini malah akan memperburuk keadaan.

Cara terpenting untuk mengatasi anak cemburu pada adiknya adalah dengan mengambil napas dalam-dalam dan tenang. Ini adalah waktu penyesuaian bagi semua orang di keluarga. Bagaimana Moms, apakah tips ini bisa dicoba?

(TPW)

Artikel Terkait