DI ATAS 5 TAHUN
20 Januari 2019

Anak Gemar Olahraga, Ini 5 Cara Mencegah Agar Tidak Cedera

Ingat Moms, Jangan mengkhususkan Si Kecil dalam satu olahraga terlalu dini
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Anak-anak yang sedang sangat aktif bergerak tentunya akan suka berolahraga dan memang sangat baik sekali untuk menunjang pertumbuhan serta kesehatan mereka.

Meski baik, tak jarang olahraga membuat anak cedera. Akibatnya, Moms jadi ragu dan khawatir untuk membebaskannya berolahraga bukan?

Tak perlu khawatir, ini cara yang dapat Moms lakukan untuk mencegah agar anak tak cedera saat berolahraga:

Jangan Fokus Pada Satu Olahraga Saja

shutterstock 1052305472

Jangan mengkhususkan Si Kecil dalam satu olahraga terlalu dini.

Anak Moms mungkin menunjukkan bakat untuk senam atau sepak bola, tetapi berkonsentrasi pada satu kegiatan terlalu dini dalam kehidupan mereka akan mengarah pada cedera.

Melakukan satu olahraga juga menghambat koordinasi dan perkembangan saraf karena anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk menggunakan beberapa otot dengan cara yang berbeda.

Mulailah untuk membentuk mereka untuk fokus setelah masa pubertas nanti.

Pastikan Dilatih oleh Profesional

shutterstock 393915343

Sebelum membebaskan Si Kecil berolahraga, pastikan mereka dilatih oleh profesional. Pelatih yang benar adalah yang peduli dan memberikan perhatian yang sama kepada setiap anak.

Biasanya anak-anak yang cedera disebabkan karena kebanyakan berfokus untuk memenangkan sesuatu dan tak bersenang-senang.

Baca Juga: Ini 3 Olahraga yang Suka Dilakukan Kamidia Radisti Bersama Anak

Penuhi Waktu Istirahat

shutterstock 697014088

Semua tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kegiatan fisik terutama tubuh yang masih tumbuh.

Biasanya mereka yang cedera karena tubuhnya tidak cukup tidur, mereka tidak menyeimbangkan gizi mereka dengan cukup baik, serta tubuhnya dehidrasi.

Jika anak-anak menghabiskan akhir pekan dengan berolahraga, pastikan mereka minum cukup air, makan makanan bergizi, dan makan makanan ringan di sela olahraga serta cukup tidur.

Biarkan anak-anak tahu bahwa jika mereka kurang dari delapan jam tidur mereka memiliki risiko 1,7 kali lebih besar untuk terluka dan katakan jika mengalami dehidrasi, otot mereka 20 persen lebih lemah.

Pastikan Mereka Lakukan Pemanasan

shutterstock 548900383

Salah satu masalah paling umum untuk anak yang sedang tumbuh terutama anak perempuan adalah cedera di lutut.

Tak main-main, cedera lutut dapat membuat Si Kecil harus beristirahat dalam waktu lama.

Karenanya, sebelum berolahraga pastikan anak-anak mengambil 10 atau 15 menit untuk benar-benar pemanasan.

Memulai aktivitas dengan otot kaku akan meningkatkan risiko cedera pada segala usia.

Baca Juga: 7 Film Indonesia Tema Olahraga yang Bisa Ditonton Bersama Si Kecil

Pastikan Si Kecil Bersenang-senang

shutterstock 183147284

Terakhir, ketika Si Kecil berolahraga karena terpaksa maka mereka akan menciptakan banyak alasan untuk menghindar.

Ketika anak-anak mulai melihat olahraga sebagai tugas, maka tubuh mereka mulai tertekan, sehingga Moms harus memastikan anak-anak ingin melakukan olahraga karena mereka ingin dan bersenang-senang.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk menghindari anak dari cedera saat olahraga? Mulai sekarang tak perlu ragu lagi ya Moms untuk membebaskan mereka berolahraga.

(MDP)

Artikel Terkait